Cara Memperbaiki Monitor Dead Pixel Dengan Mudah


Cara memperbaiki layar monitor dead pixel - unsur togel bertemu lagi dengan saya pada blog sederhana ini, pada pembahasan kali ini kita akan mencoba membahas tentang cara mengatasi layar monitor yang mengalami dead pixel. Kalau saya tebak pada layar monitor Anda masih terdapat titik hitam,  terutama pada monitor LCD benar bukan tebakan saya? Hehe. Mungkin bagi sebagian orang tidak akan mengalami masalah terhadap adanya dead pixel atau titik hitam pada layar monitor LCD, tetapi mungkin bagi anda yang selalu bekerja didepan komputer pada bagian misalnya penulisan atau pengetikan pasti hal itu akan sangat berpengaruh untuk pekerjaan Anda. Pada umumnya dead pixel terlihat seperti sebuah titik yang terang pada layar, dan biasanya juga memancarkan warna yang tidak sesuai dengan layar. Selain dead pixel ada satu hal lagi yaitu stuck pixel, untuk stuck pixel itu sendiri akan sangat mudah terlihat pada layar monitor yang gelap atau hitam, dimana stuck pixel akan tampak seperti warna merah, hijau, dan biru, ataupun warna dari kombinasi ketiganya.

Penyebab munculnya titik hitam atau titik terang pada monitor (dead pidel)

Penyebab dari layar monitor yang mengalami dead pixel, hal itu dikarenakan adanya kerusakan pada transistor atau FTF ( distribusi cairan pada kristal cair display ). Tetapi jika hal ini terjadi Kalian tidak usah hawatir karena hal ini dapat diperbaiki dengan cara yang sederhana dan mudah.


Cara memperbaiki layar monitor dead pixel



Cara memperbaiki layar monitor dead pixel secara manual

Untuk memperbaiki layar monitor pixel ada 2 cara yang bisa kita gunakan, yaitu secara manual dan menggunakan software. Cara pertama kita akan mencoba memperbaiki layar monitor secara manual seperti berikut.

1. Pertama kita hidupkan layar monitor LCD terlebih dahulu, namun sebelumnya kita harus memasang background berwarna hitam agar dead pixel dapat mudah kita lihat atau temukan.
2. Siapkan kain lembab Kemudian lipatkan pada jari atau benda kecil lainnya agar kain tersebut tidak menggores layar terlalu banyak.
3. Ketika kita sudah mengetahui posisi dari dead pixel tersebut, pijat halus pada bagian layar di tempat posisi dead pixel tersebut berada sekitar 10 hingga 20 detik. Kemudian matikan layar monitor lalu hidupkan kembali. Lakukan Cara ini berulang-ulang hingga deadpixel hilang

Catatan : terkadang deadpixel akan muncul kembali, dan hanya akan hilang sebentar Kamu tidak usah khawatir Jika caranya dilakukan dengan benar, dead pixel pun akan hilang.

Cara memperbaiki layar monitor dead pixel dengan menggunakan software PixelRepairer

Nah jika cara diatas belum juga menyelesaikan masalah layar monitor yang mengalami dead pixel, kita akan berlanjut ke cara yang kedua yaitu cara memperbaiki layar monitor dead pixel dengan menggunakan software.
Nama software ini bernama pixelrepairer, enaknya menggunakan software ini yaitu, software ini bersifat portable sehingga tidak perlu instalasi, software ini juga memiliki fitur seperti berikut :

1. Mencari dan memperbaiki dead pixel pada layar monitor LCD.
2. Selamat software bekerja kita pun bisa melakukan aktivitas pekerjaan pada komputer seperti biasa.
3. Dapat memperbaiki dead pixel dari berbagai monitor yang terpasang pada komputer.
.
Jika kalian ingin menggunakan software ini, kalian bisa langsung cari di Google dengan kata kunci pencarian pixelrepairer.

Jika pixelrepairer sudah di download Hal pertama yang akan kita lakukan yaitu mencari posisi dari dead pixel, dengan langkah-langkah seperti berikut :
1. Pertama bersihkan layar monitor LCD terlebih dahulu.
2. Buka software pixelrepairer yang sudah kalian download tadi.
3. Kemudian pilih tombol search yang posisinya ada di sebelah kiri paling atas
4. Selanjutnya pilih salah satu warna yang ada pada jendela software.
5. Lalu Klik tombol enable, Anda nantinya layar monitor akan berubah satu pola atau satu warna sesuai dengan warna yang kita pilih tadi.
6. Pada bagian ini kita lihat pada layar monitor, jika terdapat warna yang tidak kita pilih tadi muncul pada layar. Itu tandanya terdapat deadpixel pada monitor.
7. Untuk keluar kita bisa Klik Kanan ataupun tombol ESC dari keyboard.

Sesudah kita menemukan posisi dari dead pixel, langkah selanjutnya yaitu menghilangkan dead pixel tersebut dengan langkah-langkah berikut :

1. Jalankan software pixelrepairer
2. Klik pada bagian tombol repair ( posisi tombol tersebut ada di bawah tombol pencarian yang berbentuk seperti plester )
3. Tambahkan daerah perbaikan yang kita cari tadi, dengan cara klik tombol add yang nantinya akan muncul sebuah kotak kecil yang disebut "repairer".
4. Geser kotak kecil tersebut ke Posisi dimana letak dari pixel tersebut.
5. Pada jendela software kita bisa melihat yang bertuliskan repairer configuration. Pada percobaan pertama kita bisa menggunakan mode noise, Namun kita mode noise tidak berhasil silakan coba menggunakan mode solid.
7. Di bawah mode kita akan melihat size, menu tersebut digunakan untuk memilih ukuran perbaikan, pada bagian ini silahkan pilih ukuran sesuai dengan dead pixel.
8. Dibukanya lagi kita akan melihat menu frequency, pada bagian ini kita set frekuensinya menjadi 60hz.
9. Tunggu hingga pixelrepair selesai bekerja, sambil menunggu kita bisa minimize jendela dari software pixelrepairer.
10. Satu lagi jika daerah deadpixel lebih dari satu, kalian bisa menambahkan kotak atau repairer ke bagian yang lain.

Saya kira Cukup sekian untuk artikel kali ini tentang cara memperbaiki layar monitor dead pixel dengan cara yang sederhana, dan bisa kalian coba mengatasi monitor yang mengalami dead pixel sendiri.
Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk mengatasi monitor yang mengalami dead pixel. Terima kasih tunggu postingan saya berikutnya yang mungkin bisa membantu anda. Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komen pada kolom di bawah.
Reactions

Post a Comment

0 Comments