Tutorial Cara Memperbaiki Hp Mati Total Kena Air

cara memperbaiki hp mati total kena air - Apakah saat ini handphone kamu mati total karena disebabkan terkena air / terendam, ketika kamu mencoba menghidupkan hp kamu ga bisa menyala sama sekali? Ga usah panik coba deh ikuti langkah-langkah dibawah berikut :

Tutorial Cara Memperbaiki Hp Mati Total Kena Air


  • Kamu ga boleh mencoba menggunakan power supply untuk memeriksa serta menguji ponsel. karena sangat beresiko terjadi hubungan pendek ke komponen dalam ponsel dengan mediator air tersebut sebagai penghantar
  • Coba untuk mencoba mengeringkan terlebih dahulu dari air yg telah masuk ke hp, dengan caraa sebagai berikut :
    1. ponsel dibongkar dan segera dijemur, 
    2. ponsel bisa juga di blower terlebih dahulu dan diberi cairan-cairan pembersih IPA , ponsel divakum dalam alat vakum dan diberi cairan pembersih IPA lebih dulu, bisa juga menggunakan butiran silika tujuannya untuk menyerap air yg telah masuk di ponsel
  • Apabila hp kamu memang sudah yakin kering, selanjutnya coba silahkan coba untuk menggunakan power supply untuk bisa mengetahui jenis kerusakan pada ponsel kita
  • Pada saat ponsel yg terkena air ataupun terendam air, biasanya terjadi kerusakan pada aksesoris ponselnya
  • Bila jarum ampere pada power supply naik kurang lebih ± 50 mili saat tombol 'on' kamu tekan dan sudah di pastikan untuk jenis kerusakan-kerusakan itu terjadi di bagian software hp kita. coba dilakukan flash atau install ulang sesuai dengan jenis dan versi ponsel kamu saat ini bisa juga kamu bisa melakukan proses upgrade versi software ke versi software yg lebih tinggi dari versi ponsel anda sebelumnya

Coba nyalakan kembali hp kamu, ponsel biasanya langsung nyala
Bila ingin menggunakan trik yang lain saat hp kamu kemasukan air bisa juga mengikuti trik di bawah berikut untuk memperbaikinya:
  • Pertama bila hp kamu memang terkena air dan terendam, segera keluarkan ponsel dari air secepatnya tujuannya untuk mencegah komponen-komponen di bagian dalam hp tidak terkena air. sebab di beberapa kasus, casing dari hp memang sangat rapat untuk bisa mencegah terjadi rembesan air ke dalam komponen. Namun semua itu  bisa bertahan dalam beberapa detik saja.
  • Selanjutnya silahkan untuk langsung melepaskan baterai di hp. karena memutus aliran sumber daya salah satu langkah-langkah penting untuk membantu meminimalisasikan kerusakan pada hp. Beberapa komponen di dalam hp ternyata mampu bisa bertahan dalam keadaan basah asalkan semua itu  tidak terhubung dengan sumber daya.
  • Selanjutnya silahkan untuk langsung keluarkan kartu SIM Card kamu dari ponsel tujuannya untuk bisa mencegah kerusakan dan hilangnya data-data. kamu ga mau kan phonebook dan SMS penting kamu hilang. dan selalu pastikan supaya SIM Card kamu benar-benar menjadi kering sebelum kamu mengecek kondisinya.
  • Setelah itu coba untuk keringkan ponsel bisa menggunakan kain-kain yg dapat menyerap air. Jauh lebih bagus bila kamu gunakan pengering rambut. tapi selalu di ingat untuk tetap hati-hati ya, jangan sampai ponsel kamu nanti menjadi terlalu panas karena terpapar hembusan udara panas dari pengering rambut. dan ingat jangan mengeringankan dengan oven microwave karena bisa terjadi berisiko meledak.
  • Selanjutnya apa bila cara-cara diatas sudah di lakukan silahkan untuk menguji kembali kondisi hp kamu setelah memang benar-benar kering. Jika setelah di coba dan ga mau hidup kembali, silahkan untuk mencoba periksa apakah ponsel dan baterainya yg rusak dengan mencoba mengetesnya dengan cara menggunakan baterai cadangan. Bila baterainya yg rusak, kamu coba untuk membeli yg baru.
  • Namun bila kamu yakin seluruh langkah-langkah diatas sudah dilakukan tapi hp kamu tetap ga mau menyala, untuk selanjutnya silahkan kamu membawa ke tempat servis ponsel. dan selalu pastikan bahwa kamu memilih tempat servis yang memang terpercaya atau kalau perlu ke gerai servis resmi dari merk yang bersangkutan.
Demikian tulisan dan coretan kali ini tentang memperbaiki hp mati total kena air semoga bermanfaat ya terima kasih ^_^
Reactions

Post a Comment

0 Comments