Ciri-Ciri RAM Rusak pada komputer dan laptop

Assalamualaikum wr.wb, Alhamdulillah pada kali ini saya masih bisa posting dan membagikan informasi tentang 9 ciri-ciri RAM rusak pada komputer dan laptop. Seperti yang ketahui RAM adalah singkatan dari Random Access memory, ram memiliki peran ataupun tanggung jawab untuk melakukan akses secara acak di sebuah komputer. Selain itu RAM juga memiliki kecepatan yang lebih cepat dibandingkan dengan memori biasa, karena mempunyai kemampuan untuk membaca dan menyimpan data tanpa mengikuti urutan tertentu.

RAM merupakan bagian hardware atau perangkat keras komputer, yang dapat meningkatkan kemampuan sebuah komputer terutama dalam hal multitasking, karena semakin besar kapasitas RAM yang kita gunakan semakin cepat juga kinerja dari sebuah komputer untuk bekerja.

Dari kesimpulan yang saya sampaikan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa RAM adalah sebuah komponen yang penting bagi sebuah komputer atau laptop. Maka dari itu kita harus mengenali ciri-ciri dari RAM yang rusak, ada 9 cara untuk mengetahuinya seperti berikut :

Ciri-Ciri RAM Rusak Pada Komputer Dan Laptop


1. Komputer menjadi terasa sangat lambat


Ciri dari kerusakan RAM yang pertama, kita bisa merasakannya ketika performa komputer terasa lambat. Walaupun kita baru menyalakan komputer dan belum menjalankan aplikasi apa-apa.
Cara mengatasinya kita periksa terlebih dahulu RAM-nya, Apakah RAM sudah terpasang dengan benar atau belum. Jika pemasangan RAM sudah benar dan masih terasa lambat, Coba anda bersihkan RAM tersebut dengan penghapus pensil, kemudian Coba anda pasangan kembali apakah komputer sudah berjalan dengan lancar. Namun jika komputer masih belum terasa lancar, disarankan untuk mengganti RAM tersebut dengan yang baru.

Baca Juga : Cara Menambahkan Ram Laptop Dan Komputer Menggunakan Flashdisk

2. Sistem operasi tidak berjalan dengan lancar


Kerusakan yang kedua yaitu, sistem operasi tidak akan berjalan dengan lancar, dikarenakan tentu sistem operasi juga membutuhkan RAM, agar dapat menjalankan sistemnya dengan baik. Karena jika RAM rusak sistem operasi pada komputerpun tidak akan berjalan dengan semestinya dan akan tersendat-sendat.

3. Komputer yang restart sendiri



Self restart ataupun komputer yang restart sendiri adalah salah satu ciri adanya kerusakan pada RAM. Namun hal itu tidak disebabkan karena kerusakan RAM saja, ada penyebab lainnya yang menyebabkan komputer restart sendiri. Tetapi untuk mengetahui komputer restart sendiri karena kerusakan RAM Anda cek RAM terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kerusakan memang terjadi pada RAM. Jika memang terjadi kerusakan pada RAM, segera ganti RAM tersebut dengan RAM yang baru.

4. Layar komputer blue screen


Ciri-ciri kerusakan RAM keempat yaitu layar komputer yang mengalami blue screen, pada dasarnya penyebab blue screen adalah terjadinya kerusakan pada memori. Ada dua Penyebab umum yang biasanya menjadikan layar komputer blue screen, yaitu terjadinya masalah pada Ram dan terjadinya kerusakan pada hardisk.

5. Aplikasi atau software terkadang tidak bisa dijalankan

Ciri-ciri dari kerusakan RAM yang kelima yaitu aplikasi atau software terkadang tidak bisa dijalankan. Pernahkah anda mengalami masalah seperti berikut force close, game Crash, dan aplikasi berjalan secara lambat? Jika iya, hal itupun adalah satu tanda-tanda dari kerusakan pada Ram. Hal itu dikarenakan karena RAM tidak dapat mengakses data dari software tersebut. Sehingga aplikasi ataupun software seringkali mengalami hal-hal yang saya Sebutkan diatas dan juga tidak dapat dijalankan.

6. Sering terjadinya Error saat kita akan menginstal aplikasi

Ciri-ciri yang keenam, masalahnya hampir sama dengan masalah nomor 5. Selain aplikasi tidak dapat dijalankan, terkadang aplikasi pun tidak dapat diinstal.
Oleh sebab itu, jika anda mengalami Error saat menginstal sebuah aplikasi, Hal itu pun dapat menjadi ciri-ciri RAM yang mengalami kerusakan.

7. Layar komputer tidak menampilkan apa-apa (hitam)


Ciri-ciri kerusakan RAM ketujuh yaitu pada layar komputer tidak menampilkan apa-apa ataupun tampilan pada layar menjadi hitam, meskipun sudah anda cek pada bagian kabel dan VGA semua terpasang dengan benar.

Baca Juga : Layar Komputer Ngeblank Hitam Dan Cara Mengatasinya

8. Bunyi beep berkali-kali dan panjang pada saat komputer dinyalakan.


Ciri-ciri kerusakan RAM yang kedelapan yaitu adanya bunyi beep yang panjang, jika ada bunyi beep seperti ini berarti terjadi kerusakan pada RAM, Bunyi beep ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada RAM, bunyi beep ini juga bisa menjadi tanda untuk kerusakan komponen-komponen yang lain, misalnya seperti motherboard, VGA, dan hardisk.

9. Komputer menjadi cepat panas.



Ciri-ciri RAM yang mengalami kerusakan terakhir bisa kita lihat pada RAM yang mudah panas, biasanya hal ini diiringi dengan komputer yang melambat. Maka dari itu jika komputer terasa lambat cek pada kondisi RAM Apakah mudah panas atau tidak. Jika kondisi Dua tadi sudah kita ketahui bahwa sudah dipastikan kerusakan ada pada RAM.

Demikianlah artikel ciri-ciri RAM yang rusak pada komputer dan laptop dari saya, semoga artikel ini dapat membantu anda memecahkan masalah.
Terima kasih sudah berkunjung baca juga artikel yang lainnya untuk menambah wawasan anda.
Reactions

Post a Comment

0 Comments