Jenis-Jenis VGA Card Dan Penjelasannya Dengan Gambar


Jenis-Jenis VGA Card - VGA card adalah komponen komputer yang biasanya banyak digunakan untuk kepentingan desain grafis dan juga editor video. VGA pada sebuah komputer berbeda dengan RAM, jika RAM ditentukan dari besar atau kecil kapasitasnya untuk kinerja sebuah komputer, tetapi untuk VGA tidak berpengaruh terhadap besar atau kecil dari kapasitasnya jika anda hanya menggunakannya untuk mengetik, mendengarkan lagu, dan browsing internet.

Tetapi jika Anda menggunakan komputer anda untuk desain grafis yang besar, seperti pemutar video dengan kualitas yang sangat tinggi, ataupun menggunakan grafik 3D. VGA card adalah komponen yang bertugas untuk mempercepat visual yang dihasilkan pada sebuah komputer atau laptop dalam hal grafik yang lebih tinggi pada umumnya.

Sejarah VGA card

Komponen VGA card sebenarnya merupakan teknologi perangkat keras komputer yang bisa dibilang baru, karena jika dilihat dari terciptanya komputer, dan pada tahun di mana dipasarkannya VGA card kurang lebih 30 tahun. Jika super komputer atau komputer sudah mulai dikembangkan pada era sekitar 40 - 50, beda halnya dengan VGA card, komponen VGA card ini mulai dijual secara komersial di era sekitar 80-an oleh IBM (International business machine) salah satu perusahaan teknologi raksasa pada tahun 1987.

Ide pengembangan dari VGA card mulai terlihat berkembang pesat, ketika pengguna terhadap grafik 3D dan gaming terus meningkat. Dari adanya ke itu kemudian muncul banyak sekali berbagai brand dan tiper VGA card sampai saat ini, Berikut ini adalah tipe-tipe VGA card yang pernah diproduksi dari pasarkan.
  • S3 ViRGE
  • ATI RAGE 3D
  • NVIDIA NV3
  • NVIDIA NV4
  • NVUDIA GeForce Series
  • ATI Radeon series
Jenis VGA card Seperti yang saya Sebutkan diatas adalah VGA card yang bisa disebut populer untuk para gaming dan desainer grafik 3D, yang pada saat ini masih berkembang dan terus meluncurkan produk-produk VGA card baru serta canggih, demi memuaskan konsumennya.

Fungsi dari VGA card

Bagi sebuah komputer VGA card memiliki fungsi dan juga manfaat yang penting untuk sebuah komputer. Berikut adalah beberapa fungsi dan manfaat utama dari VGA card.

1. Bagi pengguna komputer yang bekerja di bidang desain grafis VGA card dapat membantu dan juga membuat desain grafis dan juga desain 3D.
2. Dapat memperjelas grafik di dalam game, yang artinya tampilan didalamnya akan menjadi lebih baik.
3. Memperjernih dan mempertajam tampilan layar.
4. Dapat mengkoneksikan CPU ke monitor ataupun layar TV, sehingga dapat menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik.
5. Dapat memberikan detail yang lebih baik, terutama untuk Anda yang suka menonton film dengan kualitas yang tinggi atau HD.

Pada dasarnya PC akan dibagi menjadi dua jenis, yaitu VGA onboard dan VGA Add on (VGA card)

Baca Juga : Cara Mengetahui VGA Card Yang Kita Gunakan

Jenis-Jenis VGA Card Dan Penjelasannya


1. VGA on-board


Jenis VGA pertama itu VGA onboard. VGA onboard adalah jenis VGA yang digunakan pada komputer ataupun laptop standar, VGA onboard ini juga sering disebut dengan VGA bawaan dari komputer. Karena VGA onboard ini sudah di-setting menjadi satu dengan motherboard yang Anda gunakan. Kinerja VGA onboard sangat tergantung dengan memanfaatkan dari kemampuan RAM  yang kita gunakan.
  • Penggunaan VGA onboard
Untuk penggunaan dari VGA onboard ini biasanya digunakan pada komputer yang memiliki spesifikasi yang rendah, yang biasanya pengguna tidak terlalu mementingkan akan grafik 3D. Komputer yang menggunakan VGA onboard biasanya si pengguna hanya menggunakan komputer tersebut untuk mengetik, browsing, dan kegiatan lainnya yang tidak memerlukan grafik yang besar.

Kelebihan Dan Kelemahan VGA Onboard

  • Keunggulan VGA onboard
  1. Perawatan yang cukup mudah
  2. Harga VGA onboard relatif murah
  • Kelemahan VGA onboard
  1. Kurangnya kinerja untuk menangani sapi yang berkualitas tinggi
  2. Jika anda gamer kelemahan dari VGA onboard terkadang tidak support dengan game yang beresolusi tinggi.
  3. Sering lemot atau hilang saat memutar video berkualitas tinggi

2. VGA add-on atau VGA card


Jenis VGA yang selanjutnya adalah VGA add-on, atau juga sering kita sebut dengan sebutan VGA card. Jika VGA onboard sudah menjadi satu dengan motherboard, berbeda dengan VGA add-on ini yang memerlukan socket khusus untuk dapat menggunakannya.

Dan VGA add-on ini tidak memerlukan bantuan dari RAM, dikarenakan VGA add-on dapat bekerja sendiri dan mempunyai memori sendiri, tidak seperti VGA onboard yang mengandalkan kemampuan memori RAM.

Jika VGA add-on ini dipadukan dengan komputer yang memiliki spesifikasi tinggi, maka kinerja dari VGA add-on ini dapat lebih maksimal, sesuai dengan spesifikasi VGA tersebut.

Kelebihan Dan Kelemahan VGA Add-on

  • Keunggulan VGA add-on atau VGA card
  1. Memiliki pendingin yang terpisah, yang dapat membuatnya lebih tahan lama
  2. Mampu menangani game dengan spesifikasi yang tinggi, dan juga dapat menangani grafik 3D.
  3. VGA add-on dapat di upgrade sesuai dengan kebutuhan.
  4. Dapat menangani film atau video dengan kualitas yang tinggi.
  5. Tampilan display pada layar menjadi lebih tajam.
  • Kelemahan VGA Add on
  1. Kelemahan VGA add-on yaitu harga yang bisa dibilang mahal.
  2. Tidak semua komputer support dengan VGA card jika abda ingin menggantinya.

Jadi VGA yang mana pilihan kamu? Jika kamu ingin merakit sebuah komputer, dan mungkin kamu masih bingung untuk memilih jenis VGA yang ingin digunakan, Saya punya beberapa tips untuk memilih VGA yang bisa kamu gunakan sendiri merakit komputer.

Tips memilih VGA untuk komputer rakitan

  1. Pertama kamu harus sesuaikan socket VGA dengan slot yang ada pada motherboard.
  2. Sesuaikan dengan kebutuhan yang anda inginkan, misalnya jika komputer yang kamu gunakan lebih terfokus pada gaming dan desain grafis maka kamu harus gunakan VGA add-on. Dan jika kebutuhan kamu hanya untuk mengetik ataupun keperluan yang tidak menggunakan terlalu banyak graphic, alangkah baiknya jika kamu menggunakan VGA onboard saja.
  3. Sesuaikan kebutuhan komputer dengan daya listrik yang ada di rumah ataupun kantor, dikarenakan semakin tinggi dari kualitas VGA, maka semakin banyak pula daya listrik yang digunakan oleh VGA tersebut.
  4. Yang terakhir Carilah VGA card yang memiliki kecepatan tinggi.

Demikianlah jenis-jenis VGA yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu. Jika ada yang mau ditanyakan silahkan tinggalkan komentar pada kolom komentar.
Reactions

Post a Comment

0 Comments