Cara Mengatasi Android Instal Aplikasi Sendiri Dengan Mudah

Mengatasi Android Instal Aplikasi Sendiri - Untuk mengatasi android yang install aplikasi sendiri bisa dilakukan dengan beberapa tips yg akan saya jelaskan dan share di artikel kali ini. Android OS adalah software open source yg dimiliki oleh Google dan banyak digunakan oleh berbagai merk handphone smartphone ternama. Seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, LG, Sony Xperia, ASUS Zenfone, Smartfren Andromax 4G Dll. Tentu saja banyak alasan yg bisa menguntungkan untuk vendor untuk memproduksi berbagai smartphone Android ini.

Smartphone Android tentu tidak terlepas dari yg namanya error seperti sering install aplikasi sendiri. sudah pasti sebagai pemakai akan adanya rasa kesal saat hal tersebut terjadi karena bisa juga untuk menghabiskan banyak kuota internet yg sudah kamu beli. Setuju bukan? Namun Disisi lain, kamu sebagai pengguna yg aga kurang begitu memahami tentang OS ini sudah pasti cukup kesulitan untuk mencoba mengatasi android yang sering download sendiri.



Cara Mengatasi Android yang Download Aplikasi Sendiri


Untuk Pengguna Android, kamu bisa coba mengatur apa saja yg ingin kamu update secara otomatis dan apa yg tidak ingin di update. yaitu dengan cara masuk ke pengaturan didalam aplikasi google play. walaupun demikian, aku sendiri sering menemukan beberapa merk smartphone Cina yg walaupun meskipun sudah coba mengatur dari aplikasi play store, tetap saja android tersebut tetap memperbarui dan install aplikasi sendiri. Berikut dibawah ini beberapa trik untuk mengatasinya.
  1. Silahkan Disable Download Manager.
    Secara default, Android memang dibekali dengan software download manager yg mana memiliki fungsi untuk mengunduh file seperti dokumen-dokumen, musik, video dari situs website. namun download manager ini memang terkadang sering error dan selalu menginstall aplikasi sendiri padahal seharusnya, aplikasi hanya bisa tersinstall secara online melalui google play.
    • Coba Buka Settting/Pengaturan pilih » Application manager.
    • Selanjutnynya swipe hingga berada pada tampilan semua atau All.
    • Geser kebawah dan kemudian cari dan buka Download manager.
    • Pada tampilan App info, tap Force Stop, Disable, atau bahkan Clear Data.
  2. Hapus Aplikasi Mobogenie dan DU Speed Booster.
    Entah apa yang menjadi asalannya kenapa kedua aplikasi ini sering sekali mempromosikan aplikasi-aplikasi lain dan secara diam-diam OS Android selalu download aplikasi sendiri. Kebanyakan Android buatan Cina-lah yg bawaannya memang sudah dibekali dari salah satu aplikasi ini dan yang menjadi penyebab aplikasi menjadi terinstal sendiri di hp android. coba untuk Hapuslah kedua aplikasi ini, anda juga Anda bisa mendisable-nya dari App info.

  3. Disable Auto Update Dari Google Play.

    Sebagian para pengguna baru smartphone Android memang sering memiliki anggapahn bahwa auto update ini adalah untuk menginstall aplikasi sendiri. Padahal bila kamu tau sebenarnya ini adalah hal yang berbeda. Fitur ini memiliki fungsi untuk memperbarui aplikasi Android yg memang sudah terpasang saja. Tidak akan menginstall baru. Jadi bagi kamu yg belum lama menggunakan Android, coba untuk Disable fitur ini dengan cara membuka aplikasi di Google Play Store masuk ke » Setttings dan pilih » Auto-update apps lalu kemudian coba pilih Do not Auto-update apps.
  4. Coba Menggunakan Aplikasi Mobiwol.
    Mobiwol merupakan software yg memiliki fungsi untuk menyaring koneksi internet yg masuk dan keluar dari smartphone kita. Para pemakai aplikasi ini bisa mengatur aplikasi apa saja yg memang bisa mengakses internet / tidak secara individu. Contohnya misalsupaya Mobogenie tidak bisa mengakses internet maka silahkan pakai dan install aplikasi ini.
  5. Selalu Install Aplikasi Anti Virus Lookout atau Malwarebytes Anti-Malware.
    Dari beberapa kasus penyebab aplikasi sering terinstal sendiri di android bisa di sebabkan oleh virus dan malware. Untuk itu coba kamu gunakan salah satu aplikasi antivirus favorit saya ini lalu kemudian kamu coba scan smartphone kamu. Jika memang meimiliki virus atau ada file yag mencurigakan terdeteksi, silahkan coba hapus saja file tersebut.
  6. Selalu Disable Fitur Unknown Sources.
    Fitur ini memang merupakan bagian dari keamanan perangkat supaya Android bisa menginstall aplikasi dari file apk dan sumber lain. Namun Anda harus berhati-hati dan curiga dengan fitur ini yg mungkin telah Anda aktifkan sebelumnya. Cara mencegah software yang terinstall sendiri di android adalah dengan cara menonaktifkannya. Caranya silahkan ke tap Settings dan pilih » Security » selanjutnya jangan centang Unknown Sources.
  7. Ganti ROM atau Firmware.
    Jika kejadiannya memang sudah parah, smartphone Android yg sudah terinfeksi oleh malware / virus akan sulit sekali untuk dihilangkan walaupun kita sendiri telah melakukan factory reset. Tetapi sekali lagi, kejadian seperti ini hanya sering terjadi pada beberapa smartphone low-end buatan dari cina. Coba untuk datangilah tempat service lalu kemudian coba ganti ROM atau Firmware-nya.
Itulah beberapa yang merupakan trik yang biasa saya lakukan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan android yg download dan install aplikasi sendiri. Jika kamu memiliki kendala lain, silhkan untuk langsung berkomentar di kolom komentar ya terima kasih ^_^
Reactions

Post a Comment

2 Comments