Cara mengatasi Windows has detected an IP address conflict dengan mudah

Cara mengatasi Windows has detected an IP address conflict Adalah sebuah pesan error yang biasanya muncul di dalam jaringan koneksi lokal komputer yang cukup besar. meskipun adanya DHCP aktif yang akan memberikan IP address yang untuk setiap masing-masing komputer, hal tersebut masih belum dapat menjamin tidak akan muncul masalah pesan error “Windows has detected an IP address conflict”. Jika kamu sempat mengalami hal tersebut, saya punya beberapa solusi yang mungkin bisa membantu kamu seperti berikut :

Jika pada komputer kamu muncul notifikasi :

Network Error

Windows has detected an IP address conflict

Another computer on this network has the same IP address as this computer. Contact your network administrator for help resolving this issue. More details are available in the Windows System event log.
Itu artinya ada perangkat lain di dalam jaringan yang sama meimiliki alamat IP yang sama dengan yang kita gunakan, baik itu koneksi LAN ataupun WiFi. pengaruh hal tersebut akan mengakibatkan terganggunya koneksi, dan bahkan pada setiap perang tidak akan dapat menggunakan koneksi.
Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa pilih salah satu cara berikut :

Cara mengatasi Windows has detected an IP address conflict

Menggunakan alamat IP statis


Solusi pertama coba kamu ganti alamat IP secara manual, karena terkadang dengan menggunakan DHCP atau alamat IP dinamis biasanya konflik alamat IP sering terjadi. Saran saya kamu menggunakan Alamat IP statis yang jarang digunakan oleh orang lain, misalnya kamu menggunakan IP berikut : 192.168.1.198 untuk mengganti IP address kamu bisa ikuti tutorialnya pada link berikut :



Reset setting DHCP Windows Dengan Command Prompt


Cara ke 2 Untuk mereset settingan DHCP kamu tidak perlu mengakses network adapter pada windows, kamu bisa menggunakan Command Prompt untuk mereset setting DHCP.

1. Buka Command Prompt dengan Run as administrator.
2. kemudian ketikkan perintah ipconfig /release untunk melepaskan konfigurasi jaringan windows sebelumnya. dan ketikkan perintah ipconfig /renew yang berfungsi untuk merubah setting dari IP windows. sehingga komputer kamu akan menpadatkan data dan informasi baru dari router atau modem yang digunakan.


Restart modem atau router


Cara terakhir yang biasanya juga ampuh untuk mengatasi Windows has detected an IP address conflict, dengan me-restart router atau modem. karena masalah ini jarang sekali disebabkan oleh konfigurasi dari router dan modem. jadi hanya dengan me-restart router dan modem biasanya masalah bisa teratasi.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi windows has detected an IP address conflict. jadi cara mana yang menurut kamu mudah?
Jika ada yang mau ditanyakan dan juga ditambahkan silahkan berkomentar pada kolom komentar di bawah, terima kasih.
Reactions

Post a Comment

0 Comments