13 Jenis-jenis Ubuntu Linux Dan Perkembangannya

Jenis-jenis Ubuntu Linux - Halo sahabat pembaca toublekit, senang sekali kita bisa berjumpa lagi pada blog sederhana ini. Jika biasanya kebanyakan blog saya membahas tentang seputar Windows, namun pada kali ini akan berbeda karena kita akan membahas tentang jenis-jenis Ubuntu Linux.
Ubuntu merupakan salah satu sistem operasi yang berbasiskan Linux. Ubuntu ini awalnya adalah sebuah sistem operasi yang bernama Debian yang merupakan salah satu sistem operasi Linux juga. Ubuntu merupakan hasil perkembangan dari sistem operasi Linux yang bersifat open source sehingga jika anda ingin menggunakan sistem operasi Ubuntu Anda bisa mendapatkannya dan menggunakannya secara gratis.

Tetapi sayangnya kalau di Indonesia menurut saya sistem operasi Linux kurang populer di kalangan masyarakat. Tetapi Tahukah Anda kalau sebenarnya secara sadar maupun tidak sadar anda pasti pernah berhubungan dengan sistem operasi Ubuntu ini. Kok bisa ya? Jangan heran deh, Mending sekarang simak yuk apa saja jenis-jenis Ubuntu Linux yang sadar gak sadar sudah pernah anda gunakan itu :

13 Jenis-jenis Ubuntu Linux


1. Ubuntu Desktop

Ubuntu desktop ini telah dikembangkan oleh conical Ltd, yang bisa dibilang versi ini merupakan versi standar dari Ubuntu dan juga yang paling standar diantara jenis-jenis Ubuntu yang lainnya. Di awal perkembangannya Ubuntu desktop menggunakan Gnome 2 yang berfungsi untuk menampilkan user interface sebagai desktop environment. Namun tidak lama kemudian penggunaan krom 2 telah digantikan oleh Unity desktop environment untuk menampilkan user interface yang lebih modern. Pada saat ini pada saat ini versi Ubuntu telah berhasil dikembangkan hingga versi 17.xx yang menggunakan gelombang sebagai desktop environment nya.

2. Ubuntu Gnome


Ubuntu Gnome merupakan sebuah versi dari Ubuntu yang sudah menggunakan know sebagai desktop environment yang berfungsi untuk menampilkan user interface nya. Canonical Ltd yang betperan sebagai pengembang utama dari Ubuntu, telah memutuskan untuk menggantikan standar desktop environment nya dari gnome 2 dengan Unity desktop environment. Tetapi ada sebagian orang yang telah mengembangkan gnome 2 menjadi gnome 3 atau kalau sekarang kita sering menyebutnya Ubuntu gnome. Nah dimulai pada versi Ubuntu ke-17.10 canonical Ltd. Pun telah menggunakan gnome 3 di dalam distribusinya, dan dimulai dari sanalah pengembangan dari Ubuntu gnome menghentikan pengembangannya dan beralih untuk bergabung mengembangkan Ubuntu.

3. Ubuntu mate


Ubuntu mate merupakan versi Ubuntu lainnya yang menggunakan mate sebagai desktop environmentnya. Kebun tomat yang merupakan hasil pengembangan dari gnome 2, yang pada awal kehadirannya tidak diakui secara official oleh canonical Ltd. Maka dari itu bisa dibilang Ubuntu versi mate ini merupakan Ubuntu versi unofficial. Tetapi Setelah beberapa lama Ubuntu mate mendapatkan pengakuan dari canonical Ltd. Yang kemudian Ubuntu mate pun merubah statusnya menjadi salah satu jenis dari versi Ubuntu yang official.

4. Ubuntu budgie


Versi Ubuntu yang menggunakan desktop environment budgie ini sebenarnya hampir sama dengan jenis-jenis Ubuntu yang lainnya. Ubuntu jenis budgie ini telah dikembangkan dan digunakan bersamaan dengan Ubuntu versi gnome. Tetapi Ubuntu versi budgie ini mempunyai tujuan untuk memberikan user interface experience yang berbeda dibandingkan dengan gnome. Untuk ubuntu versi budgie ini telah masuk ke dalam daftar jenis Ubuntu yang official, kalah langsung mendapatkan pengakuan dari canonical Ltd.

5. Lubuntu


Nama lubuntu merupakan nama yang diambil dari LXDE dan juga Ubuntu. Yang mempunyai keunggulan hematnya pemakaian sumber daya energi dan juga sumber daya hardware dibandingkan dengan jenis Ubuntu yang lainnya. Bahkan jika Anda menggunakan komputer dengan sfesifikasi yang rendah sekalipun, lubuntu akan berjalan dengan baik pada komputer tersebut. Karena adanya keunggulan dari lubuntu ini akhirnya Ubuntu jenis ini pun banyak digunakan pada mikrokontroller, komputer yang memiliki spesifikasi yang rendah, dan juga digunakan pada tablet.

6. Kubuntu


Jenis Ubuntu yang menggunakan KDE sebagai desktop environmentnya ini, pada awalnya telah disponsori dan dikembangkan oleh canonical Ltd. Yang merupakan salah satu jenis Ubuntu official. Dan hingga akhirnya kubuntu telah berganti sponsor menjadi blue system pada tahun 2012.

7. Ubuntu Bussiness Desktop Remix


Jika versi Ubuntu yang lain tidak dikhususkan penggunaannya. berbeda dengan versi Ubuntu yang satu ini, Versi Ubuntu ini telah di bundle khusus untuk digunakan oleh Enterprise. Tetapi jika Anda menggunakan versi Ubuntu ini anda akan mendapatkan fitur-fitur yang tidak akan ada pada versi desktop.

8. Ubuntu TV


Versi Ubuntu yang telah dikembangkan dan rancang khusus oleh canonical Ltd untuk menjadi salah satu sistem operasi Smart TV, versi Ubuntu ini telah dikembangkan karena adanya kemungkinan melihat potensi pasar dan juga kebutuhan akan Smart TV yang semakin berkembang dengan pesat.

9. Edubuntu 


Versi Ubuntu yang belum mendapat dukungan dari canonical Ltd. Atau kita sebut unofficial. Walaupun begitu edubuntu menjadi salah satu versi Ubuntu yang paling banyak diminati dan juga banyak digunakan di kalangan pendidikan dan juga di rumah. Maka dari itu versi Ubuntu edubuntu dikembangkan secara khusus pada lingkungan pendidikan dan juga lingkungan rumah.

10. Mythbuntu


Versi Ubuntu yang digunakan bersama dengan Myth TV ini, merupakan versi yang digunakan khusus untuk home theater komputer. Desktop environment dari versi ini menggunakan Xcfe. Mythbuntu pada awalnya adalah sebuah projek yang digunakan agar mempermudah proses pemasangan Myth TV pada komputer.

11. Ubuntu Studio


Untuk jenis Ubuntu ini pasti sudah tidak asing lagi untuk anda para editor video, audio, dan juga foto. Nama jenis ini memang sudah dikhususkan untuk kalian para editor. Fitur-fitur yang ada pada Ubuntu Studio pun sudah khusukan low-latency kernel, Real-Time Kernel. Itu juga suara dari tema dan juga tampilannya sudah di khususkan, bahkan akses khusu ke repository Ubuntu akan membuat Ubuntu Studio tiada tandingannya untuk para profesional editor baik itu editor video maupun editor foto.

12. Ubuntu touch


Ubuntu touch ini dikembangkan dan dirancang khusus untuk digunakan pada smartphone. Pada awal perkembangannya Ubuntu touch disebut-sebutkan akan menjadi pesaing smartphone yang kita semua pasti sudah kenal yaitu sistem operasi android. Tetapi sayangnya Ubuntu touch kalah dalam persaingan dengan smartphone. Yang pada akhirnya canonical Ltd. Membatalkan proyek dari ubuntu touch pada tahun 2017.

13. Ubuntu Server


Ubuntu Server adalah salah satu jenis Ubuntu yang menjadi sistem operasi pada sebuah server. Tidak seperti versi Ubuntu lainnya, Ubuntu Server tidak memiliki desktop environment. Yang mana kita ketahui sebuah server jarang sekali memiliki tampilan untuk ditampilkan kepada user. Karena jika ada tampilan desktop akan cukup memakan resource dari server seharusnya dapat dimanfaatkan atau digunakan untuk memenuhi tujuan dari server, misalnya seperti memberikan feed dari sebuah website.

Demikianlah beberapa jenis-jenis Ubuntu Linux yang dapat saya share untuk menambah wawasan anda. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk anda, terima kasih ^_^
Reactions

Post a Comment

0 Comments