Cara Mengatasi Hardisk the file directory is corrupted and unreadable

Cara mengatasi the file directory is corrupted and unreadable - Halo sobat blogger bertemu lagi dengan saya, pada kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi the file directory is corrupted and unreadable pada hardisk. Komponen komputer yang satu ini memang sangat penting bagi sebuah komputer untuk melakukan penyimpanan data. Tentunya kita akan sangat kesal ketika hardisk internal ataupun external mengalami kerusakan error yang bertuliskan "the file directory is corrupted and unreadable".


Untuk memperbaiki masalah tersebut sebetulnya sangat gampang, kita hanya perlu menggunakan fitur bawaan dari Windows yaitu "CHKDSK", yang bisa kita gunakan melalu CMD atau command prompt. untuk mengatasi hardisk corrupted and unreadable kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut :

Cara Mengatasi Hardisk The File Directory Is Corrupted And Unreadable

1. Buka program CMD atau Command Prompt dengan cara tekan tombol windows+R pada keyboard, atau untuk windows 10 bisa langsung ketikkan CMD pada pencarian menu start, klik kanan dan pilih Run as administrator.


2. Setelah command prompt muncul ketikkan perintah berikut CHKDSK E: /F /R seperti yang bisa kamu lihat pada gambar berikut :

Keterangan :
  • CHKDSK E: Adalah memeriksa partisi atau dimana hardisk yang mengalami error
  • /F : Perintah yang digunakan untuk memperbaiki error tanpa melakukan scanning bad sector terlebih dahulu.
  • /R : Perintah yang digunakan untuk memperbaiki error dengan menemukan bad sector dan memperbaiki data.
3. Setelah perintah diketikkan kemudian tekan enter. lalu sistempun akan melakukan fix anda recovery dengan otomatis. untuk waktu proses perbaikan itu semua tergantung dari kapasitas hardisk kamu, dan sepesifikasi komputer sendiri.


4. Jika proses sudah selesai, sekarang kamu periksa hardisk pada windows explorer.

5. setelah masuk ke windows explorer, klik kanan pada hardisk atau partisi yang ingin di periksa, kemudian pilih properties.

6. pada itu pilih tab tools, lalu periksa pada bagian error check untuk memastikan bahwa apakah error corrupted and unreadable sudah diperbaiki semua atau belum.

7. tunggu proses hingga selesai


Itulah cara mengatasi hardisk corrupted and unreadable yang bisa saya share, semoga artikel ini dapat menjadi solusi untuk kamu yang mengalami masalah tersebut. Terima kasih.
Reactions

Post a Comment

1 Comments