Cara mengatasi hardisk unknown not initialized di windows 10/8/7

Mengatasi hardisk unknown not initialized - Apakah kamu sedang mengalami masalah Ketika kamu memasang hardisk eksternal pada komputer muncul pesan error Disk 1 is unknown, not initialized? ketika di install memang menunjukan bahwa hardisk telah berhasil diinstal, namun tidak terbaca di My Computer. dan di tambah lagi ketika kamu masuk ke System tools disk 1 tidak dapat diketahui, dikenali, ataupun di alokasikan seperti gambar berikut :


Seperti kasus di atas, masalah "Disk Unknown Not Initialized" Secara tidak terduga biasanya dapat di alami oleh semua versi Windows baik itu windows 10, 8, 7, 2008 dan tentunya sangat mengganggu. Ketika hal itu terjadi, hard drive eksternal kamu mungkin menunjukkan "kapasitas hardisk kosong" atau tidak ada dalam Disk Management, sehingga kamu tidak dapat mengakses data pada hardisk tersebut.

masalah Disk unknown not initialized dapat disebabkan oleh beberapa alasan seperti infeksi dari virus, kerusakan sistem file, bad sector, MBR corrupt, kehilangan partisi, dll. Tetapi jika kamu tidak mengetahuinya apa yang menjadi penyebab pada hardisk kamu. kamu bisa menggunakan software yang cukup efektif untuk mengatasi hardisk unknown not initialized dengan langkah-langkah berikut :

Cara mengatasi hardisk unknown not initialized


Cara ke 1 : lakukan Inisialisasi pada hardisk


Peringatan !!! Proses Inisialisasi disk akan menghapus semua data dan menyebabkan hilangnya data pada hard drive. Jika kamu mempunyai data penting pada hardisk external. tidak disarankan untuk menggunakan cara ini, karena semua data akan hilang.

Cara ini merupakan salah satu cara termudah untuk memperbaiki masalah  disk unknown not initialized. 

1. Masuk ke winidows explorer -> Klik kanan My Computer -> pilih Manage -> Disk Management. 
2. Pada disk management kamu klik kanan pada hard drive dan klik "Initialize Disk".
3. Kemudian akan muncul kotak dialog, pada kotak dialog, pilih disk (s) untuk menginisialisasi dan memilih type partisi apakah MBR atau GPT.


Cara ke 2: Perbaiki dan rebuild MBR

Seperti yang sudah saya katakan munculnya masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa alasan seperti yang sudah saya jelaskan tadi. untuk mengatasi masalah hardisk unknown not initialized kamu bisa menggunakan bantuan software yang akan membatu kamu mengatasi hal tersebut yaitu software MiniTool Partition Wizard. Software gratis yang sudah banyak digunakan oleh pengguna komputer ini dibuat dan dikembangkan untuk melakukan pengelolaan partisi dan disk management untuk berbagai sistem operasi, termasuk Windows 10, 8, 7, XP, Vista, dan masih banyak lagi.
meskipun software ini gratis tetapi untuk menggunakan fitur tambahan, kamu harus mengeluarkan sejumlah dana sehingga kamu dapat menggunakan fitur tambahan premium untuk mengatasi seperti masalah di atas. untuk mendapatkan aplikasi ini silahkan cari aplikasinya di search google ya

1. Jika kamu sudah memiliki aplikasinya , Pertama kamu jalankan software MiniTool Partition Wizard dan kemudian pilih opsi "Launch Application".
2. Disini kamu akan melihat berbagai fitur pada panel kiri software. kamu klik menu "Rebuild MBR" Lalu pilih hard drive eksternal disk unknown not initialized. kemudian klik kana dan pilih "Rebuild MBR"
3. Setelah itu Klik tombol “Apply” untuk melakukan perubahan.

Itulah 2 cara yang mungkin bisa membantu kamu untuk mengatasi hardisk unknown not initialized. jika ada yang mau ditanyakan dan ditambahkan silahkan berkomentar. terima kasih
Reactions

Post a Comment

3 Comments

  1. apakah bisa menghapus data gak bg??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pake cara yang pertama semua data pasti kehapus gan.

      Delete
  2. Di minitool ga kebaca hdd nya. Gmn ya gan?

    ReplyDelete