4 Cara Membuat Laptop Tidak Lemot Saat Internetan

Cara membuat laptop tidak lemot saat internetan - Halo sahabat blogger, tentunya kita akan merasa sangat tidak nyaman Bukan ketika kita menggunakan laptop, laptop Toshiba terasa lemot saat tersambung internet. Yang tadinya kita ingin menggunakan laptop secara lancar, lah lemot yang terjadi ketika kita melakukan browsing, Perasaan pun menjadi resah bercampur.

Agar kita terhindar dari masalah tersebut, sebaiknya kita harus lebih rajin lagi untuk merawat laptop yang kita miliki. Karena penyebab sebenarnya laptop lemot saat online, dapat terjadi karena beberapa hal yang pasti bukan karena koneksi internet itu sendiri. Tentunya kamu tidak mau bukan jika misalnya secara terus menerus laptop saat ingin melakukan browsing.

Maka dari itu Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang 4 tips cara membuat laptop tidak lemot saat browsing atau internetan. Berikut adalah 4 langkah yang harus kamu lakukan.

4 Cara Membuat Laptop Tidak Lemot Saat Internetan



Cara ke 1 bersihkan junk file


Junk file ataupun file sampah, memang sering sekali membuat kinerja laptop menjadi menurun, hal ini juga sangat berpengaruh kepada laptop menjadi lemot ketika kita terkoneksi dengan internet.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan sebuah tool yang telah disediakan oleh Windows secara gratis yaitu disk clean up. Untuk langkah-langkahnya kamu bisa simak seperti berikut :

Bagi kamu pengguna laptop Windows 10, kamu hanya perlu ketikkan Disk Clean Up pada pencarian start menu, kemudian nantinya akan muncul kotak dialog kecil, disana kamu pilih partisi mana yang ingin kamu hapus file sampahnya. Setelah itu kamu klik ok dan tunggu hingga proses selesai. Dan permasalahan pertama pun sudah selesai.

Cara ke 2 defragment hardisk


Cara kedua merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi komputer lemot saat internetan. Jika komputer kamu terasa lambat ketika membuka sebuah file ataupun program, bisa jadi penyebab Hal tersebut dikarenakan program atau file yang kamu jalankan telah terfragment di dalam hardisk.

Jika hal tersebut sudah terjadi, maka file-file yang ada di laptop kamu sudah tidak tersusun rapi. Dari itu kita harus melakukan defragment hardisk dengan menggunakan fitur disk defragment and optimize drives. Dengan cara ketikan disk defragment pada pencarian Start menu, setelah muncul jendela baru disk defragment, kemudian kamu klik partisi yang ingin kamu defragmentasi kemudian klik optimize. Lalu tunggu hingga proses selesai.

Cara Ke 3 Adanya Virus Dan Malware


salah satu faktor yang juga dapat menyebabkan komputer lemot saat akan melakukan browsing yaitu dikarenakan adanya virus yang bersarang pada laptop yang kita gunakan. apalagi jika virus tersebut telah merusak beberapa file sistem, maka hal tersebut akan mengganggu dari kinerja laptop. 

Untuk mengatasinya kamu hanya perlu melakukan scanning dan pembersihan virus dengan menggunakan antivirus yang ada pada komputer. tetapi agar kinerja dari antivirus dapat maksimal, usahakan antivirus yang kamu gunakan update.

Cara Ke 4 Hapus Program yang tidak dibutuhkan


Hal yang biasa sering terjadi pada setiap pengguna laptop atau komputer yang mengalami penurunan kinerja adalah terlalu banyaknya aplikasi yang terpasang pada laptop atau komputer, tentu saja hal ini akan mempengaruhi pada RAM dan juga hardisk. karena ada saja program yang meskipun tidak penting tetapi program tersebut berjalan di latar belakang sehingga dapat mengkonsumsi penggunaan RAM. Selain itu pengaruhnya juga berdampak pada hardisk, karena dengan penuhnya kapasitas hardisk hal itu akan menyebabkan sistem operasi bekerja secara leluasa.

Maka dari itu saya sarankan untuk menghapus beberapa aplikasi yang mungkin sudah tidak kamu gunakan lagi pada laptop. agar dapat lancar ketika terkoneksikan dengan intrernet. karena terkadang juga penyebab laptop lemot saat terhubung dengan internet, adanya program yang update secara otomatis.

Itulah 4 cara membuat laptop tidak lemot saat internetan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. semoga artikel ini dapat membantu kamu mempercepat kinerja laptop saat browsingan. Terima kasih

Reactions

Post a Comment

0 Comments