5 Cara Mengatasi HP OPPO Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat

Cara mengatasi hp oppo tidak cukup ruang pada perangkat - media penyimpanan seperti memori internal memanglah menjadi salah satu bagian sangat penting bagi smartphone Android agar pengguna dapat menyimpan berbagai macam data dan juga file. Smartphone Android Oppo telah hadir dengan dibekali memori internal dengan kapasitas yang beragam ada memori internal yang berkapasitas 4 GB 8 GB 16 GB 32 GB dan juga hingga 64 GB, dengan harga lah yang menjadi faktor pembedanya.

Saat ini para pengguna HP Oppo tidak sedikit juga yang mengalami masalah pada smartphone Oppo mereka. Dan salah satu yang biasanya sering muncul pada para pengguna Oppo yaitu "Tidak cukup ruang pada perangkat". Jika sudah terjadi masalah seperti itu tentunya hal tersebut disebabkan oleh kapasitas memori internal yang sudah penuh. Tetapi meskipun notifikasi tersebut muncul, pada nyatanya terkadang penyimpanan memori internal tidak penuh sampai seluruhnya, atau lebih tepatnya notifikasi tersebut hanya memberitahukan kita bahwa kapasitas memori internal akan penuh. Terkadang meskipun kita sudah tahu dengan hal itu, tetapi kita pun merasa risih dengan adanya notifikasi tersebut secara terus menerus. Maka dari itu Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi informasi cara mengatasi pesan error bertuliskan Tidak cukup ruang pada perangkat di HP Oppo. Untuk lebih lengkapnya kalau bisa ikuti langkah-langkah berikut.

5 Cara Mengatasi HP OPPO Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat


1. Hapus Pesan Masuk


Solusi pertama yang mungkin dapat membantu kamu yaitu melakukan pembersihan pesan masuk atau History pesan masih tersimpan pada smartphone. Terlalu banyaknya pesan masuk yang ada pada smartphone yang tidak pernah dihapus sama sekali, sehingga terdapat ribuan pesan di dalam pesan masuk sehingga hal itu pun dapat memunculkan Tidak cukup ruang pada perangkat. Maka dari itu sebaiknya kamu hapus pesan masuk yang menurut kamu tidak terlalu penting.

2. Hapus file cache Android


Membersihkan file cache merupakan salah satu solusi yang cukup ampuh untuk mengatasi tidak cukup ruang. untuk membersihkannya kamu bisa coba download aplikasi pembersih, seperti misalnya Clean Master. tetapi jika kamu ingin membersihkannya secara manual kamu bisa ikuti langkah langkahnya seperti berikut : 

Buka menu Pengaturan -> Setelan Tambahan -> Manajemen Aplikasi -> Cari "Nama Aplikasi" -> Kemudian tap "Hapus Cache".

3. Pindahkan Aplikasi Ke MicroSD


Selanjutnya, kamu bisa mencoba memindahkan aplikasi yang terpasang pada Memori Internal ke penyimpanan Eksternal (MicroSD). Dengan cara memindah aplikasi seperti berikut, kamu juga dapat menghemat memori Internal. Cara ini pun bisa kamu lakukan pada smartphone OPPO lainnya yang bersistem Kitkat 4.4 ke atas. Dan untuk cara memindahkannya kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut :

Buka menu Pengaturan -> Setelah itu Setelan Tambahan -> kemudian Manajemen Aplikasi -> Diinstall -> lalu Cari "Nama Aplikasi" -> Kemudian tap "Pindahkan Ke SD Card".

4. Pindahkan Foto, Musik, dan Video ke MicroSD


Untuk solusi yang berikutnya kamu bisa memindahkan semua file yang ada pada memori internal ke memori external seperti musik, foto dan video. Seperti yang kita ketahui semakin canggihnya kamera, maka akan menghasilkan gambar dengan ukuran file yang cukup besar, sehingga akan membuat memori internal menjadi cepat habis.

5. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan



Solusi kelima, kamu juga dapat menghapus aplikasi yang tidak kamu gunakan. Aplikasi yang tidak kamu gunakan akan membuang banyak memori secara percuma. seperti misalnya game yang sudah tidak dimainkan lagi, maka solusi terbaiknya kamu bisa hapus saja game atau aplikasi tersebut. Untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut :

Buka menu Pengaturan -> Kemudian Setelan Tambahan -> Setelah itu Manajemen Aplikasi -> Cari “Nama Aplikasi” -> Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

Tambahan : Factory Reset



Jika misalnya semua cara diatas tidak dapat mengatasi masalah pesan error bertuliskan 'Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat', solusi terakhir yang mungkin kamu bisa gunakan yaitu dengan cara factory reset. agar semua data benar-benar terhapus dan memori penyimpanan pun dapat kembali normal. tetapi sebelum kamu melakukukan factory reset, kamu harus membackup data-data yang penting terlebih dahulu, agar data tidak ikut terhapus saat kita melakukan factory reset. Untuk cara factoory reset, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut :

Buka menu Pengaturan -> Lalu Setelan Tambahan -> Kemudian Buat Cadangan dan Reset -> Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

Metode – metode diatas dapat kamu lakukan juga pada perangkat OPPO seperti OPPO A37, Oppo A59, Oppo R9 Plus, Oppo F1 Plus, Oppo A53, Oppo A33, Oppo Neo 7, Oppo R7s, Oppo R7 Lite, Oppo R5s, Oppo Mirror 5s, Oppo Mirror 5, Oppo Joy 3, Oppo R7 Plus, Oppo Neo 5 2015, Oppo Neo 5s, Oppo Mirror 3, Oppo Joy Plus, Oppo Find 5 Mini, Oppo Yoyo, Oppo N3, Oppo N1 Mini, dan perangkat OPPO lainnya.

Itulah 5 cara mengatasi hp oppo tidak cukup ruang pada perangkat yang bisa saya sampaikan pada kesmpatan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments