7 Cara Menghemat Baterai HP Asus Zenfone Agar Tidak Boros

Cara menghemat baterai hp asus zenfone - Halo sahabat blogger, Jika kamu sedang asik-asiknya bermain dengan smartphone kemudian tiba-tiba saja baterai lowbat, apa yang akan kamu rasakan? Tentu saja sangat menjengkelkan bukan?. Baterai Smartphone memang menjadi salah satu hal yang sangat penting, meskipun pada saat ini banyak smartphone yang telah dilengkapi dengan fitur Battery Saver. Tetapi hal itu terkadang tidak terlalu berpengaruh untuk smartphone Android, begitu juga untuk sebagian pengguna smartphone Asus Zenfone.

Ketika kita sedang melakukan multitasking seperti misalnya bermain game online tentu saja hal itu membutuhkan koneksi internet yang aktif ketika sedang bermain game. Hal itu biasanya dapat membuat baterai Asus Zenfone terasa cepat habis. Dan tentunya jika hal itu terus dibiarkan terjadi maka baterai yang kamu gunakan akan cepat rusak. Maka dari itu, Kita juga harus mengetahui cara perawatan baterai yang benar agar baterai yang kita gunakan tidak cepat rusak. Apa saja yang harus kamu lakukan untuk menjaga baterai tetap awet? Untuk lebih lengkapnya Kok bisa simak ulasan berikut.

7 Cara Menghemat Baterai HP Asus Zenfone Agar Tidak Boros



1. Mengaktifkan pengaturan aplikasi otomatis


Agar baterai smartphone Asus Zenfone dapat lebih awet, sebaiknya kamu mencoba untuk mengaktifkan pengaturan aplikasi otomatis. Sehingga ketika pengaturan ini Kamu aktifkan nantinya akan membuat aplikasi yang tidak terlalu kamu perlukan, tidak akan berjalan secara otomatis. Dengan menggunakan salah itu smartphone Android akan mengoptimalkan kinerja RAM sehingga baterai Asus Zenfone akan menjadi lebih awet lagi. Cara untuk menggunakan fitur ini kamu dapat masuk ke menu setting, lalu pilih manajemen daya, kemudian kamu pilih Manager pengaktifan otomatis. Pada langkah selanjutnya kamu pilih aplikasi yang ingin kamu jalankan secara otomatis. Saya sarankan untuk game sebaiknya kamu nonaktifkan saja.

2. Gunakan aplikasi Asus mobile Manager


Dengan menggunakan aplikasi Asus mobile Manager dapat memungkinkan kamu untuk mengatur jaringan internet yang kamu gunakan, karena ketika internet diaktifkan secara otomatis aplikasi chatting yang menggunakan koneksi internet akan aktif selama 24 jam, sehingga secara tidak kita sadari hal itu akan memakan daya baterai yang sangat banyak. Untuk mengatasi hal tersebut kamu hanya perlu mengaktifkan aplikasi Asus mobile Manager, Kemudian kamu pilih batasi penggunaan data aplikasi, dan nantinya kamu pilih aplikasi mana saja yang akan kamu batasi penggunaan internetnya.

3. Mengatur frekuensi CPU


Agar kamu dapat melakukan tips ke-3 ini Sebelumnya kamu harus melakukan root pada smartphone Asus Zenfone kamu. Mengatur frekuensi CPU dengan cara mengurangi kinerja CPU tersebut akan menjadikan baterai HP kamu semakin awet, walaupun efeknya akan memperlambat kinerja dari smartphone Android.

4. Matikan pengaturan location dan auto sync


Secara sadar atau tidak sadar kita sering mengaktifkan fitur location dan juga fitur auto sync. Tapi memang harus diakui fitur location akan sangat berguna agar posisi kamu dapat diketahui. Juga fitur auto sync berguna sebagai penyimpanan data agar dapat langsung terkoneksi. Tetapi dengan mengaktifkan kedua vektor tersebut HP Asus Zenfone kamu akan terlalu banyak menghabiskan daya baterai. Saran yang saya berikan yaitu agar kamu menonaktifkan kedua fitur tersebut, aktifkan ketika hanya kamu membutuhkannya saja.

5. Aktifkan pengaturan set brightness dan Auto brightness


Cara agar menghemat baterai HP Asus Zenfone berikutnya yaitu dengan cara melakukan pengaturan kecerahan layar. Sebaiknya Kamu atur kecerahan layar sesuai dengan yang kamu butuhkan Agar penggunaan daya baterai tidak terlalu banyak dan baterai pun tidak cepat habis.

6. Pengaturan jaringan internet


Pada saat ini banyak sekali smartphone Android yang sudah mendukung fitur 4G. Jika smartphone Kamu sudah mendukung dengan fitur 4G sebaiknya kamu hanya menggunakan satu jaringan saja yaitu hanya 4G LTE saja agar tidak terlalu boros baterai.

7. Bersihkan cache pada Android


Cache atau file sampah selalu tersimpan di dalam memori internal smartphone Android. Selain dapat berdampak kepada kinerja smartphone Android yang menurun, cacha juga dapat bahkan baterai Smartphone cepat habis. Oleh karena itu kamu harus lebih rajin lagi untuk membersihkan cache secara rutin. Udah kamu membutuhkan sebuah pengingat maka sebaiknya kamu harus menginstal aplikasi pihak ketiga yang akan membantu kamu untuk membersihkan chace yang ada pada smartphone.

Itulah 7 cara menghemat baterai HP Asus Zenfone agar tidak boros baterai yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu untuk mengatasi HP asus zenfone yang boros. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments