Cara Agar Akun Google Tidak Bisa Di Hack Dengan Mudah

Cara agar akun google tidak bisa di hack dengan mudah - Halo sahabat blogger, dengan membaca artikel ini, Mungkin kamu sudah khawatir akan keamanan dari akun Google atau Gmail kamu ? Memang wajar jika kamu khawatir akan hal itu. Karena mungkin di dalam email tersebut terdapat data-data email penting, dan juga alamat email yang kamu gunakan saat ini merupakan alamat email alternatif yang kamu gunakan untuk login pada sebuah layanan. Misalnya seperti Facebook, Twitter, Instagram, steam, masuk game, dan lainnya.

Dan Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara mengamankan akun Google atau Gmail agar tidak dengan mudah di hack oleh orang lain. Ada beberapa faktor yang biasanya menjadi penyebab akun mudah dibobol atau di-hack oleh orang lain. Berikut adalah faktor-faktornya



Cara Agar Akun Google Tidak Bisa Di Hack Dengan Mudah


Faktor-faktor yang menyebabkan akun Gmail di hack :


1. Menggunakan tanggal lahir dan nomor telepon sebagai password


Hal yang paling umum pertama yang biasanya akun kita kita mudah dibobol orang lain yaitu menggunakan tanggal lahir sebagai password, kalau biasanya orang-orang tidak ingin ambil pusing untuk membuat sebuah password. Bahkan Terkadang ada orang yang menggunakan namanya sebagai password dan hanya ditambahkan 1234 di belakangnya. Maka dari itu hindari penggunaan tanggal lahir, nama, ataupun nomor telepon untuk kamu jadikan sebagai password.

2. Online di komputer publik dan tidak melakukan logout


Kalau nomor 2 ini berdasarkan pengalaman pribadi saya hehe. Pada waktu itu saya sedang pergi ke warnet untuk bermain game, tetapi secara tidak sadar billing pun habis dan langsung pulang tanpa melakukan logout terlebih dahulu. Awalnya saya pikir hal itu tidak akan menjadi masalah. Tetapi ketika besoknya saya ingin melakukan login dengan menggunakan email tersebut, email tersebut sudah tidak dapat dibuka. Akan menjadi peringatan bagi kita dan juga kamu agar berhati-hati online menggunakan komputer publik.

3. Tertipu dengan modus game ( diamond gratis )


Jujur Hal ini juga merupakan pengalaman pribadi saya sebagai seorang gamer :-D . Untuk kamu seorang gamer pasti mengetahui game Clash of Clans bukan ? Nah pada waktu itu ketika saye ngebet bermain Clash of Clans, kamu juga pasti sudah tahu bahwa melakukan pembangunan di Clash Of Clans bisa memakan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari. Dan pada saat itu saya ditawari oleh seseorang meminjamkan email dan juga password, yang nantinya akan ditambahkan gems pada Akun tersebut. Tetapi bukan gens yang ada, Tetapi malah akun yang hilang.

Itulah hal umum yang biasanya akun Google dibobol oleh orang lain. Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus menambahkan verifikasi 2 langkah yang sudah disediakan oleh Google pada setting keamanan Gmail seperti berikut.

Cara setting keamanan Google verifikasi 2 langkah : agar akun email tidak bisa di hack dan dibobol orang lain


1. Pertama login ke akun Google yang kamu miliki disini

2. Setelah itu kamu akan melihat tampilan awal dari Google account, Kemudian kamu pilih masuk & keamanan


3. Pada halaman berikutnya, kamu Scroll kebawah dan nantinya kamu akan menemukan kotak menu pada bagian Sandi & metode masuk, setelah itu pilih verifikasi 2 langkah.


4. Kemudian pada halaman verifikasi 2 langkah, Klik tombol mulai untuk segera mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah.


5. Setelah itu kamu Siapkan nomor handphone yang kamu gunakan. Kemudian daftarkan nomor handphone tersebut yang nantinya kamu gunakan untuk melakukan verifikasi jika ada orang lain yang mengakses email. Tetapi saya ingatkan jangan gunakan nomor yang asal-asalan dan juga nomor tersebut harus tetap aktif. Karena jika nomor tersebut sudah tidak aktif nantinya akan susah untuk melakukan verifikasi.


Setelah kamu masukkan nomor telepon, nantinya akan ada pilihan untuk kamu memverifikasi nomor tersebut, bisa dengan melalui SMS dan juga panggilan telepon. Kamu pilih salah satu untuk melakukan verifikasi. Kemudian klik COBALAH.

6. Jika kamu memilih verifikasi melalui SMS, nantinya akan ada pesan masuk ke nomor handphone yang kamu gunakan tadi seperti gambar berikut.


7. Setelah itu masukkan kode verifikasi yang ada pada pesan masuk tersebut kemudian klik selanjutnya untuk menuju proses berikutnya


8. Pada halaman berikutnya kita diarahkan ada pemberitahuan bahwa kamu telah berhasil melakukan verifikasi 2 langkah. Setelah itu Google akan menyakinkan kamu Apakah kamu setuju untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah setelah mengetahui cara kerja dari fitur ini. Jika kamu yakin untuk mengaktifkannya klik Aktifkan


9. Dengan begitu kita sudah mengaktifkan verifikasi 2 langkah agar akun Gmail tidak bisa di hack ataupun dibobol oleh orang lain.


Peringatan : Jika kamu ingin melakukan pergantian nomor sebaiknya kamu ganti nomor verifikasi 2 langkah kamu dengan nomor baru. Untuk berjaga-jaga jika nomor tersebut hilang atau lupa menyimpannya

Itulah cara agar akun Google tidak bisa di-hack dengan mudah oleh orang lain dengan cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu kamu terima kasih.
Reactions

Post a Comment

0 Comments