Cara Membuat Auto Shutdown Windows 10 Tanpa Software

Cara membuat auto shutdown windows 10 tanpa software - Halo sahabat blogger, Terkadang ketika kita sedang lelah karena beraktivitas seharian, lalu dilanjutkan dengan melanjutkan pekerjaan hingga larut malam pertama laptop atau komputer, secara tidak sadar kita pun tertidur dengan keadaan laptop dan komputer yang masih menyala.

Tentu saja dengan komputer yang menyala selama semalaman,  hal itu akan membuat Listrik kita boros dan juga hal itu Takutnya membahayakan pada komputer atau laptop yang kita gunakan. Lalu saya pun berpikir agar komputer atau laptop bisa shutdown secara otomatis. Walaupun memang pada sistem operasi Windows memiliki fitur sleep, yang akan mengistirahatkan komputer pada waktu tertentu. Tetapi ada kalanya komputer mengalami masalah seperti pada artikel yang pernah saya buat sebelumnya yaitu Windows 10 tidak bisa sleep malah restart sendiri.

Nah untuk mengantisipasi hal tersebut, maka saya pun mulai mencari Bagaimana caranya membuat Windows 10 shutdown sendiri atau otomatis. Setelah searching searching, Akhirnya saya menemukan 2 solusi agar Windows 10 shutdown secara otomatis. Maka dari itulah saya ingin berbagi pengalaman saya dengan kalian. Apa saja yang harus kamu lakukan? Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut

Cara membuat auto shutdown windows 10 tanpa software


Cara Ke 1 : auto shutdown Windows 10 CMD


Cara pertama yaitu membuat sebuah perintah auto shutdown dengan menggunakan command prompt. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa ikuti tutorial berikut.

1. Pertama kamu buka CMD atau command prompt jalankan sebagai administrator.
2. Setelah itu ketikan perintah Shutdown /S /T 300. 


 Keterangan :
/s : adalah sebuah perintah untuk melakukan shutdown system
/t : adalah sebuah perintah untuk melakukan sedang dalam durasi waktu tertentu.
300 : adalah perintah hitungan satuan per detik. Jika kita rubah menjadi menit 3 detik adalah 5 menit, sehingga kamu bisa mengubah durasinya sesuai dengan yang kamu inginkan, misalnya jika kamu ingin mematikan Windows 10 secara otomatis dalam hitungan mundur 1 jam, kamu gantikan 300 dengan 3600.


Cara Ke 2 : shutdown window otomatis secara otomatis melalui task scheduler


1. Pertama kamu buka schedule tasks dengan cara mengetikkan task scheduler pada pencarian menu start


2. Setelah itu kamu lihat pada bagian panel sebelah kanan yang bertuliskan actions, kamu pilih create Basic task yang nantinya akan muncul jendela baru.


3. Pada saat indah baru muncul, pada bagian name kamu isikan 'shutdown', Kemudian kamu pilih next


4. Sekarang waktunya kita untuk menentukan Kapan task tersebut dijadwalkan. Untuk contohnya pilih one time Jika kamu hanya ingin mengaktifkannya satu kali, tetapi jika ingin harian kamu bisa pilih daily.


5. Kemudian tentukan tanggal dan waktu untuk menjalankan auto sedang sesuai dengan keinginan kamu, jika sudah selesai klik next.


6. Lalu lanjutkan pilih Action jika ingin menjalankan jadwal shutdown sekarang.


7. Setelah itu klik Browser untuk mencari program apa yang akan dijalankan. Kemudian kamu cari file yang bernama shutdown.exe pada direktori file C:\Windows\ system32. Jika kamu sudah menemukannya, klik open.


8. Setelah itu isikan /s pada bagian add argument ( optional ) /s di sana berfungsi sebagai parameter dari program shutdown yang kita masukkan tadi setelah itu klik next untuk untuk berlanjut ke proses berikutnya.


9. Kemudian setelah itu akan muncul informasi dari autoshutdown yang sudah kita buat tadi.


Jika dua cara diatas belum cukup untuk memuaskan kamu, Kamu bisa baca artikel yang pernah saya buat yaitu : cara mematikan komputer secara otomatis di Windows 10 salah akan ada software ringan yang bisa kamu gunakan agar Windows 10 shutdown otomatis.

Itulah cara membuat auto shutdown Windows 10 tanpa software yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat terima kasih.

Reactions

Post a Comment

0 Comments