Cara Memilih Hardisk Eksternal Yang Bagus Da Tidak Cepat Rusak

Cara memilih hardisk eksternal yang bagus dan tidak cepat rusak - Halo sahabat blogger, Sebagai pengguna laptop tentunya kita pasti sudah tahu, Jika kita ingin melakukan pergantian hardisk internal pada laptop sedikit lebih sulit jika kita bandingkan dengan pergantian hardisk pada komputer desktop. Maka dari itu pada saat ini kebutuhan hardisk eksternal semakin meningkat di kalangan pengguna laptop.

Tetapi dalam hal membeli hardisk eksternal terbaik tidaklah begitu mudah, karena ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hardisk eksternal cepat rusak. Meskipun banyak rekomendasi harddisk eksternal terbaik, tetapi kita juga harus tahu cara memilih hardisk eksternal yang bagus dan tahan lama. Maka dari itu kamu harus memperhatikan beberapa faktor berikut, agar kamu nantinya tidak kecewa Setelah membeli hardisk eksternal.

7 Cara Memilih Hardisk Eksternal Yang Bagus Dan Tidak Cepat Rusak


1. Sistem operasi



Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa sistem operasi menjadi faktor yang harus diperhatikan, dalam memilih sebuah hardisk eksternal. Alasannya kita akan lihat dua sistem operasi yang berbeda antara sistem operasi OS X dan Windows, 2 sistem operasi tersebut menggunakan file sistem yang berbeda yaitu hfs+ dan ntfs. Sistem tersebut lah yang menjadikan hardisk eksternal tiap platform sistem operasi menjadi berbeda. maka dari itu hardisk eksternal pun dibuat berbeda oleh setiap manufaktur.

Meskipun OS X dapat membaca file yang ada pada hardisk yang memiliki file system ntfs, tetapi OS X hanya akan bisa membacanya dan tidak dapat mengakses isi yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, kamu juga harus pastikan sistem operasi mana yang kamu gunakan.

2. Kapasitas



Tentunya poin nomor 2 ini, menjadi hal yang sangat penting untuk kamu perhatikan dalam memilih hardisk eksternal yang bagus. Kamu juga harus memperhitungkan dan menyesuaikan hardisk eksternal sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya jika kamu hanya akan menyimpan file-file yang berukuran kecil, kamu bisa memilih hardisk eksternal dengan kapasitas 500 GB. Tetapi jika kebutuhan kamu untuk menyimpan file-file berukuran besar, maka disarankan untuk memilih kapasitas hardisk yang lebih besar lagi.

3. Kecepatan rotasi



Hal berikutnya yang harus kamu perhatikan dalam memilih hardisk eksternal, kamu juga harus memperhatikan kecepatan rotasi yang dimiliki sebuah hardisk. Karena jika kita tidak memperhatikan hal tersebut, nantinya pasti kita akan kesal sendiri jika kita memilih hardisk dengan kecepatan rotasi yang kecil, sehingga akan mempengaruhi kecepatan menulis dan juga membaca sebuah data.

Harddisk yang memiliki kecepatan putar 7200rpm, tentu saja performanya akan jauh lebih baik dibandingkan dengan harddisk yang memiliki kecepatan putar 5400rpm. Bahkan pada saat ini beberapa manufaktur telah membuat hardisk yang memiliki kecepatan putar hingga mencapai 10000 RPM. Dengan pernyataan di atas, tentunya kita sudah dapat menentukan hardisk eksternal yang nantinya harus kamu gunakan sesuai kebutuhan kamu.

4. Konektivitas



Setelah kamu membaca 3 tips di atas, Sekarang waktunya kita untuk menentukan Bagaimana sebuah hardisk tersambung ke perangkat komputer. Pada saat ini hardisk eksternal menggunakan port USB agar dapat terhubung dengan komputer, yang terdiri dari usb 3.0 dan USB 2.0.

Kelebihan dari usb 3.0 memiliki kecepatan hingga 5 gbps yang jauh lebih cepat jika kita bandingkan dengan USB 2.0 yang hanya memiliki kecepatan 480 mbps. Dan yang lebih menariknya lagi dari usb 3.0, dapat kamu digunakan juga pada komputer yang memiliki port USB 2.0.

Selain itu ada juga beberapa hardisk yang telah menggunakan koneksi melalui port ThunderBolt, yang mempunyai konektivitas kecepatan 2 kali lipat lebih dari kecepatan USB 3.0.

Meskipun hardisk eksternal yang telah menggunakan port ThunderBolt memiliki kecepatan yang sangat cepat, tetapi sayangnya harga dari hardisk eksternal tersebut sangatlah mahal.

5. Fitur



Harus kamu perhatikan berikutnya adalah fitur yang dimiliki sebuah hardisk eksternal. Rekomendasi harddisk eksternal yang bagus harus memiliki fitur backup dan juga password protection. Sebenarnya masih banyak fitur-fitur lain yang dapat kamu gunakan pada hardisk eksternal, tetapi dua hal tersebut lah yang harus kamu perhatikan untuk menjaga keamanan data yang ada pada hardisk eksternal.

6. Pelindung hardisk



Tips berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah kabel dari hardisk eksternal tersebut. Pastinya kita sudah tahu dengan tujuan dari kita menggunakan pelindung hardisk. Tetapi yang harus kamu perhatikan adalah kamu harus menyesuaikan pelindung habis sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya jika hanya untuk kamu gunakan di rumah ataupun hanya untuk dibawa ke sekolah, menggunakan pelindung hardisk yang biasa pun sudah cukup.

Tapi akan berbeda lagi jika kamu orang yang suka traveling atau bepergian jauh. Disarankan kamu menggunakan pelindung yang kuat yang berbahan karet ataupun sejenisnya, agar hardisk eksternal yang kamu bawa dapat bertahan dari goncangan.

7. Garansi



Hal terakhir yang harus kamu perhatikan adalah garansi. Kamu juga harus memilih hardisk eksternal yang mempunyai garansi dengan jangka waktu yang panjang, karena tentunya kita tidak akan pernah tahu kapan Habis itu akan rusak dan Apa penyebab kerusakan hati tersebut. Maka dari itu garansi juga hal yang harus kamu perhitungkan sebelum kamu membeli hardisk eksternal.

Dari ke-7 tips tersebut Pastinya kamu sudah tahu, hardisk eksternal seperti apa yang harus kamu pilih dan kamu gunakan.

Demikianlah Ulasan saya tentang cara memilih hardisk eksternal yang bagus dan tidak cepat rusak yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini dapat membantu. terima kasih.
Reactions

Post a Comment

0 Comments