Cara Mempercepat Restart Windows 10 Lama

Cara mempercepat restart windows 10 lama - Virtual memory atau yang lebih sering kita kenal sebagai swap file. bisa disebut sebagai memory tidak nyata atau bohong-bohongan yang terletak pada hardisk. pada dasarnya virtual memory akan berguna jika RAM komputer yang ada pada sistem sudah tidak dapap bekerja masksimal karen penuh, sehingga sebagai gantinya hardisk lah yang menjadi tempat penyimpanan sementara. karena hal itulah virtual memory dapat kita atur kapasitasnya sesuai dengan yang kita inginkan hingga 2x lipat dari RAM sistem.

Tetapi terkadang kita sendiri tidak mengetahui bahwa ukuran dari virtual memory dapat memperngaruhi kecepatan proses shutdown dan restart windows. Semakin besar kapasitas virtual memory, maka akan semakin besar juga proses restart atau shutdown dari sistem operasi Windows. Hal ini berlaku pada versi windows yang sebelumnya baik itu Windows 7, dan juga Windows 8. Dan untuk cara mengatasi hal tersebut kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut :

Cara Mempercepat Restart Windows 10 Lama


1. Pertama kamu harus membuka Local Security Policy, dengan cara ketikan Local Security Policy atau secpol.msc pada pencarian menu start.
2. Setelah itu kamu Lihat pada kolom bagian kiri,  kemudian pilih security settings –> Local policies –> Security Options –> dan temukan Shutdown : Clear Virtual memory pagefile. Kemudian kamu Set value nya menjadi Disabled.


Jika kamu mempunyai RAM yang bisa dibilang cukup besar, kamu bisa mengatur agar windows melakukan booting tanpa virtual memory. dengan cara seperti berikut :

1. Pertama kamu buka file explorer, setelah itu klik kanan My computer atau This PC –> Lalu pilih Properties –> Kemudian kamu Advanced system setting yang ada pada kolom kiri.
2. Setelah itu kamu klik Settings yang ada pada bagian performance, pada jendela Perfomance Options klik pada tab Advanced.
3. Di bagian virtual memory kamu klik Change. Disana nantinya kamu akan melihat pada drive mana kamu akan menaruh virtual memory.
4. Jika kamu ingin menonaktifkan virtual memory, kamu hanya perlu memilih no paging file lalu klik set untuk menyimpan perubahan.


5. Jika sudah selesai kamu restart komputer atau laptop.

Dengan melakukan langkah diatas biasanya proses booting komputer atau laptop akan menjadi lebih cepat, baik itu shutdown ataupun restart lama.

Demikianlah Cara mempercepat restart windows 10 lama yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu menemukan solusi yang tepat. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments