Cara Mengatasi Black Screen Pada Saat Main Game PC/Laptop

Cara mengatasi black screen pada saat bermain game PC/Laptop - bermain game merupakan salah satu hobi yang sangat disukai oleh banyak orang, di mulai dari anak kecil hingga orang tua tidak luput dengan yang namanya permainan. Karena bermain game juga merupakan salah satu alternatif yang dapat menghilangkan rasa penat, stress, dan penghilang rasa bosan yang sangat efektif.

Tetapi ada saja sebagian orang yang menganggap bermain game itu sebagai hal yang negatif saja. Tapi di sisi lain game juga dapat menjadi hal yang positif tergantung dari kita menanggapi game tersebut. Karena pada saat ini banyak juga game yang menghadirkan sisi positif yang dapat kita ambil dari permainan tersebut.

Baiklah Mari kita ke pokok pembahasan. Terkadang meskipun Game dapat menghilangkan stress dan juga penat di dalam pikiran kita. Tetapi jika terjadi masalah terhadap PC ataupun laptop kita hal itu terkadang dapat menjadikan kita semakin stress saja hehe. Kesalahan yang biasa terjadi ketika kita bermain game di laptop ataupun komputer salah satunya adalah black screen.

Dengan terjadinya masalah black screen pada laptop atau komputer kita tentunya hal itu akan menjadikan kita semakin kesal, kata pasalnya ketika kita sedang asik-asiknya bermain game tiba-tiba di layar tidak menunjukkan apa-apa, yang ada hanya suara dari game tersebut. Tapi kamu jangan kesal dulu, karena Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi pengalaman pribadi saya ketika mengalami black screen pada komputer atau laptop. Untuk lebih lengkapnya Kok bisa ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Mengatasi Black Screen Pada Saat Main Game PC/Laptop



1. Pastikan driver VGA sudah terinstal dengan benar


Untuk mengatasi kesalah kamu karena mengalami blackscreen sebaiknya kamu periksa terlebih dahulu driver VGA yang ada pada laptop atau komputer yang kamu gunakan.

Karena seperti yang kita ketahui driver VGA merupakan merupakan salah satu komponen yang penting dalam sebuah komputer, fungsi untuk memaksimalkan komponen hardware VGA card, sehingga VGA card dapat berjalan dengan baik.

Maka dari itu sebaiknya kamu coba periksa terlebih dahulu driver VGA komputer atau laptop yang terinstal.

2. Pastikan game disesuaikan dengan PC atau laptop


Masalah kedua yang biasanya dapat menyebabkan black screen yaitu spesifikasi komputer atau laptop tidak sesuai dengan Game yang kita mainkan. Selain terjadi black screen pada saat bermain game, Jika kita tidak menyesuaikan antara game dengan spesifikasi komputer rasanya terjadi masalah masalah error yang lainnya seperti misalnya game keluar sendiri, atau adanya error dan juga keras.

Maka dari itu kami juga harus sesuaikan spesifikasi komputer dengan spesifikasi game Agar tidak banyak terjadi error.

3. Pastikan file system sudah terinstal


Masalah selanjutnya yang biasanya menjadi penyebab dari layar black screen, dikarenakan saya sistem yang belum terinstal pada komputer atau laptop.

Apa file sistem yang dimaksud itu? Sistem yang dimaksud itu yaitu seperti misalnya DirectX, Microsoft net framework, dan Visual Credit. File system tersebutlah yang saya maksud.
 Kamu periksa lagi pada sistem pendukung tersebut agar game atau komputer tidak terjadi error

4. Pastikan compability game


Pada beberapa kasus ada juga penyebab black screen karena game tersebut tidak kompatibel dengan sistem operasi yang kita gunakan. Beberapa game memang ada yang mendukung pada sistem operasi yang baru tetapi ada sebagian game juga yang tidak mendukung sistem operasi lama. Begitu juga sebaliknya.

Untuk mengetahui kompatibilitas dari game tersebut sebaiknya kamu lihat di situs resminya atau kamu bisa browser langsung di Google dengan cara mengetikkan kata kunci 'nama game system requirement' ganti nama game menjadi game yang kamu mainkan saat terjadi black screen.

Itulah 4 poin penting cara mengatasi black screen pada saat main game PC/laptop yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu untuk mengatasi black screen. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments