4 Cara Mengatasi Disk 100% Pada Windows 10

Cara mengatasi disk 100% pada windows 10 - Halo sahabat blogger, Apakah pada saat ini kamu sedang mengalami komputer yang sering hang? Jika kamu menggunakan Windows 10 atau Windows 8, hal ini sudah jarang terjadi untuk kedua sistem operasi Windows yang telah saya Sebutkan, tetapi kenapa masih saja lemot dan hang?

Memang betul kedua versi Windows yang saya Sebutkan diatas jarang mengalami hang, tetapi memang ada beberapa alasan yang dapat membuat Windows 10 mengalami hang, seperti misalnya beberapa kasus yang pernah saya alami, yaitu CPU usage yang selalu 100%. Memang sangat mudah untuk mengatasi CPU yang selalu 100%, kita hanya perlu mencari program yang memberatkan system pada Task Manager kemudian pilih end process. Dengan begitu CPU usage yang selalu 100% akan kembali normal.

Tetapi berbeda halnya dengan disk Usage yang selalu 100%, kita tidak dapat menyimpulkan nya hanya dengan melihatnya pada Task Manager. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab tersebut, dan berikut adalah penyebab Kenapa disk Usage selalu 100% di Windows 10

4 Cara Mengatasi Disk Usage 100% Pada Windows 10



1. Kemungkinan Adanya Malware Pada Komputer


Penyebab disk usage 100% windows 10 Seperti masalah-masalah komputer sebelumnya, hal yang menjadi kemungkinan pertama yaitu pada komputer terdapat virus malware. mungkin untuk masalah virus kita hanya perlu menggunakan antivirus sebagai upaya untuk mengatasi masalah ini. bahkan kita tidak perlu menggunakan antivirus tambahan lagi jika windows defender sering diupdate, karena windows defender juga merupakan antivirus bawaan yang tidak kalah powerfull.

Jika memang terapat beberapa virus yang terdeteksi pada komputer, kita hanya perlu menghapus virus tersebut, dan melakukan deep scan agar antivirus melakukan scanning pada sistem secara menyeluruh, agar masalah Disk Usage bisa teratasi. tetapi jika masalah disk usage 100% ini bukan karena virus, mari kita lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Matikan Windows Search untuk Meningkatkan Disk Performance


Kemungkinan masalah penyebab disk usage 100% yang terjadi berikutnya adalah adanya Windows Search. kenapa windows search? karena ada sebuah bug dari windows 8 dan Windows 10 yang disebut dengan bug 'search loop' yang nantinya meningkatkan load pada system hardisk.

Untuk menghentikan kita hanya membutuhkannya untuk sesaat saja, hingga sampai Windows melakukan reboot, kamu bisa ikuti 2 langkah berikut untuk menghentikan windows search :

1. Pertama kamu buka Command Prompt dan jalankan sebagai administrator, bisa dengan klik kanan pada start menu, ataupun pada pencarian start menu.

2. Setelah itu kamu ketikkan perintah berikut : net.exe stop "Windows search" kemudian tekan enter.

Cara berikut adalah untuk menghentikan Windows secara sementara, tapi jika kamu ingin mengaktifkan Windows search secara permanen. Kamu bisa ketikan service.msc pada pencarian menu start, Setelah itu jendela servis akan muncul. Selanjutnya kamu cari dan buka Windows search yang nantinya akan muncul jendela Windows search properties, Pada bagian startup type kamu ganti menjadi disable. Selain itu kamu bisa menghentikan paksa dengan cara klik stop. Untuk menyimpan pengaturan kamu klik ok. Biasanya dengan mematikan Windows search, kinerja komputer atau laptop akan meningkat.

3. Disable xx service


XX service juga dapat menjadi penyebab dari masalah dari usage 100%. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu buka kembali command prompt sebagai administrator, kemudian kamu masukkan perintah berikut : net.exe stop superfetch

Kemudian kamu tunggu beberapa saat hingga kinerja di komputer atau laptop meningkat. Untuk memastikannya kamu juga bisa menggunakan fitur check disk pada command prompt dengan memasukkan perintah berikut : chkdsk.exe /f /r

Jika command prompt sudah menyelesaikan check disk, komputer akan meminta konfirmasi kamu untuk melakukan restart.

Jika pada komputer Kamu masih belum dapat mengatasi disk usage 100%, kamu bisa menggunakan cara terakhir yang ada di bawah ini.

4. Coba cek Flash


Flash merupakan Salah satu aspek yang paling Rentan, Itulah kenapa pada komputer saat ini kita jarang melihat Flash. Hal ini juga dapat menjadi kemungkinan yang dapat menyebabkan hardisk rusak 100% pada Windows 10, biasanya hal ini terjadi ketika kita menggunakan sebuah Browser.

Kamu bisa masuk ke plugin browser kamu, untuk melihat apakah ada flash pada Browser. Jika terdapat baik pada Browser yang kamu gunakan sebaiknya kamu menonaktifkan plugins tersebut, dengan cara klik disable. Biasanya dengan cara itu disk Usage 100% akan teratasi.

Jika dengan menggunakan keempat cara diatas komputer masih menampilkan disk usage 100%, kamu juga harus memeriksa Apakah kerusakan tersebut terjadi karena bad sector, atau ada juga penyebabnya karena PSU yang rusak, karena hal itu pun dapat menyebabkan lambatnya kinerja dari komputer dan menampilkan usage 100%.

Selain itu ada lagi masalah yang paling serius, yaitu Ada kemungkinan hardisk yang kamu gunakan sudah terlalu tua dan sudah waktunya untuk kamu ganti.

Mungkin itu saja ulasan dari saya Pada kesempatan kali ini tentang cara mengatasi disk 100% pada Windows 10. Semoga artikel ini dapat membantu. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

1 Comments