5 Software Monitor Jaringan Terbaik Untuk Windows

Software monitor jaringan terbaik untuk Windows - Halo sahabat blogger, Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang 5 software untuk memonitor jaringan internet khusus untuk sistem operasi Windows. Memonitor atau bahasa lebih mudahnya yang kita sebut sebagai memantau sebuah koneksi jaringan yang ada pada komputer, yang bertujuan untuk memaksimalkan koneksi internet yang kita gunakan mulai dari sumber daya, hingga komponen-komponen untuk mengakses internet. Tentu saja meskipun begitu memonitor sebuah jaringan, kita akan membutuhkan sebuah software agar memonitor ataupun memantau sebuah koneksi jaringan internet dapat lebih maksimal.

Metode atau teknik yang biasa dilakukan oleh analisis jaringan untuk memantau atau memonitoring sebuah jaringan internet dibagi menjadi 2 yaitu metode connection monitoring dan juga traffic monitoring. Untuk connection monitoring yaitu metode dimana kita akan melihat perangkat mana saja yang terhubung dengan jaringan koneksi internet dan mana perangkat yang tidak terhubung dengan jaringan internet, dengan cara melakukan test ping pada monitoring station dan device target. Dan untuk metode kedua kita akan membutuhkan software untuk memonitoring jaringan internet untuk traffic monitoring, dimana dengan metode tersebut kita akan melihat paket aktual dan juga traffic dari sebuah jaringan internet, dan juga kita dapat melihat laporan dari jaringan koneksi internet tersebut. Dan berikut adalah software monitor jaringan terbaik untuk Windows.

 5 software monitor jaringan terbaik untuk Windows


1. IPHost Network Monitor



Aplikasi monitoring terbaik pertama ada software bernama IPHost Network Monitor. aplikasi ini dapat membantu kamu untuk memonitoring jaringan yang berbasis client dan server. kamu juga akan mendapatkan notifikasi jika terjadi kesalahan pada jaringan selama 24 jam penuh, dan juga aplikasi ini dapat kamu gunakan meskipun tidak kamu instal pada server. selain itu kamu juga dapat mengatur pemberitahuan kesalahan melalui Email, pesan suara dan SMS. Selain itu cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah, akan memungkinkan kamu untuk mempermudah untuk melakukan pemantauan sebuah jaringan.


2. NCS Network Scanner



Aplikasi yang satu ini dapat memungkinkan kamu untuk melihat Perangkat apa saja yang sedang terhubung atau menggunakan jaringan kamu. Dengan adanya kemampuan tersebut dapat mempermudah kamu untuk melihat alamat IP dan juga alamat printer yang sedang terkoneksi. Aplikasi yang satu ini juga akan sesuai dengan kamu yang mempunyai sebuah perusahaan atau kantor untuk menggunakan aplikasi ini. Selain dapat melihat alamat IP NCS Network scanner juga dapat menampilkan beberapa rincian tambahan seperti nama komputer dan juga waktu respon. Pengaturan dari software NCS Network scanner juga sangat mudah sehingga akan mempermudah kamu untuk menggunakan aplikasi ini. Peta desa di aplikasi ini juga dapat mendeteksi jenis alamat IP seperti ipv4 dan ipv6 dengan mudah.


3. NetWorx



Aplikasi ketiga ada yang bernama Networx. Aplikasi yang satu ini sangat cocok digunakan untuk melakukan monitoring atau pemantauan terhadap Bandwidth jaringan yang kamu gunakan. Sehingga kecepatan dari internet dan juga koneksi jaringan dapat kamu monitor dengan sangat mudah. Selain itu juga aplikasi ini dapat mendeteksi aktivitas jaringan yang dianggap telah mencurigakan seperti misalnya virus Trojan yang telah melebihi batas bandwidth ISP yang telah ditentukan, dan juga aplikasi ini dapat melihat beberapa jenis koneksi seperti misalnya wireless dan juga mobile broadband. Dan jika misalnya ditemukan aktivitas yang mencurigakan akan mempermudah kamu untuk menonaktifkan jaringan tersebut dengan cara memutuskan koneksi dial-up. Aplikasi ini juga mempunyai fitur untuk memutihkan kamu melihat statistik lalu lintas jaringan yang ditampilkan dalam sebuah grafik garis baik itu secara harian mingguan dan juga bulanan dari penggunaan bandwidth dan juga durasi dari dial-up. Kamu juga dapat menyimpan laporan tersebut ke berbagai format file seperti misalnya HTML. Excel dan Microsoft Word.


4. Cucusoft Net Guard



Aplikasi keempat merupakan aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memaksimalkan kecepatan internet dengan cara menghilangkan malware yang dapat menghabiskan bandwidth atau kuota internet kamu. Sama seperti aplikasi aplikasi monitoring sebelumnya aplikasi ini juga akan memberikan kamu laporan setiap bulan dari penggunaan jaringan internet kamu. Pada dasarnya aplikasi ini merupakan aplikasi untuk memantau Bandwidth atau kuota internet jika ada seseorang yang menyalahgunakan koneksi internet kamu sehingga kamu dapat mengantisipasi dari lambatnya koneksi internet karena digunakan oleh orang lain secara berlebihan. Fitur-fitur yang ada dalam aplikasi cucusoft net guard akan sangat membantu kamu karena dapat memberikan laporan, melihat penggunaan kuota atau Bandwidth, tes kecepatan broadband dan masih banyak lagi fitur-fitur menarik lainnya.


5. Nagios



Aplikasi terakhir yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini yaitu nagios. Software untuk memonitor jaringan ini tidak hanya dapat kamu gunakan untuk sistem operasi Windows saja, tetapi aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk sistem operasi Linux dan juga VMware. Aplikasi monitoring sistem jaringan yang gratis ini memiliki banyak sekali fitur dan juga kegunaan yang akan mempermudah kamu untuk melakukan monitoring jaringan, dan akan memungkinkan kamu untuk memantau host-host yang telah kamu tetapkan. Nantinya software ini secara otomatis akan memberikan laporan jika ada koneksi yang mengalami kesalahan. Servis ceningan yang bisa kamu monitor dengan aplikasi ini yaitu diantaranya, SMPTP, Pink pop3, Oracle, http dan lainnya. Software yang mempunyai tampilan user friendly ini, akan memungkinkan semua pengguna untuk menggunakan aplikasi ini dengan mudah.


Itulah 5 software monitor jaringan terbaik untuk window yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat
Reactions

Post a Comment

1 Comments