4 Cara Mengamankan Data Smartphone Android

Cara mengamankan data smartphone android - Halo sahabat blogger, seperti yang kita ketahui pada setiap perangkat baik itu komputer atau android pasti mempunyai data. data yang tersimpan pada sebuah perangkat ada data untuk menjalankan sistem operasi yang digunakan oleh perangkat tersebut, dan memang ada data pribadi kita yang memang sengaja kita simpaan pada perangkat komputer atau android tersebut.

Untuk pembahasan kita kali ini kita akan membahas data yang ada pada smartphone android, yang lebih tepatnya bagaimana cara mengamankan data data di android dengan 4 cara mudah. Tentu jika kamu ingin mengamankan data yang ada pada android yang kamu miliki data tersebut sangatlah penting dan harus dilindungi bukan?

Nah untuk itulah saya ingin mencoba membantu kamu agar mengetahui cara amankan data yang ada di adroid. berikut adalah 4 cara yang akan saya sampaikan pada artikel kali ini.

4 Cara Mengamankan Data Smartphone Android



1. Enkripsi Data


Cara mengamankan data di android yang harus kamu lakukan untuk pertama kali yaitu dengan cara melakukan enkripsi data. dengan menggunakan cara ini, merupakan langkah awal untuk menjaga keamanan smartphone android kamu. Cara ini merupakan salah satu metode yang sering digunakan oleh para pengguna android untuk menyimpan data ke dalam bentuk data yang masih dapat dibaca, namun dengan syarat jika kmau memiliki kredensial yang sesuai. dengan menggunakan ekripsi ini dapat memberikan kamu perlindungan tambaahan untuk data yang ingin kamu amankan jika seandainya kamu mengalami kehilangan atau pencurian smartphone.

Pada dasarnya cara ini merupakan metode kunci layar dengan menggunakan Pola, PIN, atau password. Sehingga carra ini akan sangat berguna sekali ini kamu yang ingin mengamankan data dari tangan-tangan jahil di sekitar kamu.

2. Gunakan VPN


Di zaman serba teknologi dan internet ini, banyak sekali motif pencurian data melalui internet sehingga kita harus berhati-hati ketika kita sedang internetan yaitu dengan cara menggunakan aplikasi VPN yang banyak sekali tersedia di Google Play Store. Dengan menggunakan VPN yang dapat berfungsi sebagai pemblokir situs yang tidak aman saat menjelajahi internet, akan mengurangi resiko kita kehilangan data yang penting.

3. Batasi Layanan


Tips ke 3 yaitu dengan cara membatasi layanan. Namun layanan apa yang dimaksud? layanan yang maksudkan yaitu dengan cara membatasi layanan yang tidak dibutuhkan, karena hal tersebut merupakan hal yang direkomendasikan oleh para security expert. Lalu bagaimana cara mengamankan data di android dengan membatasi layanan? sebaiknya kamu sering membersihkan cache browser, dan juga tetap menjaga konfigurasi browser, dan tidak masuk ke sembarang situs di internet.

Selain itu kamu juga harus menghindari seringnya penggunaan Bluetooth, atau transfer data dengan sembarang perangkat, karena bisa saja ada virus yang dapat menyerang smartphone android yang kita gunakan.

4. Gunakan Penyimpanan Online (Cloud Storage)


Tips terakhir tidak kalah penting kita lakukan. Pada saat ini banyak sekali penyedia layanan online cloud storage yang dapat kita gunakan untuk mengamankan data seperti misalnya dropbox, google drive, dan masih banyak lagi yang dapat kamu baca pada artikel Aplikasi penyimpan data online android.

Itulah tips 4 cara mengamankan data smartphone android yang dapat saya sampaikan. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Cara Mengamankan Data Smartphone Android"

Post a Comment