Aplikasi Untuk Memperkecil Ukuran File Dan Folder

Aplikasi untuk memperkecil ukuran file dan folder - bagi sebagian orang, komputer atau laptop biasanya digunakan sebagai sarana untuk membantu pekerjaan sehari-hari, termasuk menyimpan atau melakukan transfer data. ketika tempat penyimpanan sebuah hard driver penuh tentu saja kita tidak akan dapat menyimpan data lainnya ke dalam hard driver tersebut.

Salah satu alternatif yang dapat kita lakukan yaitu memindahkan data tersebut, baik itu ke penyimpanan Cloud atau bisa juga kita menyimpan data tersebut ke dalam USB flashdisk. Tetapi meskipun hal tersebut dapat menjadi alternatif, kapasitas penyimpanan data tersebut mempunyai batas kapasitas penyimpanan sama seperti halnya hard drive, sehingga kita tidak dapat menyimpan semua data ke dalam media penyimpanan Cloud atau media penyimpanan lainnya.

Solusi yang mungkin akan sedikit membantu kamu agar dapat memungkinkan penyimpanan menjadi lebih hemat yaitu dengan memperkecil ukuran atau mengkompres data dan file-file tersebut. Maka dengan begitu baik itu penyimpanan hard drive atau media penyimpanan lainnya seperti yang saya sebutkan tadi tidak akan terlalu membenani batas kapasitasnya. Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa daftar software atau aplikasi untuk kompres file agar setidaknya dapat mengurangi ukuran file tersebut. berikut adalah daftar softwarenya.

Aplikasi Untuk Memperkecil Ukuran File Dan Folder



1. 7-Zip


7-Zip merupakan salah satu software untuk mengkompres atau memperkecil ukuran file yang besar. Aplikasi ini telah dapat digunakan oleh berbagai versi windows, dan juga mendukung sistem operasi 32 bit dan 64 bit. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi ringan yang tidak akan membenankan komputer kamu. Terlebih lagi aplikasi terbaik untuk memperkecil ukuran file ini dapat digunakan secara gratis.

File format yang telah di dukung oleh aplikasi ini yaitu ZIP, RAR, GZIP,CPIO, DEB, CAB, TAR, RPM, ARJ. Selain itu aplikasi ini mempunyai rasio kompresi sebesar 2 hingga 10 persen.

2. PeaZIP


Aplikasi berikutnya bernama PeaZIP. Aplikasi ini juga sama dengan aplikasi ang sebelumnya yaitu dapat kamu gunakan secara gratis karena sifatnya yang open source. Aplikasi ini juga dapat mendukung berbagai sistem operasi windows, karena pada dasarnya aplikasi ini memang khusus di desai untuk para pengguna windows.

File format yang dapat didukung oleh aplikasi ini yaitu 7ZIP,WIM, GZ, PEA, SFX, ARC, TAR, UPX, XZ, ZIP, dll. Selain itu file yang kamu kompres akan menjadi lebih aman, karena memiliki otentikasi yang kuat yang dibantu oleh Encrypted password manager. Ada lagi yang akan lebih membuat kamu tertarik, yaitu tampilannya yang user friendly dan akan membantu kamu mempermudah setiap kegiatan kompres file dan data.

3. IZArc


Aplikasi berikutnya untuk memperkecil ukuran file yaitu bernama IZArc. Aplikasi yang juga dapat kamu gunakan secara gratis ini telah mendukung kompresi dan dekompresi file, dan juga telah didukung oleh dan dekripsi file. Untuk kamu para pengguna Windows Kamu tidak usah khawatir dengan kompatibilitas dari software ini karena software ini kompatibel hampir dengan semua versi Windows.

Aplikasi ini banyak sekali mendukung format file seperti misalnya, ZIP, TAR, TZ, LHZ, UUE, ISO, C2D, NRG, WIM, GZ, PEA, UPX, XZ, LHA, CDI, WAR, TGZ, dll. Selain itu aplikasi ini juga sangat mudah untuk digunakan dan bahkan memungkinkan kamu untuk melakukan Drag and drop sebuah file ke dalam aplikasi. Terlebih lagi aplikasi ini juga dapat berperan sebagai converter karena dapat mengubah sebuah format file menjadi format lainnya hanya dengan menggunakan aplikasi ini.


Aplikasi untuk memperkecil ukuran file yang tidak kalah dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya yaitu bernama ZIP Genius. Aplikasi ini juga dapat kamu gunakan secara gratis meskipun untuk penggunaan komersial. Selain itu aplikasi ini telah banyak sekali mendukung banyak format file seperti misalnya ZIP, TAR, HGZ, RAR, WAR, 7ZIP, ISO, NRG, CDI, dan lainnya.

Tidak hanya sampai disitu saja aplikasi ini juga telah menyediakan converter yang dapat memungkinkan kamu Untuk mengubah image CD yang dapat kamu jadikan menjadi file ISO apapun juga sebaliknya. Untuk masalah keamanan kamu juga dapat mempercayakan pada aplikasi ini, Karena aplikasi ini telah mendukung enkripsi file 128 bit, dan juga aplikasi ini menggunakan enkripsi CZIP, agar data atau file kamu terlindungi dari akses yang tidak sah.

5. Zip it


Aplikasi untuk kompres file terakhir yaitu bernama Zip It. Aplikasi ini menurut saya pribadi memiliki tampilan yang sangat user friendly yang sangat mudah sekali untuk digunakan. Aplikasi ini telah mendukung pembuatan enkripsi file, dan juga self-extracting Zip. Selain itu aplikasi ini juga telah mendukung dan juga sangat mudah untuk diintegrasikan ke dalam shell windows, sehingga dapat memberikan dukungan Drag and drop, dan telah bila di akses cepat ke fungsi Zip melalui menu yang tersedia pada konteks Windows Explorer.

Itulah aplikasi untuk memperkecil ukuran file dan folder yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat, Terima kasih.
Reactions

Post a Comment

0 Comments