Macam-Macam Ekstensi Atau Plugin Gratis Untuk Photoshop

Macam-macam ekstensi atau plugin gratis untuk photoshop - Adobe Photoshop merupakan salah satu aplikasi editing foto atau editing grafis yang sangat populer di kalangan para editor karena memiliki banyak sekali fitur dukungan yang sangat bermanfaat. Pada Dasarnya Adobe Potoshop tidak membutuhkan ekstensi tampahan untuk mengedit sebuah foto ataupun grafik, karena fitur bawaan yang tersedia pun sudah cukup jika hanya digunakan untuk editing biasa pada umumnya.

Selain kita harus mempunyai keahlian editing foto untuk Mendapatkan hasil editing yang maksimal dengan menggunakan photoshop, ada baiknya kita juga menggunakan beberapa plugin tambahan yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan fitur yang tidak tersedia didalam aplikasi bawaan, agar editing yang kamu kerjakan lebih terlihat lebih profesional lagi.

Pada artikel ini saya akan membahas beberapa plugin yang sering sekali digunakan oleh para editor photoshop profesional dan juga kegunaan darai masing-masing plugin seperti yang akan saya sampaikan berikut.

Macam-Macam Ekstensi Atau Plugin Gratis Untuk Photoshop



1. Boundary Noise Reduction


Tentunya kita sudah tidak asing lagi dan sering sekali mendengar kata noise bukan? dimana terdapat seperti titik atau piksel warna yang tentu saja tidak kita inginkan dari sebuah foto atau gambar.

Dengan menggunakan plugin yang satu in dapat memungkinkan kamu untuk menyederhanakan pekerjaan editing untuk mengapus noise yang terdapat dari gambar DSLR atau Scan film. Meskipun pada dasarnya plugin ini merupakan sebuah filter yang telah dilengkapi dengan “Smooth Area Detector”.

2. White Balance/ Highlight Recovery


Plugin yang satu ini sangat bagus untuk digunakan pada sebuah foto yang dominan memiliki warna putih. Karena plugin ini berguna untuk membantu menyeimbangkan tingkat warna putih pada sebuah foto.

3. CSS3Ps


Jika pada photoshop kamu menggunakan CSS3 dalam membuat sebuah desain, tentunya kamu akan tertarik untuk menggunakan plugin yaang berbasis cloud ini. Karena dengan plugin ini dapat memungkinkan kamu untuk melakukan konversi layer ke kode CSS3 yang langsung dari photoshop.

4. VirtualPhotographer


Jika kamu membutuhkan style yang lebih, kamu harus menggunakan plugin yang satu ini, karena plugin ini sangat bagus untuk menambahkan style agar gambar yang kamu edit lebih terlihat seperti hasil profesional.

Dengan Plugin VirtualPhotographer dapat memungkinkan kamu untuk melakukan penysuaian terhadap kecerahan, ambiance, contrast warna, film grain, dan fokus. Terlebih lagi plugin ini juga dapat kamu gunakan untuk menambahkan efek dengan kualitas yang tinggi, membuat portrait effects yang menakjubkan, mengkonversi gambar menjadi hitam putih, dan  masih banyak hal lainnya yang dapat kamu lakukan.

5. Cut&Slice me


Plugin yang satu in merupakan plugin yang mutakhir, dengan menggunakan plugin ini dapat memungkinkan kamu untuk memotong dan juga mengekspor file ke perangkat yang berbeda dengan menggunakan format file PNG sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Selain dapat digunakan untuk mengekspor file ke perangkat komputer, kamu juga dapat melakukan ekspor ke perangkat smartphone seperti android dan iOS.

6. Long Shadow Generator


Plugin Photoshop berikutnya ada plugin yang memungkinkan kamu untuk membuat bayangan yang panjang dengan sangat mudah, yaitu dengan hanya satu klik saja.

Kamu dapat mengkreasikan kreatifitas kamu dengan menggunakan plugin ini untuk membuat efek yang sangat rapi. selain itu plugin ini juga dapat kamu gunakan untuk melakukan penyesuaian terhadap panjang dan tingkat opacity, mengubah sudut, memilih hitam atau putih, juga pilihan flatten atau gradien.

7. Web Fonts Fonts.com


Seperti yang kita ketahui photoshop memang telah hadir dengan banyak sekali pilihan font yang dapat kamu gunakan. namun jika kamu tidak dapat menemukan font yang kamu cari, kamu dapat menggunakan plugin yang satu ini untuk menambahkan teks baru ke dalam photoshop.

8. Composer


plugin berikutnya dapat memungkinkan kamu untuk melakukan update terhadap beberapa lapisan comp atau layer compositions dengan sangat mudah, dan plugin tersebut bernama Composer.

9. Tint Plug-in


Dalam sebuah kreasi, terkadang merubah hal kecil seperti misanya saja mengubah warna pada sebuah gambar, hal tersebut dapat membuat perubahan dan kesan sangat besar. Dengan menggunakan plugin ini dapat memungkinkan kamu untuk menambahkan berbagai efek artistik dengan menggunakan bleach bypass, warm/cool filter, sepia tone, dan masih banyak lagi.

Selain itu dengan plugin ini kamu dapat melakukan konversi gambar menjadi hitam putih, dan juga di dalamnya terdapat slider yang akan membantu kamu untuk menyesuaikan secara manual seperti misalnya brightness, contrast, tint strength, tint hue, dan saturation.

10. ON1 Effects


Plugin yang satu ini hampir sama dengan plugin yang bernama VirtualPhotographer. yaitu dapat memungkinkan kamu agar dapat meningkatkan kualitas dari sebuah gambar dengan cara menambahkan style atau efek.

Dan yang lebih hebatnya lagi kamu dapat menggabungkan efek agar dapar menghasilkan tampilan yang unik. Terdapat lebih dari 70 efek, border, tekstur, dan masaih banyak lagi.

Itu tadi Macam-macam ekstensi atau plugin gratis untuk photoshop yang dapat kamu gunakan agar menjadikan kamu seperti editor yang handal. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments