5 Aplikasi Android Untuk Petani Terbaik

Aplikasi android untuk petani terbaik - Halo sahabat blogger, pada saat ini kemajuan informasi dari ke hari semakin berkembang sangat canggih dan akan terus meningkat dari hari ke hari dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Teknologi terus menyajikan kemudahan-kemudahan untuk membantu setiap pekerjaan keseharian untuk mencari informasi. Tetapi sangat disayangkan pada saat ini hanya beberapa kalangan saja yang telah dapat memperdayakan teknologi tersebut seperti misalnya kalangan pelajar, para karyawan, pebisnis muda, dan juga ibu rumah tangga modern. Saya kira di luar kalangan tersebut, seperti misalnya orang yang berprofesi sebagai petani generasi dahulu mungkin masih belum dapat menikmati kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini sedang berkembang untuk membantu mengelola pertanian.

Memang hal tersebut sangat sekali disayangkan, karena bidang pertanian merupakan salah satu ujung tombak keberhasilan dari pangan Indonesia. Meskipun begitu seharusnya orang-orang yang berprofesi sebagai petani harus mencari berbagai informasi ataupun kita sendiri yang harus berbagi informasi kepada mereka mengenai media komunikasi yang mudah sekali untuk digunakan ini.

Dengan teknologi yang tidak ada hentinya berkembang, banyak sekali aplikasi aplikasi yang berbasis mobile bermunculan, yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berprofesi sebagai petani. Terlebih lagi di dalam aplikasi aplikasi yang banyak tersedia untuk perangkat Android, banyak sekali panduan-panduan bertani yang benar untuk meningkatkan hasil produktivitas para petani. Jika anda ingin mengetahui Aplikasi Android terbaik untuk para petani, Anda bisa simak ulasannya seperti berikut.

5 Aplikasi Android Untuk Petani Terbaik



1. Rice Doctor


Aplikasi pertama ada aplikasi yang telah dikembangkan oleh International rice research Institute (IRRI). Aplikasi yang satu ini akan membantu para petani padi yang ingin mengembangkan pertanian padi nya menjadi lebih baik. Selain kamu dapat menggunakan aplikasi ini kamu juga dapat mengunjungi langsung melalui situs resminya pada www.knowledgebank.irri.org untuk informasi lebih lengkapnya.

Mengenai aplikasi Rice Doctor ini, dalamnya terdapat hampir 100 permasalahan yang umumnya sering terjadi pada tanaman padi, seperti diantaranya defisiensi atau kekurangan unsur hara makro dan mikro, keracunan unsur Al dan Fe, serangan hama dan penyakit, faktor genetik, faktor lingkungan, dan masalah seputar padi lainnya.

Pada setiap permasalahan yang terjadi pada padi di dalam aplikasi ini mempunyai gambar yang akan mempermudah anda untuk mencocokkan dengan permasalahan yang terjadi pada tanaman padi Anda secara langsung. Selain itu untuk edukatif aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan pengertian, waktu terjadi, penyebab, dan juga disertai dengan solusi permasalahan yang terjadi.

Tetapi pada saat ini versi dari aplikasi ini hanya menyediakan bahasa Inggris saja, namun dengan harinya aplikasi ini diharapkan dapat membantu para petani untuk meningkatkan kualitas padi dan juga menghindari kegagalan panen pada tanaman padi para petani.

2. Mata Daun


Aplikasi berikutnya ada aplikasi yang telah dikembangkan oleh anak bangsa yang bernama mata daun. Aplikasi mata daun ini mempunyai tujuan yang sangat baik yaitu agar para petani dapat menghitung Berapa banyak jumlah pupuk yang dibutuhkan pada setiap masing-masing jenis tanaman, sehingga dengan menggunakan aplikasi ini akan mempermudah pekerjaan para petani menghitung biaya dalam produksinya.

Dan yang lebih menariknya lagi aplikasi ini dapat kita gunakan untuk menghitung jumlah dengan cara memfoto daunnya dari tanaman yang kita tanam, yang nantinya aplikasi ini akan mendeteksi warna dari daun dan juga mengukur nitrogen dan kadar klorofil yang terdapat dalam daun tersebut.

Setelah kita memotret daun dari tanaman yang kita tanam, nantinya hasil dari apa yang kita butuhkan akan muncul pada layar smartphone Android. Mungkin bagi Anda yang belum mencoba menggunakan aplikasi di aplikasi ini terbilang mustahil namun pada nyatanya aplikasi mata daun ini telah diuji dan memiliki ketepatan hingga 80% jika kita bandingkan dengan alat buatan Jepang yang sangat mahal hingga 20 juta rupiah. Tetapi untuk menggunakan aplikasi ini persaratan yang dibutuhkan oleh smartphone Android yang kamu gunakan yaitu minimal versi 4.0 dan menggunakan prosesor minimal 1 GB, dan juga ROM 2GB serta kamera 5 MP.

3. Petani


Aplikasi Android untuk pertanian berikutnya yaitu bernama Petani. Dengan menggunakan aplikasi ini dapat memudahkan anda untuk melakukan pertukaran informasi dengan para pakar pertanian. Sehingga jika anda mengalami kesulitan dalam membudidayakan sebuah tanaman, Anda dapat berkonsultasi bersama para pakar tanaman secara langsung. Dengan menggunakan aplikasi ini anda dapat mengirimkan foto dari kondisi tanaman yang anda budidayakan dan beserta titelnya ke dalam aplikasi, kemudian nantinya para pakar pertanian akan segera menjawab permasalahan yang terkait dengan masalah anda. Jika disimpulkan aplikasi ini diibaratkan sebagai sebuah forum online untuk para petani berbagi informasi.

Selain itu aplikasi ini dapat anda gunakan untuk membagikan hasil panen yang disertakan dengan harga dan juga dapat menjualnya ke pembeli langsung tanpa adanya perantara. Aplikasi yang bernama petani ini dapat berjalan dengan baik pada sistem Android minimal versi 2.2 dan mempunyai ukuran yang sangat kecil yaitu 5.5 MB saja.

4. TaniHub


Aplikasi Android untuk pertanian berikutnya yaitu bernama tanihub. Aplikasi yang dirilis sekitar tahun 2015 ini mempunyai tujuan untuk memberikan keadilan bagi para petani agar terbebas dari perantara atau tengkulak yang selalu bermain harga dan juga menekan para petani. Untuk itulah aplikasi ini dirancang agar dapat menghasilkan hasil dari budidaya tanaman mereka secara langsung tanpa perantara.

5. LimaKilo


Aplikasi Android untuk petani terakhir yang dapat saya sampaikan yaitu limakilo. Aplikasi yang mendapatkan gelar juara pertama ini pada dasarnya hampir sama dengan tanihub, yaitu layanan yang satu ini berusaha untuk menghilangkan peran dari perantara atau tengkulak dalam distribusi bahan pangan. Dengan adanya layanan dari LimaKilo, petani dapat secara langsung berhubungan dengan konsumen yang ingin menikmati hasil panen para petani.

Dengan adanya aplikasi limakilo ini sistem transaksi pun menjadi terbuka lebih lebar sehingga akan dapat menguntungkan kedua belah pihak hingga akhirnya kedua belah pihak mendapatkan harga yang optimal pada transaksi yang mereka lakukan. Selain para petani dapat melakukan transaksi secara langsung, para pengguna juga dapat melakukan pre-order dari hasil pertanian tersebut, atau dapat juga melakukan penawaran atas hasil dari pertanian tersebut. Yang intinya aplikasi ini akan menjadi tempat jual-beli para petani agar lebih menguntungkan.

Aplikasi tersebut bisa anda download di Google Play Store secara gratis untuk membantu anda dalam bidang pertanian. Itulah 5 aplikasi Android untuk petani terbaik yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini. Semoga dengan adanya aplikasi ini dapat membantu para petani lebih produktivitas. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Aplikasi Android Untuk Petani Terbaik"

Post a Comment