Tutorial Cara Memberi Password Pada Flashdisk Menggunakan BitLocker

Memberi password pada flashdisk menggunakan bitlocker - Halo sahabat blogger. Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan pengganti hardisk eksternal yang sangat bermanfaat bagi kamu yang suka bepergian keluar rumah. Karena ukuran flashdisk lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran hardisk eksternal. Maka tidak heran flashdisk menjadi pilihan banyak orang sebagai media penyimpanan portable.

Tetapi karena sering sekali orang menjadikan flashdisk sebagai media penyimpanan portable. Pada saat ini banyak sekali orang-orang jahil yang terkadang mengotak-atik isi dari flashdisk tersebut. Tentunya kita juga tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mengunci flashdisk agar tidak ada orang yang mengganggu aplikasi kita yang ada di dalam flashdisk tersebut.

Untuk mengunci flashdisk yang akan saya bagikan Pada kesempatan kali ini, kita akan membutuhkan fitur yang disediakan oleh Windows bernama bitlocker. Dengan menggunakan fitur ini dapat memungkinkan kita untuk memberi password pada flashdisk dengan sangat mudah. Untuk tutorial lebih lengkapnya kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut.

Tutorial Cara Memberi Password Pada Flashdisk Menggunakan BitLocker



1. Pertama tentu saja flashdisk yang akan kita beri password harus terpasang terlebih dahulu pada PC atau laptop.
2. Kemudian kamu masuk ke control panel -> system and security -> bitlocker Drive encryption. Atau agar kamu lebih mudah untuk menemukannya kamu bisa ketikkan "bitlocker drive encryption" pada pencarian menu start.


3. Kemudian setelah itu akan muncul jendela baru. Pada jendela tersebut kamu dapat memasukkan password sesuai dengan keinginan kamu yang dilanjutkan dengan menekan next.


4. Setelah itu jika kamu ingin membackup data yang ada pada flashdisk tersebut, kamu hanya perlu pilih "Save to a file". Dengan fungsi tersebut, nantinya kamu dapat me-recovery password jika suatu saat kamu lupa password yang kamu masukkan, kemudian dilanjutkan dengan klik next.


5. Untuk melanjutkan proses enkripsi, klik next kembali untuk memulai proses. Kemudian tunggu hingga prosesnya selesai dan muncul pop-up complete.



Menguji Flashdisk Yang Sudah Di Password Dengan Bitlocker


Tentu saja untuk menguji apakah flashdisk yang sudah di password tadi sudah benar-benar di password atau tidak sangatlah penting, karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap keamanan dari flashdisk yang kita miliki berikut adalah cara-caranya :

1. Pertama kamu Coba akses flashdisk yang telah kamu beritahu tadi. Jika ketika kita akan mengakses flashdisk tersebut dan muncul Pop-up yang meminta kita untuk memasukkan password, Hal tersebut berarti kita sudah berhasil memberi password pada flashdisk yang kita miliki seperti pada gambar berikut :


2. Jika kamu lihat pada gambar berikut berarti berarti sudah dapat kita akses kembali.


Itu tadi tutorial cara memberi password pada flashdisk menggunakan bitlocker, dengan menggunakan cara tersebut kita tidak membutuhkan software untuk mengunci flashdisk. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk mengamankan flashdisk kita dari tangan-tangan jahil. Terima kasih
0 Komentar untuk "Tutorial Cara Memberi Password Pada Flashdisk Menggunakan BitLocker"

Back To Top