Cara Format Hardisk External Ke FAT32 Lewat CMD

Cara format hardisk external ke fat32 - Halo sahabat blogger. Apakah pada saat ini Kami sedang membutuhkan bantuan untuk cara merubah format hardisk eksternal dari NTFS ke format fat32? Pada umumnya, hardisk pada zaman sekarang selalu menggunakan format ntfs. Namun pada tutorial kali ini saya akan berbagi cara agar hardisk eksternal dapat dirubah formatnya ke FAT32.

Mungkin pada saat ini ntfs merupakan pilihan utama yang sering digunakan untuk menjadi format media penyimpanan. Karena sebagian orang menyebutkan bahwa FAT32 lemah dalam keamanannya jika dibandingkan dengan ntfs. Tetapi bukan tanpa alasan bukan kamu membutuhkan bantuan untuk mengubah format hardisk dari ntfs ke fat32? Misalnya saja seperti untuk menginstal game PS ke dalam hardisk tersebut, Selain itu ada juga sebagian orang yang biasanya menyimpan data game PS3 di dalam hardisk.

Agar kamu dapat melakukan format hardisk dari ntfs ke fat32, kamu bisa langsung saja ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Format Hardisk External Ke FAT32 Lewat CMD


Sebelum kita ke pokok pembahasan inti, sebaiknya kamu harus mengetahui bahwa untuk merubah format dari hardisk, dapat dengan mudah kita lakukan dengan menggunakan beberapa tools yang telah disediakan oleh beberapa produsen. Dengan menggunakan tools yang telah disediakan oleh produsen hardisk tersebut, maka dapat dengan mudah kita mengubah hardisk yang Bahkan ukurannya melebihi dari 32 GB untuk fat32. Nama tools tersebut yaitu : Seagate DiscWizard & Western Digital FAT32 formatting tool.

Tetapi jika kamu tidak ingin menginstal sebuah aplikasi pada komputer Kamu dapat mengikuti tutorial berikut untuk mengubah format dari hardisk eksternal tersebut :

1. Pertama kamu buka command prompt terlebih dahulu, dengan cara ketikan CMD melalui Run ataupun pencarian start.
2. Setelah program command prompt terbuka kemudian kamu ketikkan perintah berikut :
FORMAT /FS:FAT32 O:

O: yang ada pada dalam perintah tersebut yaitu Di mana letak dari hardisk eksternal yang kamu hubungkan komputer atau laptop, kamu harus mengganti O: yang ada pada perintah tersebut dengan hardisk eksternal yang terhubung pada komputer atau laptop.

3. Setelah kamu masukkan perintah lalu tekan enter, kemudian proses format akan dimulai. Tetapi sebelumnya pada dialog tersebut akan muncul konfirmasi. Jika kamu yakin ingin memformat hardisk tersebut kamu harus masukan Y. Tetapi jika kamu ingin membatalkannya kamu hanya perlu masukkan N.


Harus kamu ketahui, Jika kamu akan mengubah format hardisk maka data yang ada pada hari tersebut semua akan hilang. Selain itu, dalam proses format waktu yang dibutuhkan bisa sangat lama dan bahkan hingga berjam-jam. Dan juga terkadang proses format gagal beberapa kali sebelum akhirnya berhasil. Kalau saya sendiri menyarankan Jika kamu tidak ingin menunggu berjam-jam, maka sebaiknya kamu menggunakan salah satu software yang dapat kamu gunakan untuk mengubah format ntfs ke fat32 yaitu bernama Verbatim Smartdisk FAT32 Utility.

Demikian cara format hardisk external ke FAT32 yang dapat saya Uraikan Pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu untuk mengubah format hardisk eksternal. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments