Tutorial Cara Menambah Kapasitas RAM Android Dengan Memori Eksternal

Cara menambah kapasitas ram android dengan memori eksternal - Halo sahabat blogger. Bagi beberapa pengguna android, saya yakin kamu pernah mengalami masalah-masalah performa smartphone android. Seperti misalnya saja hang, force close atau aplikasi keluar sendiri, lambatnya kinerja android ketika melakukan multi tasking, dan masih banyak lagi masalah yang terkait seputar dengan masalah RAM.

Pada umumnya hal tersebut bukanlah terjadi karena kerusakan RAM, tetapi RAM yang disematkan pada smartphone android yang kita gunakan bisa dikatakan kecil, sehingga terjadilah masalah-masalah tersebut. Mungkin jika hal ini terjadi pada komputer atau laptop kita dapat menambahkan RAM dengan mudah, yaitu kita hanya perlu membeli RAM dengan kapasitas yang dapat kita tentukan sendiri. Tapi pertanyaannya, bagaimana caranya kita dapat menambahkan kapasitas RAM android?

Mungkin hal ini bisa dikatakan cukup mustahil untuk kita lakukan. Akan tetapi pada nyatanya ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menambah kapasitas RAM android dengan cara-cara yang cukup simple. Apa saja yang harus dilakukan untuk menambahkan RAM android? kamu bisa cari tahu selengkapnya pada ulasan berikut :

Tutorial Cara Menambah Kapasitas RAM Android Dengan Memori Eksternal



Pada dasarnya cara yang paling mudah untuk menambah RAM dengan menggunakan memori external kita harus melakukan rooting terlebih dahulu pada smartphone android kita. akan tetapi saya juga akan memberikan informasi menambahkan RAM android tanpa root. berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara ke 1 : Menambah RAM Android Dengan Roehsoft RAM Expander (SWAP) Tanpa Root


Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menambahkan RAM android yang dengan bantuan aplikasi yang bernama Roehsoft RAM Expander (SWAP). Dengan aplikasi ini dapat memungkinkan kita sebagai pengguna untuk membuat sebuah partisi yang layaknya seperti sebuah hardisk komputer dengan menggunakan kartu memori eksternal. Untuk lebih mudahnya kita akan membuat RAM cadangan dengan menggunakan aplikasi ini.

Fitur yang ditawarkannya pun sangatlah banyak, di antara fiturnya kamu dapat lihat seperti berikut :
  • Swapfile RAM ekspansi hingga 4,0 GB
  • Upgrade RAM Dengan SD Card (SWAP RAM / SWAP MEMORY)
  • Mengurangi lagging pada SD Card diatas 8GB
  • Tidak ada batas pada partisi SWAP!
  • Detil Memory Informasi & Analisis
  • Widget untuk PNP swap
  • swappiness parameter kernel set
  • Autorun
  • Mendukung untuk semua ponsel Android
  • Mudah digunakan dan bahkan sangat mudah
Jika misalnya kamu tidak merasakan adanya efek dari menggunakan aplikasi ini. mungkin kamu dapat menggunakan cara alternatif pada cara berikutnya.

Cara Ke 2 : Menambahkan RAM Android Root


Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya akan menggunakan 2 metode, yaitu root dan tanpa root. nah pada metode ke 2 ini kita akan menggunakan cara menambahkan RAM android Root. Selain root kamu juga harus memenuhi persyaratan berikut :
  • Perangkat Komputer dengan OS Windows
  • SD Card reader yang kompatibel
  • Pastikan bahwa Anda memiliki SD Card diatas 4GB

Jika syaratnya sudah siap, kamu bisa ikuti langsung langkah-langkah berikut :

Langkah 1: Memeriksa Kompabilitas Ponsel


Sebelum kita ke cara intinya, pertama kita harus melakukan pemeriksaan smartphone android yang kita gunakan terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa smartphone android yang akan kita gunakan telah mendukung metode ini atau tidak. caaranya cukup mudah kok, kamu hanya perlu menggunakan aplikasi Memory Info & Swap Check

Langkah 2: Memilih Micro SD Card Sebagai RAM


Cara ke ini akan melibatkan komputer atau laptop yang kamu miliki sebagai alat untuk melakukan partisi kartu memori/SD Card. Untuk melakukannya kamu membutuhkan software yang bernama Mini tool partition wizard.


  • Jika softwarenya sudah di download, selanjutnya kamu hubungkan memori card dengan menggunakan Card Reader.
  • Kemudian kamu buka Mini tool partition wizard di komputer atau laptop, Lalu format kartu memori/ SD Card yang sudah terhubung ke laptop atau komputer.
  • Buatlah partisi dengan cara klik kanan pada SD Card yang terhubung dengan komputer. lalu pilih partisi sebagai partition primary dan system file yang berformat sebagai FAT32 untuk kartu yang memiliki kapasitas lebih dari 4GB.
  • Klik ‘Done’ kemudian pilih primary partition, namun mengubah sistem filenya ke EXT2, EXT3 atau EXT4.
  • Kemudian terakhir, Terapkan semua perubahan sampai pembuatan partisi selesai.

Langkah 3: Pasangkan SD Card ke Perangkat Android Anda.


Jika langkah ke 2 sudah dilakukan, berikunya pasangkan Micro SD ke hp android yang sudah di root. Kemudian kamu download aplikasi Link2SD, aplikasinya dapat kamu download di Google Play Store. kamu bisa download disini.

Setelah di download terima izin akses root dan pilih "Ext".

Langkah 4: Tingkatkan RAM untuk Perangkat Android Anda


Cara terakhir untuk meningkatkan RAM android yaitu kita membutuhkan bantuan aplikasi bernama Swapper for Root. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk membuat RAM dari memori external. download aplikasinya pada link berikut yang akan menuju ke Google Play Store : Download Swapper & Tools

Dengan begitu kamu sudah berhasil cara menambahkan kapasitas ram android dengan memori eksternal. demikian artikel ini saya akhiri, Terima kasih
https://ofamni.com/menambah-ram-android/
0 Komentar untuk "Tutorial Cara Menambah Kapasitas RAM Android Dengan Memori Eksternal"

Back To Top