Cara Mengatasi DNS Not Responding Windows 10

DNS not responding Windows 10 - Halo sahabat blogger. Jika kita ingin mengakses sebuah situs atau website apapun di internet, maka tentunya kita perlu mengakses server DNS terlebih dahulu. Jika server DNS telah menerima permintaan kita, makanannya kita akan diarahkan ke sebuah situs atau website yang kita inginkan. Seperti yang kita ketahui siapkan DNS merupakan salah satu komponen yang penting ketika kita akan mengakses internet. Akan tetapi, ada beberapa kejadian yang sering terjadi pada pengguna internet.

Permasalahan yang sering terjadi tersebut yaitu tidak ada respon dari DNS server atau DNS server is not responding. Ada beberapa faktor faktor yang dapat menyebabkan DNS server isn't responding yaitu seperti misalnya saja driver yang terinstal pada komputer kita sudah tidak update. Jika memang misalnya driver yang terinstal pada komputer kamu tidak aktif kamu dapat mendownload aplikasi untuk update driver yang dapat kamu cari di Google.

Jika misalnya error DNS server is not responding belum dapat teratasi ketika kamu sudah mengupdate driver, ada 2 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu seperti berikut :

Cara Mengatasi DNS Not Responding Windows 10



Cara ke 1 : mengubah DNS server secara manual


Ketika kita sedang mencoba untuk mengakses sebuah situs atau website tertentu, biasanya secara otomatis akan terhubung ke server DNS ISP yang kamu gunakan. Tetapi terkadang, hal tersebut error karena server DNS ISP yang kamu gunakan sedang mengalami masalah. Jika memang demikian, kamu dapat melihat DNS server not responding pada troubleshooting. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut yaitu dengan cara mengubah server DNS yang kamu gunakan menjadi Open DNS atau Google DNS. Untuk langkah-langkahnya kau bisa lihat seperti langkah berikut :

1. Pertama kamu buka network connections, yaitu dengan cara Klik Kanan pada Start menu atau yang lebih muda lagi dengan cara menekan Windows + X pada keyboard.


2. Setelah itu kamu temukan koneksi jaringan yang kamu gunakan lalu Klik Kanan dan pilih properties dari menu.


3. Ketika Cinta Tak ada yang muncul Kemudian kamu pilih internet Protocol version 4 (TCP/IPv4). Lalu Klik tombol properties.


4. Kemudian kamu pilih use the following DNS server addresses.

5. Pada bagian "As Preferred DNS server" masukkan 8.8.8.8. dan pada bagian "Alternate DNS server", kamu masukkan 8.8.4.4. atau kamu juga dapat memasukkan 208.67.222.222. sebagai Preferred DNS server dan alternate DNS server dengan 208.67.220.220


6. Kemudian setelah selesai kamu klik ok untuk menyimpan perubahan

7. Setelah itu kami putuskan koneksi internet, kemudian hubungkan kembali. Dan jika sudah kamu coba lihat hasilnya Apakah Masalah dapat teratasi atau tidak.

Cara ke 2 : Masukkan alamat MAC Anda secara manual


Setiap perangkat keras jaringan yang kita gunakan mempunyai alamat MAC yang unik dan telah ditetapkan untuk itu. Menurut pengguna, terkadang kita dapat memperbaiki server DNS notresponding hanya dengan cara memasukkan alamat MAC pada komputer secara manual. Untuk mengganti MAC address kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut :

1. Tekan tombol Windows + X dan kemudian pilih Command Prompt (Admin).


2. Saat Command Prompt muncul, masukkan ipconfig / all lalu tekan Enter.

3. Nantinya akan muncul daftar informasi. Cari Alamat Fisik dan catat.

4. lalu tutup Command Prompt.

Setelah MAC address diketahui, maka kamu perlu mengkonfigurasi koneksi jaringan internet kamu. Untuk melakukannya, kamu bisa ikuti langkah berikut:

1. Buka Network Connections. Kemudian kamu cari koneksi yang kamu gunakan lalu buka propertinya.

2. Saat jendela Properties muncul, klik Configure.


3. Lalu kamu buka tab Advanced kemudian pilih Network Address dari daftar Property.

4. Setelah itu pilih Value dan kemudian masukkan alamat MAC yang kamu dapatkan dari Command Prompt. Pastikan kamu tidak memasukkan tanda hubung apapun ketika memasukkan alamat MAC Anda.


5. Terakhir Klik OK untuk menyimpan perubahan.

Untuk saya pribadi, cara ke 2 ini merupakan cara yang paling efektif untuk mengatasi not responding windows 10 yang saya gunakan. jika kamu menggunakan windows 7 atau windows 8, kamu juga dapat menggunakan cara ini untnuk memperbaiki error DNS server not responding. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi DNS Not Responding Windows 10"

Post a Comment