Cara Mengatasi "a disk read error occurred" di komputer windows 7


Anda pernah mengalami kondisi seperti ini pada komputer anda??
Pasti anda sempat bingung dan searching di google lalu menemukan artikel ini, hehe
maka dari itu troublekit akan mencoba membahas tentang cara mengatasi a disk read error occurred pada komputer.

Kadang kita selalu mengambil tindakan untuk menginstall ulang komputer atau laptop, namun jika anda yang mempunyai data penting yang belum tersimpan di tempat yang aman mungkin anda akan berpikir berulang kali untuk melakukan install ulang pada komputer anda. hal yang anda lakukan mungkin akan pergi ke tempat service komputer atau semacamnya.
namun sebelum anda ergi ke tempat service komputer ada baiknya memeriksa keadaannya terlebih dahulu, jika memungkinkan anda akan bisa memperbaiki masalahnya sendiri, selain hemat kita juga akan mendapatkan pembelajaran ^_^

ada beberapa cara mempaiki a disk read error occurred yang pernah saya lakukan dan berhasil untuk mengatasi hal tersebut dan bisa anda coba di rumah, namun saya ingatkan untuk membaca artikel ini dengan tenang agar tidak ada kesalahan saat memperbaikinya ok 😉

Cara Pertama

Periksa pada bagian hardware komputer anda. anda bisa coba untuk mencabut semua kabel yang tersambung dengan motherboard anda. lalu bersihkan semua bagian-bagian yang ada pada komputer anda dari debu atau kotoran-kotoran lainnya. mungkin terjadinya error bisa saja terjadi karena hal itu.

Lalu cek juga kable hardisk pada komputer ataupun kabel data yang tersambung dari motherboard, karena biasanya kabel terbeut kendor atau mengalami kerusakan pada kabelnya, anda bisa mencoba cabut dan pasang kembali kabel tersebut. juga bisa mengganti kabel tersebut dengan kabel lain jika anda punya untuk mencoba kondisi kabel yang menyambungkan antara motherboard ke hardisk.

Cara Kedua

Jika cara pertama belum bisa mengatasi a "disk error accurred". anda bisa coba dengan cara berikutnya. dengan cara mereset BIOS ke default. untuk mereset BIOS yang anda lakukan adalah mencabut kabel power, kemudian buka casing dan cari tempat dimana baterai CMOS yang ada pada motherboard. setelah anda menemukan baterai tersebut, kemudian angkat baterai CMOSnya.


Setelah baterai tercabut, anda tekan tombol power kira-kira selama 10-15 detik dalam keadaan kabel power yang masih belum tersambugn. tujuannya adalah agar listrik atau arus pada kapasitor tidak tersisa, setelah itu pasang kembali baterai CMOS pada tempatnya sepeti semula. setelah itu nyalakan komputer untuk masuk ke menu BIOS, kemudian akan di arahkan mengatur ulang pengaturan, seperti waktu, tanggal, dan lainnya pada menu BIOS

Cara Ketiga

Cek pada bagian Softwarenya. mungkin cara ini adalah cara yang sederhana yang sudah berhasil dan bisa anda coba sendiri.
caranya masuk ke menu BIOS pada saat restart / menyalakan komputer tekan tombol Delete atau bisa juga tekan F2 / F10/F11/F11 setiap komputer akan berbeda sesuai dengan merk merk dari motherboard yang digunakan dan biasanya ada tombol di sudut layar monitor untuk tombolnya. lalu setelah masuk menu BIOS anda masuk ke pengaturan kemudian rubah settingan ke pengaturan default.




Jika masih terjadi masalah "a disk read error occurred press ctrl+alt+del to restart", kita bisa coba cara berikutnya.

Baca Juga : Cara Melakukan System Restore Di Windows 10

Cara Keempat

Repair windows instalation.
Jika anda ingin menggunakan cara ini, anda harus mempunyai instalasi dari windows yang anda gunakan.
Langkah-langkahnya dengan cara booting komputer anda seperti anda akan menginstall windows, namun pada proses ini kita jangan pilih install ulang, pilih menu repair windows seperti gambar yang ada di bawah.


Selanjutnya anda tinggal mengikuti instruksi yang ada di menu windows repair trersebut. tujuan windows repair ini adalah mengganti seluruh file windows dengan sistem windows yang baru (hanya sistem operasinya saja), sehingga sistem yang ada komputer anda akan kembali normal.

Terima kasih sudah berkunjung, semoga apa yang menjadi masalah temen-temen bisa teratasi ^_^
Reactions

Post a Comment

0 Comments