Cara Membagi Partisi Hardisk Tanpa Harus Install Ulang Windows

Cara membagi partisi hardisk tanpa harus install ulang - Membagi partisi hardisk kadang akan sangat berguna untuk sobatyang ingin membagi pastisi untuk file-file khusus, misalnya temen-temen ingin membagi partisi Disk (C;) untuk program dan install OS, Disk (D;) khusus untuk pekerjaan, Disk (E;) untuk tugas sekolah, dll lainnya. Jadi kesimpulannya membagi partisi memungkinkan pengguna untuk mengatur file-file / data-data sehingga tertata rapi atau untuk kebutuhan lainnya.

Buat temen-temen yang belum tahu cara membagi partisi bisa ikuti langkah-langkah berikut :

1. Pada langkah awal klik menu star nanti kita akan menemukan "File Explore" Kemudian klik kanan pada "File Explore" nanti akan ada menu pilihan "Manage", klik "Manage" tersebut seperti yang pada gambara dibawah


2. Setelah itu akan muncul Tab baru seperti berikut :


3. Klik "disk management" yang ada di dalam menu "storage" akan muncul data partisi, kemudian klik kanan pada partisi yang akan kita bagi, lalu pilih menu Shring volume...


4. Setelah itu akan muncul tab untuk membagi besarnya kapasitas partisi yang akan kita bagi. yang harus kita ingat satuan pada tab tersebut adalah MB / megabyte jadi 1500 yang saya masukan 1500 MB / sekitar 1.5 GB(Gigabyte). contohnya bisa di lihat pada gambar di bawah. (kapasitas bisa diperbesar sesuai kebutuhan temen-temen)


5. Pada bagian ini kita klik kanan pada partisi yang kita buat tadi, kemudian pilih New Simple Volume...


6. Proses akhir, pilih next / yes hingga proses pembagian selesai atau hingga muncul Finish.

Jika sudah selesai coba temen-temen masuk ke windows explore untuk mengelola partisi tersebut.
Karena pada pembelajaran kita kali ini menggunakan windows 10 mungkin temen-temen ada yang bertanya, Bagaimana Cara Membagi Partisi Pada Window 7/8??
Pada dasarnya sama saja. hanya saja pada versi windows 7/8 sedikit berbeda untuk tampilannya saja.
Demikian penjelasan singkat Cara membagi partisi hardisk tanpa harus install ulang dari saya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Jika Butuh bantuan bisa komentar pada kolom komentar di bawah, Terima kasih ^_^
Reactions

Post a Comment

0 Comments