Cara mempercepat kinerja laptop Windows 7/8/10 dengan 9 cara

Cara mempercepat kinerja laptop windows 7/8/10 - Halo sahabat blogger bertemu lagi dengan saya. Pada kali ini kita akan membahas rahasia untuk memaksimalkan performa laptop. Untuk laptop ataupun komputer yang khususnya menggunakan sistem operasi Windows, yang Anda gunakan untuk keperluan pekerjaan ataupun hanya untuk bermain game, dari waktu ke waktu mungkin anda pun akan sadar bahwa kinerja dari laptop tersebut semakin terasa lambat. Apalagi jika banyaknya program yang terinstall pada komputer, hal itu akan sangat dipengaruhi dari kinerja laptop atau komputer yang kita gunakan. Selain itu aktivitas anda juga sangat mempengaruhi terhadap kinerja komputer atau laptop, misalnya seperti install atau uninstall program yang kurang benar, browsing, pengetikan dan penghapusan data. Hal itu akan membuat terjadinya fragmentasi pada hardisk, bertambahnya file temporary dan juga registry file yang dapat mengakibatkan laptop atau komputer lemot.
Karerna saya menggunakan Windows 10 saya akan berikan contohnya menggunakan laptop Windows 10, buat Anda yang menggunakan Windows 7 dan Windows 8 sebenarnya caranya juga sama namun mungkin hanya berbeda penempatannya saja. Oke tidak berlama-lama lagi saya akan menjelaskan tentang cara mempercepat kinerja laptop Windows 7, 8, dan 10.

Cara mempercepat kinerja laptop Windows 7, 8, dan 10


1. Cara mempercepat kinerja laptop dengan memisahkan file system dan data pribadi


Cara yang akan saya bagikan ini akan membutuhkan sebuah partisi baru untuk file sistem dan data pribadi. Pemisahan ini bertujuan agar masing-masing partisi memuat file yang khusus. Misalnya pada partisi C: kita hanya akan menyimpan file system pada partisi C saja. Lalu pada partisi D: kita hanya khusus menyimpan file-file dari data pribadi. dan dan sedangkan untuk partisi E: kita hanya menyimpan file dari aplikasi atau instalasi dari aplikasi favorit kita. Dengan adanya partisi yang dibuat khusus ini, partisi C: yang didalamnya memuat file system tidak akan mengalami fragmentasi dengan tepat hingga dapat meminimalisir lambatnya kinerja dari laptop atau komputer.

Baca Juga : Cara Membagi Partisi Hardisk Tanpa Harus Install Ulang Windows

2. Cara mempercepat kinerja laptop dengan menambah kapasitas hardisk dan RAM.


Untuk solusi selanjutnya saya kira ini akan memakan cukup biaya, Karena untuk menambah kapasitas dari RAM dan hardisk, kita harus membeli RAM dan harddisk tersebut. Sebagai saran pastikan anda menambah kapasitas hardisk dan ram di tempat service yang terpercaya, Bila perlu Anda minta garansi kepada tempat servis tersebut agar jika terjadi hal yang tidak diinginkan kita bisa meminta pertanggung jawaban tempat service komputer tersebut.

Baca Juga : Cara Menambahkan Ram Laptop Dan Komputer Menggunakan Flashdisk

3. Cara mempercepat kinerja laptop dengan melakukan Disk CleanUp

Cara ketiga adalah Kita harus melakukan disk cleanup secara berkala. Disk Cleanup ini berfungsi untuk menghapus file temporary, membersihkan file-file yang tidak berguna di recycle bin, dan masih banyak lagi di sana terdapat pilihan-pilihannya. Untuk melakukan Disk Cleanup Anda bisa masuk ke file Exploler -> pilih partisi yang diinginkan -> Klik Kanan lalu pilih properties -> kemudian pilih Disk Cleanup.


4. Cara mempercepat kinerja laptop dengan melakukan defragmented

Cara berikutnya ini juga akan mempengaruhi kinerja laptop anda, kata saya pun selalu melakukan disk defragmenter secara berkala. Kalau saya pribadi melakukan disk defragmenter ini hampir 1 minggu 1x atau 2 minggu 1x karena komputer sering saya pakai setiap hari. Namun jika jarang dipakai kadang 1 bulan 1x. Untuk melakukan disk defragmenter hampir sama dengan caranya Disk Clean Up.
Pertama kita masuk ke file explorer -> pilih partisi klik properties -> klik pada bagian tools -> kemudian klik optimize and defragment drive


5. Cara mempercepat kinerja laptop dengan mengatur program yang berjalan pada startup

Dengan mengatasi program apa saja yang berjalan pada startup dapat meminimalisir lambatnya kinerja laptop atau komputer anda. Banyaknya program yang terinstall pada komputer dapat mempengaruhi penggunaan RAM, sehingga akan membuat komputer menjadi lemot. Agar kinerja dari laptop lebih ringan, kita perlu mengatur program apa saja yang dapat berjalan pada startup. Untuk mengatur program yang sudah terinstal ikuti langkah-langkah berikut :
Tekan tombol Windows + R ->lalu ketikkan msconfig -> pilih menu startup -> klik Open Task Manager -> di sana disable program yang anda rasa tidak terlalu dibutuhkan.

6. Percepat kinerja laptop dengan install program yang tidak dibutuhkan

Hal ini memang solusi yang cukup sederhana untuk meningkatkan kinerja dari laptop atau komputer. Karena kadang ada saja program yang tidak dibutuhkan namun mereka berjalan pada background, sehingga dapat menghabiskan memori RAM dahsyatnya laptop atau komputer sering mengalami ataupun lemot. Tentukan install program kalian bisa ikuti cara-cara berikut :
Klik start -> pilih control panel -> programs ( uninstall a program ) -> pilih program yang ingin dihapus -> Klik Kanan pada program -> uninstall/change.



7. Cara mempercepat kinerja laptop dengan software utilities


Software utilities akan sangat banyak berguna untuk meringankan beban laptop atau komputer, untuk softwere sendiri sangat banyak contohnya tune-up utilities, ccleaner, ncleaner, dan masih banyak lagi. Untuk mendownload software tersebut kalian bisa mendengar gratis dan mencarinya di Google.

8. Cara mempercepat kinerja laptop dengan scan antivirus


Antivirus juga sangat berpengaruh untuk kinerja laptop, karena yang akan mempengaruhi dari kinerja laptop adalah virus yang menyerang pada komputer kita. Jika komputer kita sudah terserang virus biasanya akan banyak sekali file sistem yang mengalami error yang dapat membuat komputer menjadi lambat, sehingga komputer harus diinstal ulang. Maka dari itu install antivirus yang menurut kalian bagus, beberapa rekomendasi antivirus yang menurut saya lumayan bagus dan gratis, kalian bisa coba gunakan Avast Antivirus ataupun Smadav.

9. Cara mempercepat kinerja laptop dengan meminimalkan efek tampilan

Tampilan pada Windows saat ini Mungkin menurut saya cukup keren dan memang enak untuk dilihat, namun efek dari tampilan ini juga yang bisa membuat laptop atau komputer menjadi lambat. Sehingga alangkah baiknya kita meminimalisir efek Aero dari Windows dengan cara berikut :
Masuk file explorer klik -> this PC atau my computer -> Klik Kanan pilih properties -> lalu klik Advanced setting -> klik performance -> lalu pilih adjust for best performance atau custom (kita atur sendiri.



Demikian tips cara mempercepat kinerja laptop windows 7/8/10. Semoga setelah anda menjalankan tips saya dapat membantu meningkatkan kinerja dari laptop atau komputer anda.
Terima kasih sudah mengunjungi blog sederhana ini, Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat untuk anda.
Reactions

Post a Comment

0 Comments