Cara mengatasi komputer no signal dengan mudah

Cara mengatasi komputer no signal - bagi semua komputer PC monitor adalah bagian yang yang sangatlah penting keberadaannya. Kenapa sangat penting? Jawabannya karena hanya lewat monitor hasil apa yang kita perbuat dan yang kita kerjakan dengan komputer kita dapat ditampilkan dan kita lihat. Bukan kemungkinan lagi jika tidak ada monitor apa yang akan kita lihat dari komputer kita kecuali perangkat keras, bukan dari hasil apa yang kita kerjakan.

Sebagai layaknya mesin buatan manusia pada umumnya, monitor juga dapat mengalami kerusakan. Baik kerusakan itu disebabkan karena faktor usia dari monitor, kurangnya Perawatan pada monitor, ataupun pemakaian monitor yang tidak wajar. Namun Kebanyakan orang berpikir kalau tidak ada tampilan pada monitor tersebut adalah kerusakan asli dari monitor tersebut. Pada nyatanya ada banyak sekali yang menyebabkan layar monitor tidak dapat menampilkan sinyal dari CPU.

Maka dari itu kita akan membahas apa saja penyebab dari komputer no signal dan cara mengatasinya. Sehingga ketika anda mengalami masalah pada layar monitor bertuliskan no signal ketika komputer anda dinyalakan, Anda tidak akan mengira bahwa monitor Anda lah yang rusak.

Cara mengatasi komputer no signal dengan mudah

  • Periksa kabel pada monitor
Hal yang pertama yang harus dilakukan ketika anda menemukan masalah pada layar komputer no signal detected. Anda harus memastikan bahwa kabel yang tersambung pada monitor baik-baik saja.

Jika kabel yang tersambung pada monitor anda rasa sudah rapuh, Anda coba ganti atau menggunakan kabel HDMI lain. Jika kabel sudah diganti dan muncul tampilan maka bisa dipastikan bahwa kabel monitor lah yang mengalami masalah.
( Baca Juga : Cara memperbaiki layar monitor dead pixel dengan mudah )
  • Periksa port HDMI
Jika masalah masih belum bisa teratasi setelah ganti kabel, Anda begitu juga pada bagian port HDMI mungkin saja masalah ada pada port nya. Bisa saja pada port HDMI mengalami kebengkokan salah satu pin,  yang mungkin saja dikarenakan karena pemasangan yang kurang benar.

Untuk memastikan bengkok atau tidaknya salah satu PIN yang ada pada port HDMI, Anda bisa melihatnya secara fisik. Namun untuk lebih meyakinkan lagi, Anda bisa coba menghubungkan CPU ke monitor lain, dan juga sebaliknya Anda juga bisa coba menghubungkan monitor ke CPU yang lain.
  • Periksa VGA Card
Jika permasalahan bukan pada kabel monitor ataupun pot HDMI. Kita coba periksa VGA yang ada pada komputer. Jika Anda menggunakan VGA card yang bukan dari onboard anda bisa mengujinya dengan cara menggunakan VGA lain sebagai alternatif.
  • Periksa memori RAM
Memori RAM yang rusak ataupun RAM  yang kotor jika dapat mempengaruhi layar monitor no signal. Untuk mengatasinya kita coba bersihkan RAM tersebut, Coba anda bersihkan Kuningan yang ada RAM tersebut dengan penghapus pensil. Setelah itu pasang RAM kembali dengan benar, lalu lihat apakah masalah sudah teratasi? Jika masalah masih belum teratasi Anda bisa coba RAM yang lain. Jika setelah RAM yang lain dipasang dan monitor menampilkan tampilannya, itu berarti memori RAM yang digunakan sebelumnya telah rusak.
  • Periksa tegangan listrik
Tegangan listrik yang tidak stabil pun dapat mengakibatkan layar komputer no signal. Karena dapat mengganggu daya yang disalurkan oleh power supply untuk disalurkan ke komponen lain. Untuk contohnya kita ambil listrik yang tidak stabil pada hardisk. Jika kebutuhan daya hardisk tidak terpenuhi, hardisk tidak akan bisa diakses dengan baik. Salah satunya yang dapat menyebabkan komputer no signal.

Untuk mengatasinya, Coba anda hidupkan komputer tanpa menggunakan hardisk terlebih dahulu. Periksa Apakah menu tampilan BIOS muncul di layar saat dihidupkan. Jika terdapat kesalahan Ada kemungkinan memang masalah tersebut terjadi pada hardisk yang kekurangan daya. Agar menghindari hardisk dari kekurangan daya Anda bisa menggunakan stabilizer ataupun UPS.

  • Periksa motherboard
Motherboard adalah hal yang paling penting pada komputer, kagak bisa dibilang motherboard merupakan sebuah rumah bagi komponen yang dipasang pada komputer. Jika adanya masalah pada motherboard hal itu akan sangat mempengaruhi kinerja dari sebuah komputer. Karena seluruh perangkat yang tersambung pada komputer tidak dapat berjalan dengan baik. Yang termasuk pada masalah yang sedang kita bahas ini layar monitor no signal.

Memang jarang sekali motherboard yang mengalami kerusakan, namun jika melebat tersebut Sudah usang dan termakan usia pastilah motherboard tersebut akan rusak.

Sebelum anda berpikir motherboard tersebut harus diganti, sebelumnya cobalah Anda bongkar motherboard tersebut lebih baik bersihkan terlebih dahulu motherboard tersebut dari debu debu yang menumpuk yang bisa saja menjadi penyebab permasalahan layar monitor no signal. Setelah itu Coba anda pasangkan kembali dan lihat hasilnya Apakah masalah sudah teratasi atau belum.
( Baca Juga : Kerusakan Motherboard Dan Cara Memperbaikinya )
  • Periksa processor

Sama halnya dengan motherboard prosesor pun jarang sekali mengalami kerusakan,  tetapi meskipun jarang sekali mengalami kerusakan bukan berarti prosesor pun tidak bisa rusak. Jika terdapat permasalahan pada processor, tidak hanya monitor yang akan mengalami no signal, namun komputer yang kita gunakan pun tidak akan bisa hidup sama sekali. Mungkin memang bisa hidup namun kadang mati lagi. Permasalahan yang ada pada prosesor biasanya, prosesor yang mengalami overheating. 

Untuk memastikan Apakah kerusakan terjadi pada prosesor, pertama periksa pada kipas dan heatsink processor. Mungkin saja banyak debu sehingga kipas yang ada pada prosesor tidak dapat berjalan dengan normal. Untuk prosesor yang sudah tidak berfungsi atau mati sangat mudah sekali untuk dikenali. Ketika komputer dinyalakan dan digunakan processor akan tetap dingin meskipun komponen-komponen lain yang ada pada komputer panas, Itulah ciri-ciri processor yang sudah tidak berfungsi.
( Baca Juga : Cara Mengoptimalkan Kemampuan Processor AMD )
Sekian uraian artikel mengenai cara mengatasi komputer no signal dari saya, semoga artikel pada kali ini bisa memberikan manfaat untuk anda.
Terima kasih sudah berkunjung tunggu update-an selanjutnya yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda.
Reactions

Post a Comment

0 Comments