Penyebab Laptop Tidak Bisa Nyala Sama Sekali Dan Cara Mengatasinya

laptop tidak bisa nyala sama sekali - Laptop tidak bisa menyala sama sekali saat Laptop dihidupkan, sama sekali tidak ada respon sama sekali dan lampu indikatornyapun mati, semuanya menjadi mati total. untuk kerusakan laptop yang mati total sebetulnya jauh sangat mudah dideteksi untuk permasalahnya dari pada laptop yang mati secara random. namun bila laptop mati secara entah itu random tentu sangat menjengkelkan bukan.




laptop mati total


Jika laptop kamu mati total, untuk permasalahan seperti  ini biasanya dapat kita periksa dari awal dengan mulai dari lampu power adapter laptop. Apakah ada arus listrik yg masuk ke Adapter laptop?
Untuk kasus seperti ini, inilah yang biasa terjadi kemungkinannya :
Jika terjadi seperti ini, untuk laptop kamu yang mati total untuk mengatasinya? silahkan gunakan tips berikut ini untuk bisa memperbaikinya

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Sama Sekali

  1. Bila memang lampu indikator pada laptop atau notebook mati, coba kamu periksa terlebih dahulu kabel adapternya, kondisi kabel power, stavol atau UPS dengan mencoba mengetes menggunakan multimeter. selalu pastikan sebelumnya bahwa memang ada aliran listrik & normal  untuk tegangan listrik nya. namun bila memang tidak ada aliran listrik maka laptop sudah pasti akan menjadi mati total
  2. Selanjutnya coba kamu perhatikan kinerja power adapter. bila memang power adapter sudah menyala dan laptop masih juga dalam keadaan mati, kemungkinan memang kerusakan ada pada saklar ON/OFF sangatlah kecil, namun kamu coba cek dan tidak ada salahnya untuk memeriksa juga bagian tombol ON/OFF tersebut. Bila tidak ada masalah kemungkinan kerusakan bisa terjadi pada motherboard laptop.
  3. Coba kamu coba lepas terlebih dahulu kabel power adapter setelah itu pasang kembali dan coba untuk cek menghidupkan ulang laptop. Apakah ada perubahan? Kadang-kadang permasalahan bisa terjadi socket DC menjadi longgar sehingga tidak ada listrik yang masuk ke laptop.
  4. Selanjutnya coba lepaskan kembali adapter dan gunakan baterai laptop saja. bila setelah menggunakan battery laptop nyala sudah bisa dipastikan kerusakan memang terjadi di bagian power adapter. coba untuk segera perbaiki adapter laptopnya.
  5. Selanjutnya coba kembali untuk memeriksa bagian mainboard lalu periksa kemungkinan pemasangan-pemasangan hadrware dan juga komponen yang kurang tepat dan benar, terutama untuk pada bagian komponen SIMM RAM dan mikroprosesor. Bila perlu coba untuk mencoba sendiri mengganti ram untuk sementara supaya tujuannya untuk memastikan bahwa kerusakan ada pada mainboard atau bukan.

    Baca Juga : ciri-ciri RAM rusak pada komputer dan laptop
Dalam kasus laptop mati total tetapi lampu indikator nyala, maka ada kemungkinan yang lain seperti ram dan motherboard yang memang harus kita periksa kedudukannya. Untuk yang ini akan dibahas pada artikel selanjutnya ya jadi jangan sampai ketinggalan posting-postingan artikel menarik dari troublekit sekian dan terima kasih.
Reactions

Post a Comment

0 Comments