Trik Cara Mengetik 10 Jari Dengan Cepat Dan Benar Tanpa Melihat keyboard


Cara mengetik 10 jari dengan cepat - Untuk Bisa 10 Jari dengan Cepat tidak perlu kepintaran untuk bisa mengetik Cepat dan Benar Tanpa Melihat Keyboard, sebab ini adalah keterampilan yang bisa dimiliki dengan cara sedikit belajar dan banyak latihan saja. Saya yakin bila kamu hanya belajar teknik penggunaan sepuluh jari tangan dari Video-video di Youtube sudah pasti kamu bisa cepat paham dan tentunya mahir dalam mengetik di komputer, entah itu saat mengerjakan tugas di Microsoft Word atau pun saat kamu coba browsing internet & chating dengan teman-teman terdekat kamu lewat sosisal media. apa pun yg kamu kerjakan di internet akan terasa mudah dan terbantu kalau bisa berkomunikasi dengan tangan layaknya sedang bicara karena jari anda seperti terlihat seperti ‘menari’ di atas keyboard  PC.

Untuk yang pertama kali mencoba mempraktekkan teknik ini mungkin akan sangat berat sekali, apalagi kalau kamu sudah lancar mengetik dengan hanya mengandalkan 2 jari, sudah pasti rasanya tuh seperti perari maraton yang ingin berlari tapi hanya bisa jalan karena sedang pincang. Yg paling penting dari beberapa cara ini menurut Troblekit sendiri adalah pada kesabaran & mimiliki disiplin untuk mau mengikuti semua arahan yg dijelaskan dalam video-video Youtube yang akan saya share kali ini, terutama untuk kamu yang ingin selalu disiplin menggunakan tugas dari masing-masing jari saat menekan tombol huruf yg ada, apalagi untuk setiap fungsi tonjolan kecil seperti garis pada huruf F dan J jangan sampai kamu abaikan yg mana keduanya memiliki fungsi untuk  patokan saat kamu mencoba mengetik tanpa harus melihat keyboard.

ingat ya, sebelum kamu memulai memperhatikan tutorial & tips dari tayangan berikut, kamu selalu ingat bahwa suatu saat kamu pasti mahir dan lancar seperti kebanyak orang yang sudah mahil, asalkan mau disiplin dan banyak latihan saja. yu kita coba simak bersama panduannya:

A.  Menggunakan Video Youtube Teknik Cara untuk Mengetik 10 Jari dengan Benar


Yg akan kamu lihat berikut ini merupakan video tutorial yg telah dibuat oleh Howcast.com. Silahkan kamu untuk mencoba putar dan pelajari sepuasnya dengan mengulang berkali-kali tutorialnya. Yg harus ditekankan di sini yaitu selalu memperhatikan beberapa posisi badan saat berada di depan komputer serta juga posisi tangan yg benar saat diletakkan di atas keyboard, yg jelas kedua jari telunjuk harus selalu menekan huruf F dan juga huru J sebab disanalah patokan supaya tangan bisa menekan semua tombol yang ada di keyboard dengan pas setelah kita menghafalkan semua fungsinya.


Posisi & Fungsi Tiap Jari pada Keyboard

Yang harus selalu kita perhatikan dari tips ini adalah kita harus menetapkan apa tugas dan fungsi dari setiap jari yg kita miliki & supaya lebih mudah untuk penjelasannya saya akan coba memetakan pada dua bagian keyboard, yaitu jari kiri & kanan. dimana jika ada salah satu jari saja yang digunakan tidak sesuai dengan tugasnya maka tentu pemetaan keyboard dan tips yang anda pelajari ini tidak sempurna, apalagi jika sudah menjadi kebiasaan hal itu sulit untuk dirubah.


a. Untuk Tugas dari Jari Tangan Kanan

  • Jari Telunjuk : Untuk menekan tombol huruf : J, H, U, Y, M, N, 7 dan 6
  • Jari Tengah : Memiliki tugas untuk menekan beberapa huruf : K, I, koma (,) / tanda lebih kecil (<) dan 8 atau tanda bintang (*)
  • Jari Manis : Tugas untuk menekan Pada huruf L, O, 9 atau tanda kurung kiri ( ( ), dan titik (.) atau tanda lebih besar (>) serta Alt
  • Kelingking : Memiliki Tugas Semua tombol keyboard yg ada di sebelah kanan, selain dari yg telah disebutkan di atas, yaitu untuk mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku ( { } / [ } ), garis miring ke kiri ( \ ),  tanda miring (/) / tanda Tanya  ( ? ), klik kanan (tanda seperti dokumen) serta Shift dan Ctrl kanan.
  • Jempol : Memiliki Tugas menekan Spasi. Khusus yg ini baru digunakan kalau salah satu dari jari kiri yg terakhir kali menekan tombol. Jadi prinsip kerjanya dibuat bersilang dengan jempol kiri.

b. Tugas Jari Tangan Kiri

  • Jati Telunjuk : Memiliki Fungsi untuk mengetik beberapa huruf seperti F, R, V, G, T, B, dan beberapa angka 4 dan 5,
  • Jari Tengah : Memiliki tugas untuk menekan huruf D, E, C, dan angka 3.
  • Jari Manis : Memiliki tugas untuk menkan huruf S, W, X, dan juga angka 2.
  • Kelingking : Memiliki tugas untuk menkan huruf A, Q, Z, 1, Alt & selain yg disebut, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, & tombol jendela / Windows.
  • Jempol : Memiliki tugas untuk menekan tombol spasi. Rumusnya, bila jari di tangan kanan yg terakhir menekan tombol maka baru menggunakan Jempol kiri ini dan demikian sebaliknya.

B.  Belajar Mengetik 10 Jari Dengan Aplikasi Mengetik Sepuluh Jari


Solusi lain bila kamu ingin lancar dan bisa mengetik 10 jari dengan semua jari maka kamu bisa coba menggunakan beberapa aplikasi / software yg banyak dipakai untuk para pemula. Tujuannya supaya kamu bisa latihan dan mengulang-ulang semua fungsi tombol supaya bisa hafal dan menguasai letaknya tanpa harus melihat lagi. Saran dari aku sendiri silahkan gunakan yg simple & mudah pengoperasiannya Serta tidak pelru memakan banyak space pd komputer Anda. Pada umumnya dalam pemakaian Aplikasi seperti ini memang banyak tantangan yg wajibs dilakukan namun terkadang juga dibuat bertingkat atau ber-level untuk menguji seberapa mahir kamu dalam praktek yg sudah di lakukan sebelumnya.

Sebenarnya banyak sekali software semacam ini yg dibuat dari berbayar sampai gratis pun sebenarnya ada, tapi karena yg namanya developer software banyak sekali ada yg memang dibuat sengaja dibuat secara gratis & bisa didownload bebas oleh siapa pun. Untuk download  dan menginstalnya teman-teman bisa search di google ya

Baca Juga : Cara Membersihkan Keyboard Komputer

C.  Cara Mengetik 10 Jari dengan Cara Langsung Praktek secara Online


Kalau di tips sebelumnya kamu wajib download aplikasi,di tips kali ini kamu tanpa download dan menginstall sama sekali, hanya saja dibutuhkan koneksi internet untuk mencobannya.  Sebenarnya ada banyak sekali jenis latihan-latihan yg bisa ditawarkan untuk layanan seperti ini, ada yg hanya menguji kecepatan ketik & ada juga yg memang harus menekankan kebenaran penggunaan semua jari tangan mulai dari kelingking hingga jempol. berikut beberapa yang kami rekomendasikan adalah:

1.  typing.com



Dari nama domainnya saja terlihat dan sudah premium sebab bisa memiliki domain cantik seperti itu, pasti belinya cukup mahal sekali. kita lihat yu bagaimana dengan layanannya? saya sendiri sudah cek dan test sendiri. Pertama kali masuk kamu akan langsung disuguhi beberapa pilihan yg sangat menarik karena memang disesuaikan banget dengan kebutuhan berbagai tingkat kemampuan, mulai dari Beginner, Intermediate & Advance. kamu bisa lihat sendiri dari gambar yg di sajikan di atas yg memang saya SS langsung dari membuka & latihan langsung dari situsnya.

2.  typeonline.co.uk

Nah di website yg kedua ini mungkin kurang baik layanan latihan mengetik onlinenya sebab tidak bisa menampilkan keyboardnya secara langsung, tapi dari berbagai pilihan fitur yg telah disedikan aku kira layak kita jadikan tempat untuk belajar & di antara ragam banyak pilihan praktek yg disedikan, seperti Typing Lesson 1 -5, Copy Practice serta juga Speed Test yg memiliki tujuanny untuk mencoba menguji kecepatan ketik kamu dengan tidak melihat keyboard.

Baca Juga : Penyebab keyboard tidak berfungsi

3.  typingtutor-online.com

Yg sangat menarik & menjadi alasan layanan latihan untuk belajar teknik cara mengetik 10 jari ini bisa dikatakan the best alias paling bagus karena para pengguna website diberikan beberapa pilihan latihan pada tombol keyboard yg mana dari pihak pembuatnya sendiri menyediakan beberapa sesi, yaitu mulai dari Upper row/baris tombol teratas, yakni dari Q sampi dengan huruf P, Home Row (tombol huruf A sampi L) dan juga Bottom Row (huruf Z-M). Dengan seperti ini aku kira sangat jauh lebih baik karena kita  akan latihan secara bertahap menggunakan semua jari yang kita miliki dan tentunya semua akan menggunakan tugasnya sesuai dengan yg direkomendasikan. Dari tampilannya aku bisa bilang sangat bagus karena bisa menampilkan bentuk keyboard juga

4.  www.tipp10.com/en/online

Kalau website yang satu ini jauh lebih lengkap lagi layanan belajar mengetik online-nya karena selain menyediakan praktek online langsung tanpa harus download, juga menyediakan software yang bisa diunduh lalu diinstall langsung ke dalam komputer kita, jadi kita tidak membutuhkan koneksi internet lagi jika aplikasi sudah di install. Hanya saja kalau anda tak suka buat akun dan login segala maka mungkin ini tidak menyenangkan, tapi kalau Apk nya memang bagus kenapa tidak kita meluangkan sedikit waktu untuk mengisi beberapa kolom pendaftaran. Apalagi kita bisa memilih jenis software-nya apakah untuk Mac, Windows, Linus, Apple dan lainnya. 

Bisa dibilang ini adalah artikel terlengkap yang mengulas Teknik Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat karena semua cara dijelaskan, mulai dari melihat video Youtube, menggunakan aplikasi yang di download lalu ite. Menariknya lagi karena semua sub penjelasan telah disedikan dengan berbagai pilihannya yang semuanya telah dibuat dan diciptakan berdasarkan developer berbeda yang tentunya masing-masing mempunyai keunggulan dan kekurangan.
Reactions

Post a Comment

0 Comments