11 langkah cara agar laptop tidak lemot dan ringan digunakan

Cara agar laptop tidak lemot - pada perkembangan teknologi yang sudah sangat maju ini Siapa sih yang gak kenal dengan laptop? Apalagi buat kamu yang suka nonton Laptop Si Unyil hehe. Kalau pada zaman saya dulu masih kecil laptop merupakan salah satu barang yang mewah dan hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Tetapi pada zaman sekarang ini laptop bukan lagi merupakan sesuatu barang yang mewah. Karena mengingat kebutuhan manusia yang haus akan teknologi pada saat ini sudah semakin besar.


Demikian pula dengan laptop yang saat ini sudah semakin banyak dijual di pasaran dengan berbagai macam variasi dan juga merk yang bermacam-macam pula dengab harga yang cukup terjangkau bisa kamu miliki. Tetapi dengan banyaknya variasi laptop yang tersedia kadang kita melupakan suatu hal yang penting, yaitu merawat laptop tersebut. Dengan kondisi laptop yang tidak terawat baik itu secara fisik maupun logika hal itu akan berdampak pada kinerja laptop itu sendiri. Misalnya seperti kasus laptop yang lemot seperti yang akan kita bahas pada kali ini. Dapat kamu simak cara agar laptop tidak lemot dengan langkah-langkah berikut :

11 Cara Agar Laptop Ringan Untuk Digunakan


Cara Merawat Laptop Yang Berusia Kurang Dari 3 Tahun


Laptop yang masih memiliki umur dibawah 3 tahun cara perawatannya masih tergolong sedikit mudah. Karena biasanya laptop dibawah 3 tahun masih bisa dibilang memiliki spesifikasi yang cukup lumayan tinggi, dan juga performanya yang masih bagus yang akan membuat kamu terlalu kerepotan untuk merawat laptop. Ya walaupun ditaksirkan seperti itu tergantung dari pengguna laptop itu sendiri bagaimana cara merawatnya dan menggunakannya. Berikut adalah cara mengatasi laptop agar tidak lemot :

Baca Juga : Cara merawat baterai laptop

1. Hapus aplikasi yang tidak terlalu sering digunakan


Salah satu penyebab lemot pada laptop yang mempunyai umur dibawah 3 tahun biasanya dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang terinstal pada laptop, sehingga hari cepat penuh dan menyebabkan sistem operasi tidak dapat berjalan dengan baik untuk menjalankan sistemnya.

Cara yang paling ampuh agar laptop tidak lemot adalah dengan cara menghapus aplikasi yang tidak terlalu sering digunakan. Dan kadang aplikasi tersebut tidak sengaja terinstal pada laptop terutama ketika kita sedang melakukan browsing dan mengunjungi website tertentu. Oh iya Hampir lupa satu hal lagi yang dapat menyebabkan aplikasi tidak sengaja terinstal adalah ketika kita sedang menginstal suatu software yang kita inginkan Ternyata kita malah menginstal software yang tidak kita butuhkan.

2. Bersihkan desktop

Banyaknya program atau aplikasi yang kamu simpan pada desktop laptop, itu juga dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan laptop kamu menjadi lemot. Jika kamu memiliki laptop dengan kapasitas memori hardisk dan RAM yang besar Maka hal itu bukanlah suatu masalah. Tetapi jika kapasitas memori kamu kecil hal itu akan menyebabkan laptop menjadi lemot karena banyaknya item yang ada pada desktop, sehingga kadang-kadang laptop terlalu lama merespon apa yang user perintahkan.

3. Gunakan aplikasi seperlunya

Membuka banyak aplikasi tentu saja hal itu akan mempengaruhi dari penggunaan RAM laptop. Dan hal ini adalah salah satu yang menyebabkan performa laptop menurun dan lemot. Biasanya hal ini terjadi ketika kamu terlalu banyak membuka program yang memiliki spesifikasi yang tinggi secara bersamaan. Misalnya seperti bermain game sambil membuka Browser dan juga sekaligus mendengarkan musik. Maka dari itu disarankan untuk lebih bijak lagi dalam menggunakan program pada laptop.

4. Remove aplikasi di startup

Startup merupakan proses dimana ketika laptop mulai beroperasi dan menjalankan sistemnya. Biasanya ketika startup hanya aplikasi yang penting saja yang akan berjalan seperti misalnya antivirus. Tetapi kadang-kadang ada saja aplikasi yang secara otomatis dapat berjalan pada startup. Sehingga hal itu akan menyebabkan laptop lemot saat dinyalakan.

5. Gunakan aplikasi sesuai spesifikasi laptop

Untuk kasus ini jujur saya pernah mengalaminya juga, ada waktu itu ketika saya belum terlalu mengerti tentang komputer. Saya melihat game yang bagus dengan tampilan yang sangat menarik, tentu saja saya sebagai seorang gamer sangat ingin memainkan game tersebut, saya pun menginstal game tersebut di laptop. Namun ketika dijalankan game tersebut tidak seperti yang saya harapkan, game yang saya mainkan lemot di laptop dan juga laptop pun menjadi hang.

Jadi pada intinya kamu harus melihat spesifikasi dari suatu software ketika kamu akan menginstal aplikasi atau software yang kamu inginkan, agar tidak terjadi kasus seperti saya.

6. Scanning virus

Dengan melakukan scanning virus hal itu juga dapat membantu kamu agar laptop tidak lemot. Karena seperti yang kita ketahui virus merupakan sesuatu hal yang sangat mengganggu. Selain itu juga virus dapat memasuki sistem pada laptop yang kita gunakan, yang akan membuat memory RAM menjadi sedikit. Maka dari itu rajin-rajinlah melakukan scanning virus agar laptop tidak lemot.

Cara Merawat laptop yang sudah berumur lebih dari 3 tahun


Pada laptop yang memiliki umur lebih dari 3 tahun tentu saja akan mengalami penurunan performa pada hardware. Terutama jika kamu keseharian sering menggunakan laptop secara terus menerus. Maka dari itu berikut adalah cara merawat laptop yang berumur lebih dari 3 tahun agar tidak lemot :

1. Menambahkan kapasitas RAM


Cara yang ampuh agar laptop tidak lemot kamu bisa menambahkan kapasitas RAM yang lebih besar dari RAM yang kamu gunakan sekarang. Karena dengan menambahkan kapasitas RAM, secara otomatis akan mempercepat juga proses membaca pada proccessor.

2. Membersihkan drive c dan menghapus aplikasi yang besar

Drive C merupakan tempat default di mana sistem operasi diinstal. Maka dari itu hal ini akan sangat berpengaruh untuk performa laptop. Untuk mengatasinya kamu harus melakukan pembersihan mulai dari Disk Clean, defragmen, sampai hapus aplikasi yang memiliki ukuran besar dan jarang kamu gunakan

3. Bersihkan bagian dalam laptop

Hal ini juga sangat dibutuhkan untuk membantu agar laptop tidak lemot. Karena jika tidak dibersihkan selama 3 tahun tentu saja bagian dalam laptop itu akan menjadi kotor penuh dengan debu dan juga Kotoran Kotoran yang menempel. Maka dari itu kamu perlu melakukan pembersihan ketika kamu sempat untuk membersihkannya.

4. Menggunakan thermal paste pada processor

Thermal paste adalah suatu partai yang digunakan untuk dioleskan pada processor, yang berfungsi untuk membantu agar processor menjadi dingin dan juga menjaga suhu processor agar tidak terlalu cepat panas.
5. Gunakan cooler

Meskipun pada laptop kita sudah disediakan kipas atau fan sebagai pendingin. Tetapi kita juga harus menambahkan cooler agar suhu dan juga performa laptop tetap terjaga. Hasilnya laptop kamu tidak akan lemot.

Itulah beberapa cara agar laptop tidak lemot yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dan menghindarkan leletnya performa laptop, terima kasih.
Reactions

Post a Comment

0 Comments