4 Cara merawat baterai laptop agar tidak cepat rusak dan tahan lama

Cara merawat baterai laptop - Pada saat ini banyak sekali orang-orang yang menghabiskan waktu kesehariannya di depan layar laptop. oleh karena itu tidak heran juga kalau laptop cepat rusak jika kita terus menerus menggunakannya tanpa perawatan, komponen secara perlahanpun akan mengalami kerusakan. pada kali saya akan membahas komponen dari laptop yang sangat berpengaruh yaitu baterai laptop. karena jika kita menggunakan baterai diluar rumah pastinya kita menggunakan baterai sebagai daya listrik untuk menghidupkan laptop.


Maka dari itu kali ini saya akan membahas tentang cara merawat baterai laptop tidak cepat rusak, awet, dan tahan lama. tentunya kita akan kesal bukan ketika kita menggunakan laptop tiba-tiba saja baterai laptop habis, padahal indikator baterai menunjukan masih tersedia cukup kita gunakan untuk beberapa jam ke depan. karena kurang perawatan tentu saja baterai laptop akan ngedrop. untuk mengantisipasi hal tersebut silahkan kamu ikuti langkah-langkah berikut :

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak


1. Jangan berada pada kapasitas 100%


Ketika pertama kali kamu membeli laptop, pastikan kamu mengisi daya baterai laptop untuk pertama kalinya hingga 100% yang berfungsi sebagai dari proses kalibrasi. Tetapi untuk selanjutnya pastikan baterai laptop kamu tetap berada pada indikator baterai kisaran sekitar 40 hingga 80%. Karena hal tersebut bertujuan untuk mengurangi cycle count dan juga masa hidup baterai. Menurut para ahli mengatakan bahwa hal tersebut berfungsi untuk memperpanjang masa hidup baterai sampai dengan 4 kali lipat.

Baca Juga : Cara membersihkan layar laptop

Walaupun masih banyak dari sebagian orang yang menganggap hal tersebut sebagai mitos, tetapi tidak ada salahnya bukan untuk kita berjaga-jaga dengan hal tersebut. Jadi pada intinya kamu jangan membiarkan baterai tersebut terhubung dengan listrik ketika indikator baterai 100%, dan juga jangan membiarkan baterai laptop hingga kehabisan baterai atau daya hingga 0%.

2. Jaga suhu baterai dan laptop


Pada saat ini hampir semua laptop menggunakan baterai yang berjenis lithium-ion. Jika kamu menggunakan baterai jenis tersebut kamu harus menjaga suhu baterai dan laptop sekitar 10-35 derajat Celcius. Kalau untuk baterai jenis lithium-ion, jika suhunya diatas yang saya sebutkan tadi maka kapasitasnya dari waktu ke waktu akan berkurang. Maka dari itu menjaga suhu laptop adalah salah satu bagian yang penting untuk merawat baterai laptop.


Faktor-faktor yang menyebabkan laptop cepat panas, biasanya sering sekali dikarenakan banyaknya debu di dalam laptop sehingga kipas atau fan tidak berjalan dengan normal. Jadi kita juga jangan lupa membersihkan debu dan juga kotoran yang ada pada kipas laptop, agar saluran udara atau ventilasi tidak tersumbat.

3. Update Software Secara berkala


Untuk beberapa produsen laptop biasanya melakukan update software secara rutin, yang bertujuan untuk memperbaiki bug-bug yang ada pada laptop. Salah satu produsen yang sering melakukan update yaitu Apple dengan merilis OS X maverick. Maka dari itu melakukan update software juga adalah salah satu cara untuk merawat baterai laptop yang harus kamu perhatikan.

Baca Juga : Software untuk menjadikan laptop sebagai hotspot
Baca Juga : Cara memperbaiki monitor laptop bergaris

4. Simpan baterai dengan baik


Jika kamu akan bepergian jauh dan dalam jangka waktu lama sehingga kamu harus meninggalkan laptop di rumah. Usahakan agar baterai tidak terpasang pada laptop dan simpanlah baterai tersebut ditempat yang sejuk dengan minimal kapasitas baterai 50%.

Baca Juga : Cara agar laptop tidak lemot

Demikianlah cara merawat baterai laptop agar tidak cepat rusak dan tahan lama yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk menjaga daya tahan baterai laptop agar awet. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments