Cara Memperbaiki Monitor Laptop Bergaris

Cara memperbaiki monitor laptop bergaris - Bagi kamu pengguna aktif laptop tentu saja bisa di bilang laptop merapakan bagian dari kehidupan kamu sehari-hari. entah itu untuk aktifitas pekerjaan maupun hiburan seperti bermain game, menonton film, dan hal lainnya. ketika layar monitor laptop kamu mengalami kerusakan seperti yang pernah saya alami yaitu layar pada layar monitor terdapat garis, yang tentu hal itu akan sangat mengganggu kita dalam melakukan aktifitas menggunakan laptop. Maka dari itu saya akan berbagi pengalaman cara memperbaiki layar monitor laptop yang bergaris.

Biasanya ada 2 jenis tipe garis yang munculpada layar monitor laptop bergaris yaitu garis pada monitor laptop pertama  uamg berupa garis lurus secara vertikal yang berwarna hitam atau bisa berwarna putih tidak bergerak. Biasanya kerusakan tersebut terjadi pada panel screen LCD yang mengalami kerusakan. dan garis kedua yang ada pada layar monitor laptop berupa garis gelombang yang memanjang dengan mendatar naik atau turun pada layar, untuk hal itu bisa terjadi karena adanya masalah pada kabel LCD, RAM, VGA, atau hardware lainnya yang dapat berpengaruh terhadap LCD. Untuk mengatasi layar monitor laptop bergaris, kamu bisa coba ikuti langkah-langkah berikut :

Cara memperbaiki monitor laptop bergaris


1. Menggunakan Sofware Pixel Repairer


Solusi pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi garis lurus berwarna hitam/putih tidak bergerak yaitu dengan menggunakan bantuan dari program pihak ke-tiga yaitu dengan software pixel repairer. karena hal tersebut disebabkan oleh adanya dead pixel pada LCD. dead pixel bisa terjadi karena kesalahan bawaan pada panel screen saat komputer di produksi atau kamu beli. dan juga yang dapat menyebabkan dead pixel adanya tekanan terlalu keras pada layar.

Sebelum kita ke solusi utama kita harus memeriksa apakah memang terdapat deadpixel pada layar atau tidak seperti berikut :

Cara memeriksa dead pixel menggunakan pixel repairer :

  1. Pertama kamu harus download dan install software pixel repairernya terlebih dahulu.
  2. Setelah itu jalankan softwarenya, nanti akan ada muncul dialog pixel repairer. kemudian kamu pilih patern sesuai dengan yang kamu inginkan. untuk saran kamu bisa menggunakan patern warna hitam atau putih.
  3. Selanjutnya klik enable untuk menerapkan warna patern pada layar.
  4. Sebagai contohnya kamu gunakan patern warna hitam pada seluruh layar. lalu perhatikan layar tersebut apakah ada warna lain selain warna hitam pada layar. jika memang terdapat warna berbentuk pada layar, itu sudah dipastikan bahwa pada layar kamu  terdapat dead pixel. dan juga sebaliknya jika tidak terdapat warna lain selain hitam berarti layar laptop kamu normal.
  5. Jika sudah selesai kamu bisa klik Esc untuk keluar dari program.

Cara memperbaiki dead pixel menggunakan Pixel Repairer:

  1. Jalankan Program Pixel Repairer di laptop anda
  2. Pilih dan klik ikon Repair
  3. Klik Add untuk menambahkan dan juga mengatur area perbaikan.
  4. Drag kotak repairer ke lokasi dimana letak dead pixel kamu temukan.
  5. Gunakan dari salah satu mode konfigurasi repairer yang ada pada sofware, misalnya mode solid. dan jika dengan mode tersebut tidak berhasil, gunakan mode noise.
  6. Untuk ukuran atau size, kamu pilih ukuran yang sesuai dengan area dead pixel berada.
  7. Untuk frekuensi saya kira tidak perlu di rubah 60 Hz saja
  8. Klik Add atau tambahkan kembali untuk menambahkan repair ke area lainnya, jika kamu menemukan lebih dari satu dead pixel ada pada layar laptop . kamu hanya tinggal lakukan sama seperti langkah no.4 dan 7.
  9. Setelah itu sofware akan melakukan perbaikan, sementara itu kamu tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
Saat menggunakan software repairer kamu tidak usah khawatir tergangguna, karena ketika menggunakan software ini kamu bisa melakukan aktifitas seperti biasanyanya.

2. Memeriksa kabel fleksibel layar


Solusi kedua kamu bisa coba periksa pada bagian kabel yang menghubungkan antara layar dengan motherboard. hal ini biasanya juga dapat menyebabkan layar laptop bergaris, yang dikarenakan kabel penghubung sudah longgar ataupun tidak terpasang dengan baik. untuk memastikan bahwa masalah tidak disebabkan oleh kabel kamu bisa mencoba hubungkan laptop ke layar monitor eksternal, jika pada layar eksternal garis tetap muncul. berarti penyebabnya bukan pada kabel dan juga panel screen layar. melainkan karena masalah dari komponen hardware lainnya. misalnya seperti adanya masalah pada RAM, VGA, Hardisk, dan komponen lainnya.

3. Memeriksa VGA, RAM, dan Hardisk


Cara ke tiga yaitu cek VGA, RAM, dan hardisk. Pertama perikalah pada VGA, coba kamu lepas dan lihat VGA apakah kuningan VGA dan slot VGA kotor. sebaiknya kamu coba bersihkan kuningan VGA dan juga slot VGA tersebut dengan penghapus pensil secara rata. dan untuk memeriksa RAM juga sama dengan VGA periksa RAM dan slot RAM lalu bersihkan RAM dengan penghapus pensil. kemudian pasangkan kembali dan lihat apakah garis pada layar laptop masih ada atau tidak?


Dan untuk memeriksa hardisk kamu bisa perhatikan pada kabel hardisk, apakah sudah terpasang dengan benar atau kabel hardisk longgar. karena dengan adanya masalah pada kabel hardisk juga akan berpengaruh terhadap layar laptop bergaris.

4. Mengupdate Driver VGA


Solusi terakhir yang mungkkin dapat membantu kamu yaitu dengan cara mengupdate driver VGA. karena versi dari driver yang sudah lama juga akan mempengaruhi terhadap performa VGA dan juga tampilan yang muncul pada layar menjadi bermasalah. maka dari itu cobalah kamu update driver VGA ke versi terbaru. untuk mengupdate driver kamu bisa baca artikelnya di sini di sini. dan untuk membackup driver kamu bisa klik pada link berikut :

Baca Juga : Cara Mengetahui Driver Yang Belum Terinstal

Demikianlah 4 solusi yang bisa kamu coba untuk cara memperbaiki monitor laptop bergaris. Semoga artikel ini dapat membantu anda menembukan solusi yang kamu butuhkan. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments