Cara Setting Lan Di Windows 10 Untuk Menghubungkan Dengan Komputer Lain

Cara setting jaringan lan di windows 10 - Halo sahabat blogger, ada kali ini kita akan belajar tutorial cara setting lan. Ada banyak tujuan Kenapa kita menyeting LAN, seperti untuk koneksi internet, menghubungkan ke komputer lain agar dapat berbagi file dan data, dan juga biasanya pada saat ini di warnet-warnet fungsi LAN digunakan untuk bermain game multiplayer, seperti untuk bermain Dota Counter Strike dan game multiplayer lainnya yang dapat LAN.

Seperti yang kita ketahui pada Windows 10 ini, ada beberapa perubahan yang dilakukan oleh Microsoft sehingga terlihat berbeda dengan versi Windows sebelumnya, Tetapi walaupun begitu untuk pengguna setia Windows pasti tidak akan kebingungan meskipun tak ada perubahan dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya seperti Windows 8 dan Windows 7. Dan bagi kamu yang baru menggunakan Windows 10 dan ingin mengetahui cara setting LAN, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut :

Cara Setting Jaringan Lan Di Windows 10 Untuk Menghubungkan Dengan Komputer Lain

1. Pertama kamu klik kanan pada menu start kemudian pilih Settings.


2. Setelah jendela setting 10 kemudian kamu klik pada bagian Network and Internet.


3. Lalu pilih ethernet.

Baca Juga : Cara shutdown komputer lain dalam satu jaringan lan

4. Kemudian pada sebelah kanan kamu akan melihat beberapa menu, lalu pilih change adapter options.


5. Nantinya akan muncul jendela baru Network connections. Kemudian pada ethernet adapter kamu Klik Kanan lalu pilih properties.


6. Setelah itu kamu cari Internet Protocol version 4 (TCP/IPv4). Double klik untuk membuka propertinya.


7. Setelah muncul jendela properti, cara kamu hanya tinggal mengisi IP address sesuai dengan IP address kamu, untuk contohnya seperti gambar berikut :


Jika kamu mengalami masalah tidak bisa bermain game multiplayer meskipun IP address sudah setting pada kedua komputer, biasanya permasalahan tersebut dikarenakan Windows firewall yang telah memblok koneksi dari kedua komputer, untuk mengatasinya kamu hanya perlu menonaktifkan Windows firewall. Dan untuk mengatasi hal tersebut ikuti langkah-langkah berikut :

1. Pertama kamu buka firewall dengan cara mengetikan firewall pada pencarian menut start. bagi kamu yang ingin mengetahuilebih lanjut tentang Windows firewall, kamu kamu bisa baca artikel berikut :

Baca Juga : Pengertian dan fungsi windows firewall

2. Setelah itu klik action yang ada di bagian pojok atas kemudian pilih properties.
3. Lalu setting firewall chat pada tab domain profile, private profile dan public profile. Jika sudah selesai klik apply atau ok.

Jangan begitu Kamu sudah bisa bermain game multiplayer melalui LAN. Selain masalah LAN yang di block oleh Windows firewall, kamu juga harus membedakan IP address yang ada pada komputer Kamu dan komputer lain, misalnya kamu menggunakan IP address 192.168.1.1 dan komputet lain contohnya harus menggunakan IP 192.168.1.2. Dan pastikan juga bahwa kabel LAN yang kamu gunakan dalam kondisi yang baik dan juga tersambung dengan benar.

Terima kasih itulah cara setting LAN di Windows 10 untuk menghubungkan dengan komputter lain yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat
Reactions

Post a Comment

0 Comments