Pengertian Dan Fungsi Windows Firewall Secara Singkat

Pengertian dan fungsi windows firewall - Halo sahabat blogger pada pertemuan Sebelumnya saya telah membahas tentang cara mematikan Windows firewall di Windows 10. Sebenarnya terbalik juga sih, Seharusnya saya membahas ini terlebih dahulu daripada membahas pengertian dan fungsi firewall, Tapi tidak masalah ya hehe.


Pada kesempatan kali ini selain kita akan membahas pengertian dan juga fungsi firewall, kita juga akan mengetahui jenis-jenis firewall dan juga fungsi windows firewall pada jaringan komputer. Karena komputer dengan sistem operasi Windows, jaringan dan firewall sangat berkaitan erat karena firewall memiliki fungsi yang sangat penting untuk mencegah serangan dari luar. Seperti misalnya software ataupun paket data dari internet, yang nantinya akan disaring melalui filterisasi Data yang diizinkan oleh firewall. Dan jika terdapat data yang tidak mendapatkan izin dari firewall, maka data tersebut akan ditolak. Jadi intinya untuk menjaga keamanan jaringan firewall ini memiliki fungsi yang sangat penting. Berikut adalah pengertian fungsi dan juga jenis-jenis firewall :

Baca Juga : 2 Cara Mematikan Firewall

Pengertian Firewall

 Firewall adalah salah satu fitur dari komputer sistem yang ada pada sistem operasi Windows yang sangat berguna terhadap jaringan komputer yang berfungsi untuk melindungi data dan sistem jaringan. dengan cara memfilter atau melakukan penyaringan terhadap paket data jaringan yang melewatinya.

Fungsi firewall


Firewall mempunyai 3 fungsi yang sangat penting untuk sistem operasi dan juga komputer seperti berikut :

1. Modifikasi header paket yaitu mengubah kualitas layanan dari bit paket PCP sebelum akhirnya mengalami proses routing
2. Translasi pada alamat jaringan.
3. Filter paket Di mana fitur ini yang menentukan paket mana saja yang akan diteruskan dan tidak diteruskan untuk menjaga keamanan dari sistem operasi dan juga komputer.

 Jenis-jenis firewall


Packet filtering layer gateway

Jenis firewall pertama memiliki fungsi yang bertugas untuk melakukan filtrasi atau penyaringan Kepada paket yang berasal dari luar jaringan untuk melindungi jaringan tersebut.

Application layer gateway


Untuk jenis firewall yang ini dapat melakukan penyaringan pada layar aplikasi. Mekanismenya melakukan filterisasi berdasarkan sumber, atribut paket, tujuan, serta dapat mencapai content paket tersebut.

Circuit layer gateway


Untuk Jenis firewall yang ini memiliki fungsi yang berjalan pada lapisan Transport yang bermodel referensi TCP/IP. Dan juga akan memantau dan mengawasi antara hubungan awal TCP.

Statefull multi layer inspection gateway


Jenis firewall yang terakhir ini merupakan hasil gabungan dari ketiga model firewall. Maka dari itu jenis sayang-sayang ini dapat memberikan keamanan tingkat yang paling tinggi dibandingkan dengan firewall jenis yang lain.

Itulah pengertian dan fungsi firewall secara singkat yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini dapat membantu dan juga menambah wawasan kamu. Terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments