5 Penyebab Dan 2 Cara Mengatasi Komputer Yang Sering Hang

Cara mengatasi komputer yang sering hang - Halo sahabat blogger, tentunya dengan kondisi komputer yang lemot, hang,  dan bahkan not responding. Seringkali membuat kita kesal tentunya. Apalagi jika memang komputer atau laptop tersebut sangat dibutuhkan untuk pekerjaan sehari-hari, seperti bermain game, editing video ataupun musik, internet, dan kegiatan lainnya. Maka dari itu saya akan mencoba membahas tentang cara mengatasi komputer atau laptop yang sering Hang, lemot dan bahkan not responding.


Tetapi seperti biasa sebelum kita ke pokok permasalahan, harus tahu terlebih dahulu Apa saja penyebab yang menyebabkan komputer lemot dan juga hang. Penyebabnya bisa kamu cari tahu pada ulasan berikut :

Penyebab komputer sering hang


Penyebab komputer sering hang, biasanya ada 5 penyebab yang harus kita ketahui, yaitu seperti berikut :

1. Virus komputer


Tempat yang pertama biasanya dikarenakan virus komputer yang telah merusak ke dalam sistem operasi. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan antivirus Seperti avast, AVG, Avira, dan antivirus lainnya. Kamu bisa lakukan scanning dan lakukan pembersihan jika antivirus sudah tersedia pada komputer.

2. Sistem operasi yang bermasalah


Penyebab kedua ini bisa dikarenakan oleh dua hal yaitu virus dan juga software. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas virus yang masuk dan merusak ke dalam sistem operasi akan membuat sistem operasi tidak berjalan dengan normal. Tentunya kamu sudah mengetahui cara mengatasinya.

Dan jika permasalahan yang terjadi pada software, bisa jadi software yang mungkin kamu install tidak sesuai dengan spesifikasi komputer atau laptop kamu, ataupun ketika menghapus software yang kurang benar, sehingga menyebabkan software tersebut meninggalkan file file sampah yang nantinya menumpuk dan membuat komputer atau menjadi lemot dan bahkan not responding.

3. Memori RAM penuh


 Seperti perangkat-perangkat yang lain misalnya smartphone. Komputer atau laptop pun akan menjadi lambat ketika kapasitas RAM penuh. Tetapi untuk komputer atau laptop mempunyai kelebihan dapat menambah kapasitas RAM lebih besar lagi. Untuk mengatasinya yaaa itu, sebaiknya kamu menambah kapasitas RAM jika dirasa pada komputer atau laptop kamu masih belum memenuhi kebutuhan kamu untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

4. CPU overheating


Untuk masalah yang ini biasanya terjadi pada processor, komputer atau laptop yang digunakan terlalu berlebihan, tentu saja akan memaksa kinerja processor meningkat, dan jika terus-menerus dipaksakan dasar pun akan menjadi cepat panas, sehingga menyebabkan komputer error, macet, hang, dan juga not responding. Untuk mengatasinya sebaiknya kita memeriksa prosesor tersebut Apakah pada kipas terdapat banyak sekali debu yang menempel, jika memang banyak debu yang menempel segera bersihkan debu tersebut. Selain itu juga gunakan pasta thermal pada prosesor agar prosesor tidak cepat panas.

5. Hardisk bermasalah


 Hari juga sangat berpengaruh untuk kinerja komputer atau laptop. Jika terjadi permasalahan pada harddisk, pastinya hal itu akan membuat komputer atau laptop kita menjadi hang dan lemot. Maka dari itu kita membutuhkan sebuah software cleaner ataupun tune up, untuk membersihkan temporary file. Selain itu juga jangan biarkan hati selalu penuh, dan juga sering lah lakukan pemeriksaan bad sector. Untuk melakukan pemeriksaan hardisk bad sector kamu bisa baca artikel saya pada link berikut :

Cara mengatasi komputer hang


Nah setelah kita mengetahui apa saja penyebab yang membuat komputer atau laptop sering hang atau not responding. Maka sekarang waktunya kita untuk mengetahui cara mengatasi komputer hang, not responding, dan macet seperti berikut ini :

1. Tutup Software yang not responding atau hang secara paksa


Cara pertama merupakan cara yang sederhana, yaitu dengan cara menutup paksa software yang not responding ataupun hang. Bagaimana cara menutup aplikasi not responding? Caranya kamu bisa buka Task Manager dengan cara menekan tombol ctrl+alt+del berulang-ulang secara bersamaan sampai muncul Task Manager.

 Setelah tas belajar muncul kamu pilih aplikasi atau software yang not responding tersebut, kemudian kamu klik End Task. Pasar otomatis program pun akan berhenti.

2. Hard shutdowns komputer


Cara kedua ini memang tidak terlalu disarankan, karena terkadang akan memunculkan masalah yang baru pada komputer. Tetapi cara ini merupakan cara yang paling ampuh untuk mengatasi komputer hang. Jika kamu ingin melakukan hard shutdown kamu hanya tinggal menekan tombol power kurang lebih selama 5 detik, hingga komputer melakukan shutdown.

Jika dirasa memang menurut kamu caranya kedua ini mempunyai resiko, kamu bisa kenali terlebih dahulu penyebab dari komputer yang sering hang atau not responding seperti yang sudah saya ulas diatas.

Itulah penyebab dan cara mengatasi komputer atau laptop yang sering Hang, not responding, dan macet yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk menemukan solusi permasalahan kamu, terima kasih
Reactions

Post a Comment

0 Comments