Langkah-langkah Mengamankan Data Di Komputer

langkah langkah mengamankan data di komputer - Halo sahabat blogger. Seperti yang kita ketahui Untuk beberapa orang, pasti mempunyai beberapa data penting yang nilainya melebihi nilai yang dapat dibayarkan oleh uang. Karena saking pentingnya data tersebut, pastinya kita ingin melindungi data-data penting tersebut hilang bukan?

Perlu kamu ketahui, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan data-data yang ada pada komputer kita hilang seperti misalnya diakibatkan karena virus, terhapus oleh kita sendiri, data tersebut dicuri oleh orang lain, dan ada juga kasus yang diakibatkan karena kerusakan hal baik yang ada pada komputer kita sehingga data-data dan juga file yang ada pada atlet tersebut hilang dan tidak dapat diselamatkan kembali.

Jika memang kamu sudah mengalami hal tersebut maka sebaiknya kamu sebaiknya lebih menjaga lagi data atau file yang ada pada komputer atau laptop. Dan untuk membantu kamu mengamankan data penting yang ada pada komputer atau laptop, pada artikel kali ini saya akan berbagi beberapa tips sederhana yang akan berguna untuk mengamankan data yang ada pada hardisk. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Langkah-langkah Mengamankan Data Di Komputer



1. Copy ke penyimpanan eksternal


Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengamankan data atau file penting yang ada pada komputer yaitu dengan cara memindahkan data-data tersebut ke media penyimpanan lainnya seperti misalnya flashdisk, memory card, hardisk eksternal dan media penyimpanan lainnya.

Mungkin dengan menggunakan media penyimpanan lainnya kita tidak tidak dapat menampung semua data dan juga file yang ada pada hardisk internal kita. Tetapi hal ini akan membantu kamu untuk menghindari hilangnya data penting yang ada pada komputer, maka dari itu saya sarankan kamu copykan terlebih dahulu data yang dianggap paling penting terlebih dahulu.

Selain itu menggunakan media penyimpanan seperti flashdisk ataupun hardisk eksternal. Dengan sangat mudah kita dapat membawanya ke mana saja. Sehingga jika kita membutuhkan data-data yang ada pada komputer ketika kita sedang di luar rumah, kita masih dapat mengakses File atau data cadangan yang ada pada media penyimpanan eksternal tersebut.

2. Bagi file ke beberapa partisi


Untuk tips ke 2 ini Saya menyarankan kamu Jika kamu memiliki data penting, jangan menyimpan data atau file tersebut hanya di satu partisi saja. Tetapi kamu harus menyiapkan partisi khusus yang diperuntukkan menyimpan data atau file penting kamu. Selain itu kamu juga dapat menyembunyikan partisi tersebut dengan cara yang dapat kamu baca pada artikel berikut :


Jika diperlukan kamu juga harus mengcopy data-data dan juga file-file tersebut ke komputer atau laptop lainnya, hal tersebut bertujuan untuk berjaga-jaga jika misalnya tempat penyimpanan utama rusak ataupun hilang. Selain itu jika kamu telah mengedit data atau file yang ada pada penyimpanan utama, kamu juga harus mengcopykan data tersebut pada media penyimpanan komputer lainnya.

3. Simpan data di penyimpanan online


Menurut saya pribadi penyimpanan online merupakan salah satu alternatif terbaik untuk mengamankan data-data yang ada pada komputer kita untuk menjaga agar tidak hilang. Seperti misalnya media penyimpanan data online yang telah dikembangkan oleh Google yaitu Google Drive. Untuk kamu yang mempunyai akun Google, kamu dapat menggunakan Google Drive sebagai media penyimpanan online untuk mencadangkan data yang ada pada komputer kita.

Dengan menggunakan media penyimpanan online, hal tersebut akan mempermudah kita untuk mengaksesnya di mana saja. Dan bahkan kita tidak hanya dapat mengaksesnya pada perangkat komputer saja, tetapi kita juga dapat mengakses media penyimpanan online melalui smartphone Android Asalkan kita mempunyai koneksi internet. Selain Google Drive ada juga beberapa media penyimpanan online lainnya yang dapat kamu Baca selengkapnya pada artikel berikut :


Itulah langkah-langkah mengamankan data di komputer yang selalu saya lakukan agar data yang ada pada komputer saya tidak hilang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, Terima kasih.
Reactions

Post a Comment

0 Comments